Pentingnya Keterampilan Komunikasi Bagi Kehidupan Personal dan Profesional

Keterampilan Komunikasi

Komunikasi menjadi kunci penting dalam banyak hal, baik itu hubungan personal atau profesional. Apa aja, sih pentingnya komunikasi? Ini penjelasannya!

Sebagai makhluk sosial, kita pasti berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, baik dalam kehidupan pribadi atau di dunia kerja. Komunikasi menjadi kebutuhan dasar untuk menyampaikan dan menerima informasi, gagasan, atau perasaan.

Dalam kehidupan pribadi, komunikasi dapat membuat kita membangun hubungan dengan orang lain. Dalam dunia kerja, komunikasi diperlukan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan, berdiskusi, menyelesaikan masalah, dan lain sebagainya.

Komunikasi menjadi bagian penting dalam dunia kerja. Nggak heran kalau di berbagai lowongan kerja, kamu melihat kemampuan komunikasi sebagai salah satu kualifikasi. Apa aja, sih pentingnya komunikasi untuk kehidupan personal dan profesional? Berikut penjelasannya!

Pengertian Komunikasi

Menurut James AF Stoner, komunikasi adalah proses seseorang memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain. Sederhananya, komunikasi adalah proses memberikan dan menerima informasi.

Dalam proses komunikasi ada yang berperan sebagai komunikan (penerima pesan) dan komunikator (pemberi pesan), kedua peran ini bisa saling bertukar.

Berdasarkan cara penyampaiannya, komunikasi terbagi menjadi 2, yaitu lisan dan tertulis. Keduanya sama-sama penting sebagai soft skill dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja. Komunikasi lisan biasanya dilakukan dengan berbicara baik secara langsung atau melalui media seperti telepon, Google Meet, atau Zoom.

Sementara itu, komunikasi tertulis biasanya dilakukan dengan media tulisan, bisa berupa pesan WhatsApp, email, atau surat. Dalam dunia kerja, komunikasi tertulis berkaitan erat dengan korespondensi. Nggak heran kan kalau banyak kualifikasi kerja yang mengharuskan kandidatnya memiliki kemampuan berkomunikasi lisan dan tertulis.

Ikuti Kelas: Tingkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Menunjang Karier

Unsur-unsur Komunikasi

Ada 4 komponen atau unsur dalam komunikasi, yaitu:

  1. Komunikator: orang yang menyampaikan pesan
  2. Pesan: informasi, gagasan, atau perasaan yang ingin disampaikan
  3. Saluran atau media: alat, sarana, atau perantara (media tulis, cetak, elektronik)
  4. Komunikan: orang yang berpersan sebagai penerima pesan

Baca Juga: 8 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Komunikasi

 

Pentingnya Komunikasi

Lalu, apa sih pentingnya komunikasi dalam kehidupan manusia secara pribadi dan profesional? Berikut penjelasannya!

1. Menambah pengetahuan

Dalam sebuah komunikasi, ada proses bertukar informasi, ide-de, atau perasaan. Lewat proses ini, kamu bisa menerima berbagai sudut pandang, saran, ide, dan informasi yang bisa menambah pengetahuanmu.

Semakin beragam orang yang kamu ajak berkomunikasi, maka semakin beragam pula topik dan informasi yang bisa kamu terima.

2. Membangun dan menjaga hubungan 

Komunikasi punya peran penting dalam membangun dan menjaga sebuah hubungan. Hubungan itu nggak selalu soal pacar atau pasangan ya. Ini bisa mencakup hubungan keluarga, teman, saudara, atau rekan kerja.

Komunikasi yang baik bisa membantu kamu membangun hubungan dengan orang baru. Misalnya, kalau kamu adalah karyawan baru, dengan berkomunikasi kamu bisa berkenalan dan akhirnya menjadi lebih dekat dengan rekan kerja lainnya.

3. Membuka peluang karier

Lebih dari sekedar media untuk berbagi dan menerima informasi, komunikasi juga bisa membuka peluang karier. Komunikasi menjadi salah satu kualifikasi dalam berbagai pekerjaan.

