Tips Jitu Cara Berkomunikasi dengan Orang yang Sulit

Pernahkah kamu berhadapan dengan orang yang sulit diajak berkomunikasi? Lalu, bagaimana cara menghadapi orang seperti itu? Simak tipsnya berikut ini!

 

manapun itu, kita pasti akan melakukan komunikasi dengan orang-orang di sekitar kita. Terjalinnya komunikasi antara kita dengan orang lain dapat membuka jalan pikiran kita dan memberikan informasi yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya.

Berkomunikasi dengan orang lain bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu, kita harus melatih dan meningkatkan keterampilan komunikasi yang kita miliki, baik keterampilan komunikasi verbal maupun nonverbal.

Komunikasi verbal adalah komunikasi menggunakan perkataan atau ucapan, sedangkan komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang melibatkan ekspresi dan gestur tubuh.

Di samping itu, tidak semua orang mudah untuk diajak berkomunikasi. Ada pula beberapa orang yang sulit untuk diajak berkomunikasi, dalam artian orang tersebut terkadang membuat kita bingung harus bersikap seperti apa, atau membuat kita jadi berada dalam posisi yang tidak nyaman. Pernahkah kamu berada dalam situasi seperti itu?

Jika kebetulan kamu sedang menghadapi orang yang sulit, tidak perlu bersembunyi atau melarikan diri. Kamu bisa tetap berkomunikasi secara baik dengan menerapkan beberapa tips mengenai cara berkomunikasi dengan orang yang sulit berikut ini:

1. Dengarkan dengan empati

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah mendengarkan ucapan orang tersebut dengan empati. Cobalah untuk memahami sudut pandang orang tersebut ketika berkomunikasi.

Dengarkan dengan seksama dan coba tanyakan mengenai pendapat atau pemikiran mereka mengenai suatu topik tertentu.

Baca Juga: Pentingnya Keterampilan Komunikasi Bagi Kehidupan Personal dan Profesional

2. Hindari sikap defensif

Ketika berkomunikasi dengan orang yang sulit, sebaiknya hindari bersikap defensif atau mempertahankan diri. Jika terjadi perbedaan pendapat, tidak perlu mempermasalahkan secara berlebihan karena justru dapat berujung pada adu argumen yang tiada akhir.

Coba untuk menyimpulkan bahwa perbedaan pendapat itu adalah hal yang biasa dan usahakan untuk menghindari konflik.

3. Hindari menyalahkan orang tersebut

Apabila orang tersebut menceritakan pengalamannya mengenai suatu kesalahan, hindari menyalahkan orang tersebut atas apa yang terjadi. Menyalahkan orang tersebut hanya akan memicu konflik dan pertengkaran. Oleh karena itu, lebih baik fokus kepada solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

4. Berbicara dengan jelas dan lugas

Tips berikutnya yaitu berbicaralah menggunakan bahasa yang baik dengan jelas dan lugas. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tetap terbuka untuk pertanyaan. Berbicara dengan jelas dan lugas dapat membantu menghindari terjadinya kesalahpahaman.

5. Tidak perlu mengambil hati ucapan yang menyinggung

Saat berbicara dengan orang yang sulit, dapat terjadi kemungkinan orang tersebut bersikap atau mengucapkan perkataan yang menyinggung atau menyakiti hati.

Apabila hal itu terjadi, keep in mind bahwa orang tersebut mungkin sedang mengalami masalah pribadi yang membuat mereka menjadi orang yang sulit untuk diajak berkomunikasi.

Oleh karena itu tidak perlu mengambil hati perbuatan, sikap, atau ucapan mereka yang menyinggung.

Baca Juga: Pentingnya Kemampuan Public Speaking dan Cara Meningkatkannya

6. Berikan apresiasi

Tips keenam, kamu bisa memberikan apresiasi atau penghargaan berupa pujian atas sisi positif yang mereka tunjukkan. Tidak perlu memberi pujian yang berlebihan, berikan pujian secukupnya saja sebagai bentuk apresiasi. Berkomunikasi dengan pendekatan yang positif dapat membantu membangun hubungan yang lebih baik.

7. Hindari topik-topik yang mungkin tidak disenangi

Tips terakhir yaitu hindari membicarakan topik atau hal-hal yang mungkin tidak disenangi oleh orang tersebut. Kamu bisa meningkatkan kepekaan kamu saat berkomunikasi dengan mereka.

Jika orang tersebut terlihat tidak senang atau tidak merespon dengan baik, kamu bisa perlahan-lahan mengganti topik pembahasan secara natural agar komunikasi bisa tetap berjalan lancar.

Demikian beberapa tips cara berkomunikasi dengan orang yang sulit. Tips-tips tersebut dapat kamu terapkan dan kamu latih setiap kali kamu berkomunikasi dengan orang yang sulit.

Selain tips yang sudah disebutkan di atas, masih banyak tips komunikasi lainnya yang bisa kamu pelajari melalui kelas pelatihan komunikasi yang ada di Skill Academy.

Jika kamu tertarik mempelajari dan mendalami bidang komunikasi, kamu bergabung dan mengikuti kelas pelatihan komunikasi di Skill Academy sekarang!

 

Referensi:

https://www.merdeka.com/gaya/6-cara-menghadapi-lawan-bicara-yang-ga-nyambung.html

https://www.mindtools.com/a301oo7/dealing-with-angry-people

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/stress-fracture/202212/how-to-communicate-with-a-narcissist

https://denpasarviral.com/2021/07/02/6-cara-menyiasati-lawan-bicara-yang-nggak-nyambung-diajak-ngobrol/

Kenya Swawikanti