Chartered Financial Analyst (CFA): Pengertian, Syarat, dan Biayanya

Devi Lianovanda Jul 5, 2021 • 6 min read


chartered financial analyst

Artikel ini membahas seputar Chartered Financial Analyst (CFA) mulai dari pengertian, syarat pendaftaran, level ujian, sampai biaya.

--

Tahukah kamu? Ternyata, ada sebuah sertifikasi untuk profesi keuangan yang gelarnya diakui secara global, lho. Menariknya, untuk mendapatkan gelar ini, biaya yang dibutuhkan lebih sedikit jika dibandingkan menempuh pendidikan MBA.

Nama sertifikasi itu adalah Chartered Financial Analyst atau yang sering disingkat sertifikasi CFA. Istilah ini mungkin masih asing untuk sebagian dari kamu. Tapi, bagi yang bercita-cita jadi praktisi keuangan dan investasi, pasti pernah mendengar istilah ini.

Biar nggak bingung lagi, yuk kita belajar mengenal CFA. Terutama untuk kamu yang saat ini sedang berkecimpung di bidang keuangan. Baca sampai habis, ya!

Apa itu CFA? 

CFA adalah salah satu sertifikasi di bidang investasi dan keuangan yang dinilai paling bergengsi. Ini merupakan gelar profesional yang diberikan oleh CFA Institute di Amerika. Berdasarkan data terbaru dari cfainstitute.org, ada sekitar 170.000 orang di seluruh dunia yang memiliki sertifikat CFA ini.

Di Indonesia sendiri, orang yang sertifikat CFA ini masih berkisar 300 orang. Jumlah yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Untuk mendapatkan gelar ini memang nggak mudah. Dibutuhkan jam belajar yang banyak, dan juga biaya yang nggak sedikit. Tapi, biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan gelar ini lebih sedikit dibandingkan biaya kuliah MBA.

Karena jumlah yang sangat sedikit, kalau kamu bisa jadi salah satu pemilik gelar profesi ini, maka peluang karier akan terbuka lebih luas. Karena, menurut Financial Times, sertifikasi ini dianggap sebagai ‘standar emas’ di bidang analisis keuangan dan investasi.

Tahun 2021, ujian CFA akan dilakukan menggunakan komputer. Tes berbasis komputer ini memungkinkan CFA untuk menyederhanakan ujian dan mempermudah peserta untuk mengatur jadwal ujian.

Baca juga: Apa itu Reksadana? Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Resiko

Level ujian CFA

Untuk mendapatkan sertifikat CFA, kamu harus lulus semua ujiannya. Ada 3 level ujian. 

1. Level 1 CFA

Ujian level I terdiri dari 180 pertanyaan yang bentuknya pilihan ganda yang dibagi menjadi dua sesi. 

Di sesi pertama, kamu harus mengerjakan 90 pertanyaan pilihan ganda yang topiknya meliputi etika & standar profesional, metode kuantitatif, ekonomi, serta pelaporan dan analisis keuangan. Waktu ujian sesi pertama adalah 2 jam 15 menit. 

Sesi kedua, kamu juga mengerjakan 90 pertanyaan pilihan ganda dengan topik keuangan perusahaan, ekuitas, pendapatan tetap, derivatif, investasi alternatif dan manajemen portofolio. Durasi untuk sesi ke dua adalah 2 jam 15 menit.

Jadi, rata-rata waktu untuk mengerjakan 1 soal adalah 90 detik.

Ikuti kelas: CFA Level I Preparation Test: Paket Lengkap Financial Reporting and Analysis

2. Level 2 CFA

Ujian level II terdiri dari set item berupa studi kasus dengan 88 pertanyaan pilihan ganda. Durasi total untuk ujian level II adalah 4 setengah jam yang dibagi menjadi dua sesi 2 jam 15 menit.

Setiap set item berupa studi kasus mini dengan 4 atau 6 pertanyaan pilihan ganda. Di setiap sesi akan ada 44 pertanyaan pilihan ganda yang masing-masing bernilai 3 poin.