Untuk pekerjaan yang tidak terlalu banyak melibatkan orang juga butuh kemampuan komunikasi. Jika kamu punya skill ini, peluang karier kamu bisa terbuka lebih lebar.

Misalnya, dengan kemampuan komunikasi yang baik, kamu bisa meyakinkan recruiter saat wawancara kerja atau berkomunikasi saat recruiter menghubungimu via LinkedIn, sehingga bisa membuka peluang karier baru.

3. Membantu penyelesaian masalah

Selama kita hidup, masalah pasti ada aja yang muncul. Nah, komunikasi bisa jadi cara terbaik untuk menyelesaikan setiap konflik yang muncul.

Misalnya, saat ada kasus yang menimpa sebuah brand, public relation dari brand tersebut akan merilis klarifikasi atau pernyataan kepada konsumen untuk meluruskan masalah. Klarifikasi adalah bentuk komunikasi brand dengan konsumennya. Atau saat ada masalah internal dalam tim, berkomunikasi atau ngobrol bisa menjadi cara penyelesaian konflik tersebut.

4. Membantu kamu menyampaikan ide

Alasan lainnya mengapa komunikasi menjadi penting dalam kehidupan adalah: komunikasi membantu kita menyampaikan apapun yang kita inginkan atau pikirkan kepada orang lain. Kamu juga bisa menyampaikan sesuatu yang kamu butuhkan kepada orang lain.

Menyampaikan isi kepala atau isi hati bisa membuat kita merasa lega. Selain itu, bisa saja ide-ide yang kamu miliki dapat memberikan perubahan, menjadi inovasi baru, atau mencapai hal-hal baik lainnya.

5. Meningkatkan teamwork

Berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Pekerjaan yang berat akan menjadi lebih ringan jika dikerjakan bersama-sama. Salah satu cara untuk mencapai kerja sama tim yang baik adalah dengan membangun komunikasi yang baik pula.

Melalui komunikasi yang efektif, setiap orang akan tahu apa yang harus mereka lakukan dan kerjakan untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, tim akan terhindar dari kesalahpahaman yang dapat memicu konflik internal.

Lewat komunikasi yang terbuka, setiap anggota akan belajar untuk saling percaya satu sama lain, merasa nyaman dalam bekerja, dan merasa menjadi anggota yang berharga.

6. Peningkatan produktivitas

Komunikasi yang efektif membantu karyawan memahami peran mereka dan melakukan tugas mereka dengan lebih baik, sehingga meningkatkan produktivitas organisasi. Karyawan juga mungkin lebih suka bertanya kepada rekan kerja atau atasan yang komunikatif. Bantuan dari atasan atau rekan kerja yang komunikatif dapat menghemat waktu dan mempercepat penyelesaian project.

Baca Juga: Tips Jitu Cara Berkomunikasi dengan Orang yang Sulit

Nah, itu dia 7 pentingnya komunikasi di kehidupan personal dan profesional. Ternyata komunikasi punya banyak peran penting dalam hidup, ya.

Kalau kamu merasa kemampuan komunikasimu belum terlalu bagus, nggak apa-apa. Sama seperti skill lainnya yang dapat dipelajari dan ditingkatkan, kemampuan komunikasi juga demikian.

Apalagi sekarang sudah banyak banget sumber dan media belajar yang bisa kamu pilih. Skill Academy juga punya berbagai kelas yang bisa meningkatkan kemampuan komunikasimu, lho. Klik banner berikut untuk lihat kelas-kelasnya. Selamat belajar~

 

SKill Academy - CTA

Referensi: 

Pengertian komunikasi menurut para ahli [daring]. Tautan: https://lmsspada.kemdikbud.go.id/mod/forum/discuss.php?d=5337

13 Reasons why communication is important [daring]. Tautan: https://franticallyspeaking.com/13-reasons-why-communication-is-important-in-life/

What is communication important [daring]. Tautan: https://uk.indeed.com/career-advice/career-development/why-is-communication-important (Diakses 11 April 2023)

 

 

Devi Lianovanda