Masih Ragu? Ini 5 Manfaat dan Kegunaan Kartu Prakerja

manfaat dan keuntungan kartu prakerja

Artikel ini membahas mengenai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program Kartu Prakerja.

Kartu prakerja gelombang 17 telah ditutup pada 7 Juni 2021 lalu. Setelahnya, terdengar berita akan dibuka gelombang 18 namun belum ada penguman resmi dari pemerintah. Program pemerintah yang satu ini memang selalu disambut antusias yang besar dari masyarakat. Pada tahun 2020, tercatat ada sebanyak 43 juta pendaftar Kartu Prakerja, dengan jumlah penerima sebanyak 5,6 juta.

Dilihat dari tingginya antusiasme masyarakat, pastinya punya banyak manfaat. Apa saja, sih, manfaat dan kegunaan kartu prakerja? Yuk, simak penjelasannya!

1. Mendapat insentif bulanan

Setelah mendaftar dan lolos sebagai penerima program Kartu Prakerja, kamu akan menerima bantuan dana sebesar Rp3.550.000. Dari total dana tersebut, sebanyak 1 juta nya tidak dapat diuangkan. Karena digunakan untuk membeli kelas pelatihan dari lembaga-lembaga pelatihan yang menjadi mitra Kartu Prakerja.

Sedangkan, sisanya sebesar Rp2.400.000 bisa diuangkan dan akan dikirimkan sebesar Rp600.000 setiap bulannya selama 4 bulan. Dan jika kamu mengisi survei sebanyak 3 kali, kamu akan mendapatkan tambahan insentif sebesar Rp150.000. Insentif ini akan dikirimkan ketika kamu sudah selesai mengikuti pelatihan.

Jika tidak mengikuti pelatihan, maka tanda kepesertaanmu akan hangus dan dana tersebut akan dikembalikan ke kas negara.

Insentif dan uang saku yang diberikan pemerintah ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kamu. Dengan uang ini, kamu bisa mengikuti program pelatihan untuk meningkatkan soft skill dan hard skill sebagai persiapan mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha.

Selain itu, uang saku yang tidak digunakan untuk membayar kelas pelatihan bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau sebagai modal bisnis, mengingat sulitnya mendapatkan pekerjaan di masa pandemi ini.

2. Menambah dan meningkatkan keterampilan

Dengan menjadi penerima Kartu Prakerja, kamu punya kesempatan untuk ikut program pelatihan dari mitra Kartu Prakerja. Kamu bisa mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah kamu miliki agar lebih mantap lagi.

Ini sangat bermanfaat bagi kamu yang terkena dampak PHK, fresh graduate, atau pelaku bisnis yang mengalami collapse akibat pandemi. Dengan mengikuti pelatihan, kamu bisa mempersiapkan diri untuk menjemput peluang kerja atau bisnis baru.

peningkatan kompetensi peserta kartu prakerja

Misalnya, kamu fresh graduate yang ingin bekerja di bidang pemasaran. Tapi ternyata, beberapa requirement dari perusahaan ada yang tidak kamu miliki. Nah, kalau kamu penerima Kartu Prakerja, kamu jadi punya kesempatan untuk menambah keterampilan baru yang dapat memenuhi requirement perusahaan tersebut.

Kalau kamu pelaku bisnis, kamu juga bisa belajar strategi bisnis baru melalui program pelatihan ini. Karena, Kartu Prakerja bekerja sama dengan 165 lembaga pelatihan yang di dalamnya terdapat 1700 program pelatihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan.

Ada kelas bisnis, keuangan, bahasa asing, penjualan & pemasaran, teknologi, manajemen, makanan & minuman, dan kelas lainnya.

Semua program pelatihan dilakukan secara online. Jadi, kamu bisa belajar di mana saja, kapan saja selama ada koneksi internet.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

3. Mendapatkan potongan biaya pelatihan

Biaya pelatihan online terbilang mahal. Berkisar ratusan ribu hingga jutaan. Tidak semua orang mampu mengikuti pelatihan meskipun mereka perlu. Terutama di masa pandemi. Untuk mencukupi kebutuhan harian saja sekarang rasanya sulit, apalagi untuk ikut pelatihan 🙁

Nah, melalui program Kartu Prakerja, pemerintah akan menanggung biaya pelatihan sebesar 1 juta untuk 1 orang sesuai jumlah kuota yang diberikan. Jadi, kamu bisa ikut pelatihan berbayar secara gratis karena biayanya dibayarkan oleh pemerintah.

