Begini Cara Membuat Daftar Pustaka Skripsi dengan Mendeley

cara membuat daftar pustaka

Artikel ini membahas cara membuat daftar pustaka skripsi dengan menggunakan Mendeley yang mudah, nggak ribet, dan nggak memakan banyak waktu!

Suatu hari dengan penuh kegabutan, aku iseng buka berbagai file zaman kuliah yang nyangkut di flashdisk dan harddisk portable. Sampai akhirnya aku berhasil ngubek-ngubek folder yang berjudul SKRIPSI, yang di dalamnya banyak banget dokumen seperti draft proposal skripsi, draft pertanyaan penelitian, draft skripsi yang penyusunannya berantakan, dan skripsi yang benar-benar rapi penulisannya.

Terus, aku jadi keingetan dengan momen per-skripsi-an yang bikin bahagia sekaligus memusingkan. Setelah aku mengumpulkan proposal skripsi di waktu liburan, aku dapat banyak banget catatan revisi kayak daftar menu S*l*r*a: Banyak banget! Agak kaget juga ya, kalau masalah format penulisan yang gampang dan suka disepelekan ternyata jadi catatan yang harus diperbaiki, termasuk membuat daftar pustaka. Pas aku lihat, emang sih, kelihatannya berantakan banget. Tiba-tiba, aku merasa gagal jadi Sayuti Melik sang juru ketik Teks Proklamasi. Hix~

 

Dasar Menulis Daftar Pustaka Skripsi

Di awal semester perkuliahan, aku mendapat mata kuliah dasar Bahasa Indonesia. Waktu itu, aku belajar dan diberi tugas untuk membuat penelitian komunikasi dalam bentuk mini skripsi. Dosen tersebut memberi format penulisan yang baik dan benar, termasuk rumus membuat daftar pustaka seperti Na. Ta. Ju. Tem: Pe. tadi. Beliau memperbolehkan kami untuk mencantumkan buku, website resmi, artikel online dari portal berita terpercaya, skripsi/tesis/disertasi/jurnal penelitian. 

Praktiknya, aku membuat daftar pustaka dengan menggunakan rumus Na. Ta. Ju. Tem: Pe. tadi untuk semua sumber pustaka. 

Tapi.. tahu nggak? Kalau membuat daftar pustaka untuk sumber pustaka dari artikel, website, majalah/koran, laporan, penelitian lain seperti skripsi/disertasi/jurnal itu format penulisannya beda, lho!

 

cara membuat daftar pustaka - membuat daftar pustaka skripsi

Berdasarkan keterangan pada gambar di atas yang dikutip oleh Ivan Lanin dalam artikel narabahasa.id, penulisan seperti inilah yang dibenarkan saat membuat daftar pustaka. Walaupun dengan konsep Na. Ta. Ju. Tem: Pe., penyusunannya nggak disamakan pada setiap sumber pustaka.

Flashback lagi saat aku menyusun proposal skripsi. Karena daftar pustaka ikut menjadi catatan yang harus direvisi menjadi lebih rapi lagi, salah satu dosen penguji merekomendasikan aku untuk membuat daftar pustaka skripsi dengan Mendeley.

 

Mendeley, software yang berguna buat kamu saat membuat daftar pustaka skripsi

Mahasiswa pejuang tingkat akhir pasti nggak asing dengan Mendeley. Mendeley adalah reference manager software yang bisa diunduh di komputer dan laptop untuk mempermudah kamu dalam membuat daftar pustaka secara otomatis dengan format penulisan yang benar. 

Mendeley bisa kamu download secara gratis, dan kamu bisa gunakan di komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux.

 

Baca juga: 13 Tips Microsoft Word yang Paling Banyak Dicari

 

Kenapa sih Mendeley se-berguna itu buat mahasiswa tingkat akhir?

Dari artikel elsevier.com, ini nih manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Mendeley saat menyusun skripsi dan penelitian lainnya:

  1. Download-nya gratis, aksesnya pun gratis!
  2. Bisa membuka referensi pustaka dalam bentuk PDF
  3. Mengelola referensi yang kamu akses dengan rapi
  4. Membuat rekomendasi referensi sesuai dengan kebutuhan
  5. Bisa membuat grup untuk kolaborasi
  6. Untuk akun institusional, penyimpanannya bisa mencapai 100 GB
  7. Mencari referensi (jurnal penelitian) secara langsung

Pokoknya, manfaat utama dari software Mendeley adalah bisa meningkatkan potensi kamu dalam dunia akademik di masa depan.

