Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Cara Melakukannya

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Cara Melakukannya - Skill Academy

Bingung bagaimana caranya memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris? Simak cara dan tipsnya di artikel ini, ya!

Sebagai manusia, ada kalanya kita akan dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita untuk memperkenalkan diri pada lawan bicara kita. Misalnya, saat kita bertemu dengan orang yang baru kita temui untuk pertama kali atau saat kita menjadi karyawan baru di suatu perusahaan.

Perkenalan diri dalam bahasa Indonesia mungkin sudah biasa dilakukan, tetapi bagaimana dengan perkenalan diri dalam bahasa Inggris? Ada beberapa orang yang masih bingung bagaimana caranya memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menerapkan tips dan cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di artikel berikut beserta contoh kalimatnya yang bisa dijadikan sebagai referensi. Simak selengkapnya berikut ini!

 

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Kamu bisa menerapkan cara atau tips memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris yang terdiri atas beberapa langkah sebagai berikut:

1. Awali dengan greetings 

Pertama, kamu bisa mengawali perkenalan dirimu dengan greetings atau salam dan sapaan. Contohnya adalah dengan mengucapkan “Hello” atau “Hi”.

Kamu bisa juga menambahkan partikel subjek menjadi “Hello, everyone” atau “Hello, Sir”. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan salam “Good morning” atau “Good afternoon” sesuai dengan kondisi waktu saat kamu berkenalan.

Jika dirangkum, beberapa contoh greetings yang bisa kamu ucapkan adalah sebagai berikut:

  • Hello/Hi!
  • Hello, everyone!
  • Hello, Sir!
  • Good morning, everyone!
  • Good afternoon, Sir!

 

Baca juga: 11 Tips Ampuh Saat Interview Kerja Bahasa Inggris Agar Makin PD!

 

2. Sampaikan maksud atau tujuan

Setelah mengucapkan greetings, kamu bisa menyampaikan maksud atau tujuan kamu berbicara kepada audiens atau lawan bicaramu. Karena tujuan kamu adalah ingin memperkenalkan diri, kamu bisa mengatakan beberapa contoh kalimat sebagai berikut:

  • I would like to introduce myself atau bisa juga disingkat menjadi I’d like to introduce myself
  • I’m here to introduce myself
  • Let me introduce myself to you

 

3. Perkenalkan identitas diri

Berikutnya, mulailah memperkenalkan identitas diri kamu, seperti nama, pekerjaan, kota atau negara asal, dan sebagainya. Kamu bisa menggunakan contoh kalimat perkenalan diri sebagai berikut:

  • My name is Kenya Swawikanti
  • You can call me Kenya or Kay
  • I’m an SEO Writer
  • I’m a student
  • I’m currently living in Jakarta
  • I’m from Indonesia
  • I came from Japan

 

4. Tutup dengan salam penutup dan ucapkan terima kasih

Setelah memperkenalkan identitas diri, kamu bisa menutup perkenalan diri kamu dengan salam penutup. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih kepada lawan bicaramu. Beberapa contoh salam penutup yang bisa kamu ucapkan di antara sebagai berikut

  • That’s all from me
  • This is the end of my self-introduction
  • Thank you
  • Thank you for your attention
  • Nice to meet you
  • Glad to see you

 

Baca juga: 10 Cara dan Contoh Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja dengan Baik

 

Selama melakukan perkenalan diri, sebaiknya kamu mengucapkan kata demi kata dengan jelas agar lawan bicaramu dapat mendengar dan memahaminya dengan baik. Jangan lupa untuk selalu tersenyum, melakukan kontak mata, dan menunjukkan gestur tubuh yang ramah atau friendly, namun tetap sopan.

 

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris secara Lengkap

Nah, setelah belajar perkenalan diri dalam bahasa Inggris secara step by step, sekarang saatnya belajar perkenalan diri dalam bahasa Inggris secara lengkap. Kamu bisa memperhatikan beberapa contoh paragraf perkenalan diri dalam bahasa Inggris berikut ini.

1. Contoh Perkenalan Diri Singkat dalam Bahasa Inggris

Contoh 1

Hello, everyone! Let me introduce myself. My name is Christopher Felix and I came from Australia. Nice to meet you!

 

Contoh 2

Good morning, Sir. I’m here to introduce myself. My full name is Angga Yunanda and you can call me Angga. I’m the new student in your class. Glad to see you!

 

2. Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Menyampaikan Aktivitas Saat Ini

Good morning! My name is Sadhu. I was born in New Delhi. I’m a bachelor in arts and I’m currently managing my own business while pursuing my Masters degree. Nice to meet you and I hope we can meet again soon. Thank you!

 

3. Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris sebagai Karyawan Baru

Good afternoon, everyone. Let me introduce myself. My name is Hani Ammariah. Today is my first day as a new employee here. Previously, I had worked in various reputable companies in Jakarta. I hope we can work together as a team. Thank you for your attention.

 

4. Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Memulai Presentasi

Hello. Good morning, everyone. My name is Shabrina. I’m here to present the monthly report of our newest campaign as a Digital Marketing Team Leader. Should you have any questions regarding the report, you can ask anytime by raising your hands. Now, let’s start from the first week of the month ….

 

Baca juga: Cara Membuat PPT yang Menarik, Bikin Presentasi Makin Efektif!

 

5. Contoh Perkenalan Diri dan Keluarga dalam Bahasa Inggris

Hi, everyone! I’d like to introduce myself and my dearest family. My name is Nicholas Saputra and you can call me Putra. I’m the second child of two siblings. I’m 18 years old. My older sister’s name is Nicole Zefanya. We usually call her Niki. She’s 3 years older than me. My dad’s name is Antonius and my mom’s name is Elizabeth. Both of our parents are working as veterinarians. We live happily in Depok with our cat named Mochi. That’s all about my family. Thank you and nice to see you all!

__ 

Itu tadi beberapa contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris beserta cara atau langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Semoga artikel ini dapat membantu! Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, kamu bisa join kelas pelatihan di Skill Academy! Yuk, gabung kelasnya sekarang!

 

SKill Academy - CTA 

Kenya Swawikanti