Nggak cuma itu, biasanya, lembaga yang menjadi mitra Kartu Prakerja akan memberikan diskon khusus bagi penerima program ini.

kelas membuat dan menjual masker

Misalnya, Skill Academy memberikan diskon kelas Menjadi Pembuat dan Pedagang Masker di Ecommerce (Toko Online). Dari harga awal sebesar Rp1.100.000, jadi Rp350.000. Kamu jadi hemat Rp750.000 yang bisa dipakai untuk beli kelas lainnya.  Lumayan, ya, bisa dapat kelas best seller dengan harga diskon.

4. Menjadi pelengkap pendidikan formal

Dari pendidikan formal, kamu pasti belajar banyak hal. Meski demikian, tetap saja ada beberapa hal yang ternyata kamu perlukan untuk masa depan tapi tidak kamu dapatkan di sekolah.

Misalnya, di sekolah kamu gak belajar tentang dasar-dasar korespondensi (bentuk komunikasi verbal yang digunakan untuk menyampaikan pesan) seperti menulis email, menyusun laporan, atau etika berkirim pesan.

Di masa depan, kemampuan ini penting buat kamu. Saat lulus kuliah dan cari kerja, misalnya. Kamu mengirim email lamaran tanpa subjek atau body email, sudah pasti lamaranmu akan di-skip oleh HR. Karena kamu tidak menyampaikan tujuanmu dengan jelas. Ternyata email lamaran kerja gak bisa asal kirim, harus ada subjeknya, body emailnya, file yang dilampirkan juga harus jelas, bahkan jam untuk mengirim email juga gak bisa sembarangan.

Dengan ikut program Kartu Prakerja, kamu bisa belajar dasar korespondensi melalui pelatihan. Kamu bisa belajar langsung dengan profesional dalam bidang ini, dan dibayarin pemerintah. xixixi.

Setelah belajar, kamu jadi bisa mengirim email lamaran kerja dengan lebih baik. Paling tidak, emailmu tidak langsung dilewati oleh HR begitu saja. Peluang dipanggil wawancara jadi lebih besar, deh.

Ikuti kelas: Tingkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Menunjang Karier

5. Meningkatkan nilai tambah bagi penerima program

Setelah menyelesaikan pelatihan, pasti kamu akan mendapatkan ilmu atau keterampilan baru.

Bagi fresh graduate atau korban PHK, ilmu yang kamu dapatkan nantinya bisa membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan. Kalau bisnismu sempat collapse, kamu bisa belajar strategi baru untuk merintis kembali bisnis. Atau bagi kamu yang selama ini ingin memulai bisnis tapi gak tau harus mulai dari mana dan apa saja yang harus dipersiapkan, dengan ikut pelatihan, akhirnya angan-angan bisa jadi kenyataan.

Lewat program pelatihan ini, kamu akan menjadi versi yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, setelah menyelesaikan pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa jadi bukti kalau kamu punya keterampilan tertentu. Bisa dicantumkan di LinkedIn atau di CV. Pasti akan menambah nilai kamu di mata perekrut.

Tapi perlu diingat, tujuan utamanya adalah belajar dan mendapat skill baru, ya. Sertifikat itu bonus.

Nah, itu dia 5 manfaat kartu prakerja dan kegunaan yang bisa kamu peroleh. Menarik bukan? Bisa ikut pelatihan gratis, menambah keterampilan baru, dapat uang saku pula. Gimana, sudah nggak ragu lagi buat daftar programnya? Kamu bisa mendaftarkan diri melalui prakerja.go.id, dan ikuti langkah-langkahnya.

Menyambut pembukaan Prakerja gelombang baru, Skill Academy menghadirkan Kelas Siap Kerja. Di kelas ini, kamu bisa belajar hard atau soft skill tentang bidang pekerjaan tertentu secara spesifik. Tersedia beragam pilihan kelas mulai dari bisnis, keuangan, pengembangan diri hingga bahasa asing. Selain itu, kamu akan belajar bersama instruktur berpengalaman dan expert di bidangnya. Yuk, upgrade kualitas diri bersama Skill Academy!

SA x Bukalapak Prakerja 820X200

Gulman Azkiya