Mengenal Generasi Sandwich, Peran, dan Dampaknya bagi Kesehatan Mental

Mengenal Generasi Sandwich, Peran, dan Dampaknya bagi Kesehatan Mental - Skill Academy

Generasi sandwich seakan “terjepit” oleh tanggung jawab terhadap dua generasi, yakni generasi di atas mereka (orang tua) dan generasi di bawah mereka (anak-anak mereka). Yuk, lebih mengenal generasi ini dengan membaca artikel ini sampai habis!

Generasi Sandwich atau sandwich generation merujuk pada kelompok orang yang merasakan tanggung jawab merawat dan mendukung dua generasi sekaligus, yaitu generasi yang lebih tua (orang tua atau anggota keluarga yang membutuhkan perawatan) dan generasi yang lebih muda (anak-anak mereka sendiri). Sesuai namanya, anggota Generasi Sandwich bagaikan berada di antara dua iris roti, yaitu generasi orang tua sebagai roti yang berada di atas dan generasi anak sebagai roti yang berada di bawah di bawah.

Anggota Generasi Sandwich seringkali harus mengatasi tantangan unik karena mereka dihadapkan pada tugas merawat orang tua yang semakin menua dan membutuhkan perhatian khusus. Sementara itu, mereka juga memiliki tanggung jawab terhadap anak-anak mereka yang masih bergantung pada dukungan dan bimbingan mereka. Mereka berada pada titik tengah yang dituntut untuk memberikan perhatian, waktu, dan sumber daya untuk kedua generasi tersebut.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang menjadi bagian dari Generasi Sandwich adalah peningkatan harapan hidup, struktur keluarga yang berubah, dan perubahan dinamika pekerjaan yang membuat orang tua hidup lebih lama, sementara anak-anak memerlukan dukungan finansial dan emosional yang lebih lama.

Hal ini dapat menimbulkan beban emosional dan fisik yang signifikan bagi anggota Generasi Sandwich dan sering kali menuntut keterampilan manajemen waktu dan stres yang tinggi. Meskipun tantangan ini sulit, banyak anggota Generasi Sandwich yang juga menemukan kepuasan dan makna dalam memberikan dukungan kepada kedua generasi tersebut.

Dalam artikel ini, akan dibahas apa saja peran yang dijalani oleh Generasi Sandwich serta apa saja dampak menjadi Generasi Sandwich bagi kesehatan mental. Jika kamu termasuk ke dalam Generasi Sandwich, yuk, simak artikel ini sampai selesai!

 

Peran yang Dijalankan oleh Generasi Sandwich

Generasi Sandwich memiliki peran yang unik dan kompleks karena mereka bertindak sebagai penyedia perawatan dan dukungan untuk dua generasi sekaligus. Beberapa peran kunci dari Generasi Sandwich adalah sebagai berikut:

1. Peran Perawat

  • Orang Tua: Memberikan perawatan fisik dan emosional kepada orang tua atau anggota keluarga yang membutuhkan perhatian khusus, termasuk dalam hal kesehatan, kebersihan, dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.
  • Anak: Menyediakan perawatan, bimbingan, dan dukungan kepada anak-anak mereka dalam hal pengasuhan, pendidikan, dan perkembangan emosional.

 

2. Manajemen Waktu dan Sumber Daya

  • Orang Tua: Mengatur waktu untuk merawat orang tua dan memastikan kebutuhan mereka terpenuhi, termasuk kunjungan ke dokter, pemantauan obat-obatan, dan aktivitas sosial.
  • Anak: Mengelola waktu untuk berkomitmen pada pekerjaan, kehidupan pribadi, dan anak-anak yang seringkali melibatkan koordinasi jadwal berbagai kegiatan dan tanggung jawab keluarga.

 

3. Pendukung Emosional

  • Orang Tua: Menjadi sumber dukungan emosional untuk orang tua yang mengalami kesulitan fisik atau kesehatan mental serta memberikan rasa aman dan kenyamanan.
  • Anak: Memberikan dukungan emosional kepada anak-anak dalam menghadapi tantangan perkembangan mereka, seperti pendidikan, persahabatan, dan perubahan dalam hidup mereka.

 

4. Keputusan Keuangan dan Perencanaan

  • Orang Tua: Terlibat dalam perencanaan keuangan yang berkaitan dengan kesehatan dan kebutuhan hidup orang tua, termasuk biaya perawatan kesehatan.
  • Anak: Bertanggung jawab atas keputusan keuangan dan perencanaan untuk kebutuhan pendidikan, hiburan, dan kebutuhan dasar anak-anak.

 

5. Pembentukan Hubungan Antargenerasi

  • Orang Tua: Membentuk hubungan yang erat dengan generasi yang lebih muda serta membantu dalam pembentukan nilai-nilai keluarga, tradisi, dan warisan.
  • Anak: Membantu anak-anak memahami dan menghargai nilai-nilai keluarga melalui penyampaian cerita, pengalaman hidup, dan pendidikan moral.

 

Meskipun peran ini dapat membawa kepuasan dan hubungan keluarga yang kuat, Generasi Sandwich juga dapat mengalami stres dan tekanan karena tuntutan ganda yang mereka hadapi. Dalam banyak kasus, dukungan sosial dan sumber daya eksternal dapat membantu mereka menjalani peran ini dengan lebih baik.