Soal pilihan ganda pada setiap set item harus dijawab berdasarkan informasi yang ada di studi kasus.

3. Level 3 CFA

Struktur soal ujian level III CFA terdiri dari set item berupa studi kasus mini dengan soal pilihan ganda dan pertanyaan esai. Ujian dilakukan selama 4 setengah jam yang dibagi menjadi dua sesi. Tiap sesi berdurasi 2 jam 15 menit.

Sesi pertama terdiri dari 8 sampai 11 studi kasus dengan pertanyaan yang memerlukan jawaban tertulis. Selain itu terdapat juga beberapa pertanyaan pilihan ganda.

Syarat mengikuti sertifikasi CFA

  1. Memiliki gelar sarjana atau setara sarjana.
  2. Memiliki pengalaman kerja profesional selama minimal 4 tahun. Atau kombinasi pengalaman kerja dan pendidikan tinggi selama 4 tahun.
  3. Memiliki paspor perjalanan internasional yang valid.
  4. Memiliki sertifikat bahasa Inggris, misalnya TOEFL. Karena soal ujian menggunakan bahasa Inggris.
  5. Berdomisili di negara yang termasuk bagian The Office of Foreign Asset Control (OFAC) atau Kantor Pengawasan Aset Asing.

Biaya sertifikasi CFA

Biaya pendaftaran CFA berbeda-beda. Ini tergantung kapan kamu memutuskan untuk mendaftarkan diri. Untuk tahun 2021, biaya pendaftaran adalah sebesar 1000 USD atau sekitar Rp. 14.500.000.

Sebelumnya, ada biaya pendaftaran yang dibayarkan satu kali saat pertama kali mendaftar ujian level 1 yaitu sebesar 450 USD atau sekitar Rp. 6.500.000. Kalau kamu melakukan perubahan jadwal ujian, maka akan dikenakan biaya sebesar 250 USD atau sekitar Rp. 3.600.000. Karena itu, pilih jadwal dengan sangat hati-hati, ya. Biar nggak perlu reschedule. Namun, karena Covid-19, khusus tahun 2021, biaya perubahan jadwal diturunkan menjadi 25 USD atau sekitar Rp. 360.000. Semua biaya harus dibayar dalam dolar AS, ya.

 

Nah, itu tadi pembahasan seputar sertifikasi CFA. Mulai dari pengertian sampai biayanya. Semoga membantu dan jadi lebih paham tentang apa itu CFA, ya. Oh, iya, kalau kamu mau ikut CFA, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dari sekarang. Mengingat persiapan yang lama, jam belajar yang tinggi dan tingkat kelulusan yang sulit.

Skil Academy, punya kelas persiapan CFA Level 1 yang bisa kamu ikuti. Di kelas ini, kamu akan belajar semua materi yang akan diujikan dalam CFA Level 1. Selain itu, kamu akan belajar langsung dengan praktisi keuangan dengan banyak pengalaman dan memiliki sertifikat CFA ini juga. Tunggu apa lagi? Yuk, beli kelasnya!

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi: 

Exam Date, Cost, and Registration Fees [daring]. Tautan:

https://www.cfainstitute.org/en/programs/cfa/exam 

https://www.cfainstitute.org/en/programs/cfa/exam/exam-updates (Diakses pada: 02 Juli 2021)

How to Become a CFA Charterholder [daring]. Tautan: https://www.cfainstitute.org/en/programs/cfa/charter (Diakses pada: 02 Juli 2021)

Level Ujian CFA [daring]. Tautan: 

https://www.cfainstitute.org/en/programs/cfa/exam/level-i

https://www.cfainstitute.org/en/programs/cfa/exam/level-ii 

https://www.cfainstitute.org/en/programs/cfa/exam/level-iii (Diakses pada 02 Juli 2021)

Profile

Devi Lianovanda

Content Writer at Ruangguru. Terima kasih sudah baca sampai sini!

Beri Komentar