 

Cara membuat daftar pustaka skripsi dengan Mendeley

Sebelum benar-benar membuat daftar pustaka menggunakan Mendeley, kamu harus download dan instal dulu di komputer atau laptop.

 

cara membuat daftar pustaka -  daftar pustaka mendeley

 

Jika sudah ter-instal di komputer atau laptop, kamu perlu menambahkan Mendeley ke Microsoft word dengan cara klik tools > Instal MS Word plugin.

 

cara membuat daftar pustaka - daftar pustaka mendeley microsoft word

 

Nantinya akan muncul dialog seperti pada gambar. Klik OK. Dengan catatan saat melakukan plugin Mendeley, Microsoft Word tidak sedang dibuka.

Nah, sekarang Mendeley sudah bisa kamu gunakan! Saatnya bersiap untuk ikuti langkah-langkah berikut:

 

1. Buka aplikasi Mendeley bersamaan dengan Microsoft Word

Screen Shot 2021-11-19 at 15.42.24

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat daftar pustaka skripsi dengan Mendeley adalah membukanya bersamaan dengan Microsoft Word. 

 

cara membuat daftar pustaka - daftar pustaka mendeley

 

Pastikan juga saat membuka referensi pustaka dalam format PDF melalui Mendeley dengan klik kanan pada dokumen jurnal, e-book, atau laporan > open with > Mendeley pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows.

 

cara membuat daftar pustaka - contoh daftar pustaka mendeley

 

Dengan membuka berbagai referensi dengan Mendeley, tampilan Mendeley kamu akan seperti ini dengan format daftar pustaka yang sudah disesuaikan.

 

2. Menambah sitasi dengan Mendeley

Kalau mau membuat daftar pustaka skripsi yang gampang dengan Mendeley, tentunya sitasi pada skripsi harus ditambahkan menggunakan Mendeley juga di Microsoft Word.

 

cara membuat daftar pustaka - cara sitasi mendeley

 

Caranya, tulis terlebih dahulu sitasi di skripsi kamu dalam dokumen Microsoft Word. Kemudian blok sitasi tersebut, lalu klik reference > insert or edit citation. 

 

cara membuat daftar pustaka - cara insert citation mendeleySumber: Library Guides at AUT University

 

Lalu, nanti akan muncul jendela dimana kamu bisa memilih referensi mana yang sesuai dengan sitasi tersebut. Kemudian, klik OK.

3. Pastikan susunan daftar pustaka skripsi sudah sesuai dan rapi

Kadang, dokumen pustaka dengan format PDF yang kamu buka di Mendeley secara otomatis tersusun nggak rapi untuk penamaan judul pustaka, pengarang, tahun terbit, penerbit atau institusi yang mengeluarkan jurnal/skripsi/disertasi. 

 

cara membuat daftar pustaka - tampilan mendeley

 

Buat merapikannya, kamu bisa buka Mendeley dan klik salah satu dokumen yang penamaannya masih belum rapi. Nanti, di sebelah kanan akan muncul jendela seperti ini. Kamu bisa edit untuk menyesuaikan nama pengarang, tahun terbit, judul pustaka, tempat diterbitkan, dan penerbit atau institusi terkait. Kamu juga bisa edit dan memilih tipe referensi pustaka yang sesuai, seperti buku, jurnal, web page, film, dan lain-lain.

 

4. Menambah referensi pustaka ke Mendeley

Mendeley emang memudahkan banget untuk sitasi dan membuat daftar pustaka otomatis jika dokumen pustaka dalam bentuk PDF. Biasanya, untuk referensi pustaka dalam bentuk buku, artikel online dari website, atau sumber lain seperti film atau video akan ditulis secara manual.

Eits, kamu nggak perlu pusing untuk ngetik-ngetik daftar pustaka secara manual lagi di Microsoft Word. Kamu bisa menambah referensi pustaka seperti buku, artikel dari majalah/koran, laporan, artikel online dari website, film, video di Mendeley.

 

cara membuat daftar pustaka - menambah referensi manual mendeley

 

Caranya, saat kamu membuka Mendeley, klik add > add entry manually.

 

cara membuat daftar pustaka - menambah referensi manual mendeley

 

Saat muncul jendela seperti ini, kamu bisa lengkapi data referensi yang bisa kamu pilih seperti buku, artikel, jurnal, thesis, dan lain-lain. Informasi yang kamu bisa lengkapi meliputi nama pengarang, tahun terbit, lokasi, penerbit, volume, halaman. Jika sudah, klik save.

