10 Contoh Kegiatan dan Tips Produktif saat Puasa di Bulan Ramadan

ramadhan produktif

Yuk, tetap aktif selama berpuasa dengan mengikuti tips produktif dan contoh kegiatan positif yang bisa dilakukan di bulan Ramadan berikut.


Sering mager, lemas, males-malesan, dan nggak semangat saat puasa? Duh, jangan dibiarkan ya. Walaupun asupan makanan dan minuman berkurang saat puasa, kamu tetap bisa produktif dengan melakukan berbagai kegiatan positif selama berpuasa dan menjaga tubuh tetap fit.

Gimana, caranya tuh? Yuk, kita bahas beberapa tips produktif selama berpuasa dan ide-ide kegiatan positif yang bisa membuat kamu tetap semangat di bulan Ramadhan. Simak terus, ya!

 

Tips Produktif Saat Puasa di Bulan Ramadan

Bagaimana sih agar bisa tetap produktif walau kondisi harus berpuasa? Berikut tipsnya.

1. Makan sahur dan berbuka dengan teratur

Selama bulan Ramadhan, waktu untuk memenuhi asupan nutrisi hanya ada pada waktu sahur dan berbuka. Maka dari itu, pastikan kamu makan sahur dan berbuka dengan teratur.

Bangunlah lebih awal agar kamu tidak melewatkan makan sahur. Bahkan, dalam sebuah hadits disebutkan untuk tidak meninggalkan makan sahur dan makanlah sahur di akhir waktu atau mendekati waktu imsak.

Begitu pula dengan waktu berbuka. Segerakan berbuka puasa untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi dan bisa kembali fit untuk aktivitas selanjutnya di malam hari.

 

2. Prioritaskan tugas penting di pagi hari

Saat berpuasa, kamu mungkin merasa lebih segar dan berenergi di pagi hari. Untuk itu, sebaiknya jangan tidur lagi setelah sahur.

Manfaatkan waktu di pagi hari untuk menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan konsentrasi dan fokus tinggi. Jangan menunda tugas penting hingga sore hari saat energi dan konsentrasi kamu mungkin sudah menurun.

Baca Juga: Hal yang Dapat Kamu Lakukan di Pagi Hari Agar Lebih Produktif

 

3. Membuat to-do-list

Cara mudah supaya nggak malas-malasan selama puasa adalah dengan membuat to-do-list atau daftar kegiatan. Kamu bisa menulis apa saja kegiatan dan pekerjaan yang harus kamu lakukan dalam sehari. Jangan lupa untuk mengisi daftar kamu dengan kegiatan ibadah seperti membaca Al-Qur’an atau menonton kajian agama.

 

4. Konsumsi makanan bergizi

Walaupun akan berpuasa seharian, bukan berarti kamu harus makan berlebihan saat sahur atau berbuka ya. Makan berlebih saat sahur akan membuat badan kamu lemas dan cepat ngantuk.

So, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi dengan memperhatikan kandungan protein, serat, dan karbohidratnya.

 

5. Tidur cukup

Punya kebiasaan begadang? Di bulan puasa ini ada baiknya kamu tinggalan dulu kebiasan ini, guys. Cobalah tidur lebih awal agar kamu tidak cepat mengantuk dan lemas saat beraktivitas di siang hari.

 Baca Juga: Lakukan Kebiasaan Ini Biar Nggak Mager Kerja

 

10 Contoh Kegiatan Produktif di Bulan Ramadan

Apa saja sih contoh kegiatan positif yang bisa dilakukan saat puasa di bulan Ramadhan? Setelah menerapkan tipsnya, kamu juga bisa mencoba melakukan beberapa kegiatan di bawah ini supaya puasa kamu lebih maksimal.

1. Olahraga ringan

Olahraga sangat penting untuk kesehatan, termasuk di bulan puasa. Walaupun kamu mungkin merasa kurang bertenaga untuk melakukan aktivitas berat, kamu tetap bisa melakukan aktivitas olahraga ringan seperti jalan santai, yoga, atau bersepeda. Kamu bisa melakukan olahraga menjelang berbuka puasa.

 

2. Ibadah salat Tarawih

Salat tarawih adalah salat sunnah yang dilakukan pada malam bulan Ramadan. Usahakan kamu selalu menyempatkan waktu untuk salat tarawih ya karena ibadah ini hanya bisa kamu lakukan di bulan Ramadan.

 

3. Rutin baca Al-Qur’an

Jika sebelumnya kamu belum rutin membaca Al-Qur’an, manfaatkan bulan suci ini untuk membaca Al-Qur’an setiap hari. Kegiatan positif selama bulan Ramadan ini bisa kamu lakukan di rumah, di jalan, atau di kantor. Lakukan dengan ikhlas dan senang hati ya.

