Ternyata, ini Penyebab Data Diri Pada Prakerja Tidak Valid

Gulman Azkiya Mar 15, 2021 • 2 min read


Penyebab-Data-Diri-Prakerja-Tidak-Valid

Artikel ini membahas mengenai penyebab dan solusi dari data diri pada prakerja yang tidak valid!

--

Pada saat melakukan pendaftaran kartu prakerja, banyak dari mereka yang data dirinya tidak valid. Ini membuat masalah untuk mendapatkan kartu prakerja. Pertanyaannya: kenapa ini bisa terjadi? Dan seperti apa solusi bagi mereka yang terlanjur mendapat masalah ini? Di sini, saya tuliskan beberapa faktor penyebabnya:

1. KK belum diperbarui

Cek kembali status Kartu Keluarga (KK) kamu. Kemungkinan KK yang kamu gunakan belum diperbarui ketika terjadi perubahan data. Misalnya, jika ada salah satu anggota keluarga yang menikah atau meninggal, maka KK pun harus diperbarui. Selain itu, bisa jadi KK yang kamu gunakan tidak sah sehingga kamu harus mengunjungi Disdukcapil terdekat untuk mengonfirmasinya terlebih dahulu. 

2. Data diri dan NIK pada KTP berbeda dengan KK

Tak jarang kesalahan terjadi pada saat pembuatan KTP atau KK. Misalnya nama atau NIK yang berbeda pada kedua jenis kartu tersebut. Maka dari itu, hal ini mungkin bisa menjadi penyebab data diri kamu tidak valid. Untuk menyelesaikan masalah ini, kamu dapat mendatangi kantor kecamatan atau Disdukcapil di daerah kamu.

3. Salah mengisi NIK dengan Nomor KK

Pada saat mengisi data diri, pastikan kamu tidak salah mengisinya. Jika yang diminta adalah NIK, maka isi sesuai dengan KTP kamu. Sedangkan jika yang diminta adalah nomor KK, maka isi sesuai dengan KK kamu. 

4. NIK belum diperbarui pada database Dukcapil Kemendagri

Kemungkinan pada masalah yang satu ini adalah, NIK pada KTP kamu belum resmi terdaftar di Disdukcapil. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan konfirmasi ulang kepada Disdukcapil. 

Adapun caranya seperti, menghubungi hotline Ditjen Disdukcapil Kemendagri 1500537 atau langsung menanyakannya pada layanan Whatsapp pada nomor 08118005371.

5. Server website prakerja bermasalah

Cek kembali waktu dan kondisi website prakerja pada saat kamu melakukan pendaftaran. Terkadang website prakerja mengalami masalah seperti server down. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang mengakses website tersebut. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba mendaftar pada saat jam-jam sepi, sepert tengah malam atau pagi hari. 

 

Itulah penjelasan mengenai penyebab data diri yang kamu gunakan ketika mendaftar prakerja tidak valid. Oleh karena itu, jangan lupa cek kembali status KK atau data diri ketika ingin melakukan pendaftaran kartu prakerja. Bagi yang sudah lolos mendaftar, kamu dapat membeli kelas pelatihan prakerja di Skill Academy. Selain menyediakan kelas-kelas menarik, kamu juga akan belajar bersama instruktur profesional di bidangnya. 

beli kelas prakerjamu di skill academy

Beri Komentar