 

cara membuat daftar pustaka - daftar pustaka skripsi mendeley

 

Jika sudah ditambahkan secara manual, akan muncul seperti pada gambar di halaman utama Mendeley kamu. Bisa kamu tambahkan ke sitasi skripsi kamu di Microsoft Word.

 

Ikuti kelas: Step by Step Menuju Sekolah Idaman dan Beasiswa Impian

 

5. Membuat daftar pustaka skripsi dengan Mendeley

Saatnya aku bawa kamu ke moment of truth dalam artikel ini: Membuat daftar pustaka skripsi dengan Mendeley yang gampang bin praktis!

Perlu diingat ya, pastikan semua referensi pustaka yang ingin kamu tambahkan di daftar pustaka sudah masuk ke dalam sistem Mendeley. Supaya nanti daftar pustaka skripsi kamu bisa dibuat secara otomatis ke dalam dokumen skripsi kamu di Microsoft Word.

Sebelumnya, kamu perlu menentukan dulu gaya penulisan daftar pustaka. Sekiranya, ada 3 (tiga) gaya penulisan daftar pustaka dalam skripsi: APA (American Psychological Association), MLA (Modern Language Association), dan CMS (Chicago Manual of Style).

Nah, begini nih contoh penulisan daftar pustaka sesuai dengan ketiga gaya penulisan di atas:

 

a. APA (American Psychological Association)

Manampiring, Henry. (2018). Filosofi Teras: Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

 

b. MLA (Modern Language Association)

Manampiring, Henry. Filosofi Teras: Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini. Kompas Media Nusantara, 2018.

 

c. CMS (Chicago Manual of Style)

Manampiring, Henry. 2018. Filosofi Teras: Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

 

cara membuat daftar pustaka - gaya penulisan daftar pustaka skripsi

Menurut Ivan Lanin dalam artikel narabahasa.id, gaya penulisan daftar pustaka yang menyerupai Gaya Sitasi Indonesia (GSI) sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia adalah CMS (Chicago Manual of Style).

 

cara membuat daftar pustaka - daftar pustaka skripsi mendeley

 

Untuk mengatur gaya penulisan saat membuat daftar pustaka skripsi dengan Mendeley, kamu bisa klik reference > style.

 

Screen Shot 2021-11-19 at 10.44.47

Kamu bisa pilih beberapa gaya penulisan yang tersedia di Mendeley, seperti APA, MLA, CMS.

 

cara membuat daftar pustaka skripsi - daftar pustaka skripsi mendeley

 

Setelah itu, untuk membuat daftar pustaka skripsi, kamu bisa klik reference > insert bibliography seperti pada gambar. 

 

cara membuat daftar pustaka - daftar pustaka skripsi mendeley

 

Kalau sudah, daftar pustaka akan dibuat secara otomatis oleh Mendeley, karena kamu telah memasukan sitasi melalui Mendeley untuk dikutip dalam dokumen skripsi di Microsoft Word yang ada di poin 2. Tampilannya akan menjadi seperti pada gambar di atas!

 

Membuat Daftar Pustaka dengan Mendeley, Terbukti Gampang Banget!

Aku berhasil merangkum secara lengkap tentang cara membuat daftar pustaka skripsi dengan Mendeley yang gampang banget! Mendeley berguna dan bermanfaat banget buat kamu mahasiswa yang sedang menggarap skripsi, tesis, disertasi, dan penelitian lainnya dalam menambah sitasi dan membuat daftar pustaka yang rapi, bebas diprotes dosen pembimbing dan penguji. Hehehe~

Beres membuat daftar pustaka dan segala urusan yang berkaitan dalam penyusunan skripsi, saatnya kamu mempersiapkan diri untuk sukses kerja! Ikuti kelas-kelas berikut untuk persiapan kerja:

Ikuti ribuan kelas Skill Academy yang beragam untuk upgrade skill kamu di dunia kerja. Harga terjangkau, bisa akses kapan saja. 

 

Kelas Sukses Kerja - Skill Academy

 

Sumber:

Lanin, Ivan. 2019. Penulisan Daftar Pustaka yang Baik dan Benar. Narabahasa.id. [daring]. https://narabahasa.id/linguistik-umum/ejaan/penulisan-daftar-pustaka-yang-baik-dan-benar (diakses pada 17 November 2021)

 

Camacho, Humberto Martinez. 2020. Benefit of using a reference manager: from the lens of a student turned librarian. Elsevier.com. [daring].

https://www.elsevier.com/connect/library-connect/benefits-of-using-a-reference-manager-from-the-lens-of-a-student-turned-librarian (diakses pada 18 November 2021)

Kusariani Adinda