 

4. Ikut kajian

Banyak masjid atau lembaga keagamaan yang biasanya menyelenggarakan program pengajian di bulan Ramadan. Manfaatkan kesempatan ini untuk memperdalam ilmu agama.

Selain datang langsung, sekarang juga sudah banyak kajian-kajian yang bisa kamu tonton secara online di YouTube atau media sosial lainnya.

 

5. Jualan takjil

Manfaatkan momen Ramadan dengan menambah penghasilan melalui berjualan aneka takjil dan makanan berbuka puasa. Kamu bisa mulai dengan berjualan di depan rumah atau mengikuti bazar Ramadan di lingkungan sekitar.

Ada banyak ide makanan yang bisa kamu buat seperti gorengan, es buah, lauk-pauk, jajanan pasar, dan sebagainya.

 

6. Bagi-bagi takjil

Kamu juga bisa menyediakan takjil gratis untuk orang-orang di pinggir jalan, anak yatim, atau kelompok lain yang membutuhkan. Makanan takjil juga nggak harus mahal, lho.

Kamu bisa memberikan gorengan, makanan ringan, dan air putih. Dengan memberikan takjil kepada orang lain kamu bisa mendapatkan rahmat Allah SWT, mendapat pahala setara orang yang berpuasa, dan amalan yang dilipatgandakan.

 

7. Buat hampers Lebaran

Mengirim hampers sudah menjadi tradisi yang dilakukan sejak dulu untuk berkirim salam dan meminta maaf di hari lebaran. Kamu bisa membuat hampers kamu sendiri dengan mengemas kue kering, kopi, alat salat, dan sebagainya.

Hampers yang kamu buat juga bisa jadi ide bisnis untuk menambah pemasukan di bulan puasa, lho.

Baca Juga: 42 Ide Jualan di Bulan Puasa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

 

8. Membaca buku agama

Bulan Ramadan bisa jadi momen yang tepat untuk memperdalam ilmu agama. Kamu bisa mulai dengan membaca buku-buku hadits, tafsir, atau kisah hidup Nabi. Dengan memperbanyak pengetahuan agama, kamu bisa memperdalam pemahaman dan meningkatkan keimanan.

 

9. Mendekor rumah

Siapa nih yang punya kebiasaan mendekorasi dan menghias rumah di bulan puasa? Menjelang lebaran, biasanya banyak orang yang mulai mendekor rumah dengan dekorasi Ramadan.

Kamu bisa mulai dengan mengecat tembok yang sudah mulai kotor, mengganti gorden yang kotor, meletakkan karpet atau taplak meja baru, hingga menambahkan kaligrafi atau hiasan lampu. Rumah yang rapi dan erat dengan suasana Ramadan pastinya akan membuat kamu dan keluarga lebih semangat beribadah.

 

10. Buat kue lebaran

Kalau bisa buat sendiri kenapa harus beli kan? Tahun ini nggak ada salahnya kamu coba membuat kue lebaran kamu sendiri dengan mengikuti resep di internet.

Kamu pasti akan merasakan kepuasan tersendiri dan rasa bangga sudah berhasil menghasilkan kue yang bisa kamu nikmati bersama keluarga tersayang di hari raya.


Guys, pastikan kamu tetap produktif di bulan Ramadan dengan mengikuti tips dan ide kegiatan positif selama puasa di atas ya. Kegiatan lain yang bisa lakukan agar tetap produktif adalah ikutan kelas online di Skill Academy. Lihat pilihan kelasnya dengan klik banner di bawah ini ya!

SKill Academy - CTA

Referensi:

Tips produktif ketika puasa [daring]. Tautan: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/14964/Tips-Tetap-Produktif-Ketika-Puasa-di-Bulan-Ramadhan.html (Diakses: 10 April 2023)

Tips produktif di bulan ramadan [daring]. Tautan: https://store.sirclo.com/blog/tips-produktif-di-bulan-ramadhan/ (Diakses: 10 April 2023)

Ide kegiatan produktif di bulan ramadan [daring]. Tautan: https://www.beautynesia.id/life/jangan-cuma-tidur-dan-makan-berikut-10-ide-kegiatan-produktif-di-bulan-ramadan-yang-bisa-kamu-lakukan/b-272303/3 (Diakses: 10 April 2023)

Ide kreatif di bulan ramadan [daring]. Tautan: https://www.rumah.com/panduan-properti/ide-kreatif-di-bulan-ramadan-81799 (Diakses: 10 April 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D