Baca juga: Pentingnya Self Reward, Contoh, dan Manfaatnya bagi Diri Sendiri

 

Dampak Menjadi Generasi Sandwich bagi Kesehatan Mental

Menjadi bagian dari Generasi Sandwich, yang bertanggung jawab untuk merawat dan mendukung dua generasi sekaligus, dapat memberikan dampak signifikan pada kesehatan mental. Beberapa dampak bagi kesehatan mental jika menjadi Generasi Sandwich adalah sebagai berikut:

1. Stres Berlebihan

  • Beban tanggung jawab ganda dapat menyebabkan tingkat stres yang tinggi bagi Generasi Sandwich.
  • Dampak: Stres kronis dapat mengakibatkan masalah kesehatan mental, termasuk kecemasan dan depresi.

 

2. Ketidakseimbangan Hidup

  • Menyelaraskan peran sebagai penyedia perawatan untuk dua generasi dapat mengakibatkan ketidakseimbangan dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan.
  • Dampak: Generasi Sandwich kehilangan waktu untuk diri sendiri dan aktivitas relaksasi. Ini dapat berkontribusi pada penurunan kesehatan mental.

 

3. Pengorbanan Diri

  • Seorang Generasi Sandwich merasa perlu untuk mengorbankan kebutuhan dan keinginan pribadi demi merawat orang tua dan mendukung anak-anak mereka.
  • Dampak: Merasa terabaikan atau tidak memperoleh dukungan dapat memicu perasaan kelelahan dan frustrasi.

 

4. Isolasi Sosial

  • Kesibukan merawat dua generasi dapat mengarah pada isolasi sosial karena kurangnya waktu untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial.
  • Dampak: Isolasi sosial dapat menyebabkan perasaan kesepian dan kehilangan dukungan sosial yang berperan penting untuk kesehatan mental.

 

5. Ketidakpastian Masa Depan

  • Para Generasi Sandwich merasa khawatir tentang keadaan finansial, kesehatan orang tua, serta tanggung jawab terhadap masa depan anak-anak.
  • Dampak: Ketidakpastian ini dapat menciptakan kecemasan dan kekhawatiran, terutama dalam situasi saat sumber daya terbatas.

 

6. Perasaan Bersalah

  • Para Generasi Sandwich merasa bersalah ketika tidak dapat memenuhi semua kebutuhan atau memberikan perhatian yang memadai untuk dua generasi.
  • Dampak: Rasa bersalah dapat menyebabkan perasaan rendah diri dan merugikan kesehatan mental secara keseluruhan.

 

7. Kurangnya Waktu untuk Diri Sendiri

  • Terkadang sulit untuk menemukan waktu untuk merawat diri sendiri karena kesibukan merawat orang tua dan anak-anak.
  • Dampak: Kurangnya perawatan diri dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental serta dapat menurunkan kesejahteraan secara keseluruhan.

 

8. Kesulitan Menangani Krisis

  • Dalam situasi krisis, seperti sakit yang serius, tanggung jawab merawat dapat meningkat secara signifikan.
  • Dampak: Ketidakpastian dan tekanan tambahan dapat meningkatkan tingkat stres dan kecemasan.

Dalam mengatasi dampak kesehatan mental yang mungkin muncul, penting bagi Generasi Sandwich untuk mencari dukungan sosial, merencanakan waktu untuk perawatan diri, dan memahami batasan serta sumber daya yang tersedia. Dukungan keluarga, teman, dan sumber daya kesehatan mental profesional dapat membantu mengelola beban dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Selain dampak yang sudah disebutkan di atas, dampak lain pun bisa dirasakan oleh seorang Generasi Sandwich, seperti masalah asuransi, sulitnya untuk membuka tabungan dan menabung, kesulitan dalam mengelola keuangan, hingga sulitnya mengumpulkan dana pendidikan bagi anak mereka.

Bisa dibilang, Genrasi Sandwich adalah jenis generasi yang kuat, baik secara fisik maupun mental. Namun, generasi selanjutnya tentu saja harus memutus rantai generasi ini. Namun, pada dasarnya kebutuhan orang tua dan anak memang penting bagi setiap orang sehingga tidak sedikit para Generasi Sandwich yang dengan senang hati menerima tanggungan ini.

Akan tetapi, di atas segalanya, tetap prioritaskan kesehatan diri, baik kesehatan fisik maupun mental kamu, ya!

Baca juga: Mengenal Sifat Perfeksionis serta Dampak Positif dan Negatifnya

Bagi kamu yang membutuhkan pendapatan tambahan, tentu kamu juga membutuhkan skill yang relevan dan mumpuni. Di Skill Academy, kamu dapat menemukan banyak kelas yang bisa meningkatkan kualitas diri kamu. Kamu bisa mempertajam skill kamu atau menambah skill baru. Tentunya kamu akan dibimbing oleh instruktur yang sudah berpengalaman. Tunggu apa lagi? Yuk, kepoin kelasnya dengan mengeklik banner di bawah ini!

SKill Academy - CTA

Atqo