11 Tips Ampuh Saat Interview Kerja Bahasa Inggris Agar Makin PD!

Kusariani Adinda Des 14, 2021 • 12 min read


interview bahasa inggris - tips interview kerja

Diundang perusahaan multinasional untuk interview kerja, tapi kamu nggak bisa bahasa Inggris? Tenang aja, guys! Simak tips ini biar kamu makin PD saat interview kerja menggunakan bahasa Inggris!

Siapa yang punya cita-cita untuk kerja di perusahaan bergengsi?

Yup, kayaknya semua orang, termasuk kamu, pasti pengen dong bisa bekerja di perusahan bergengsi dan menjanjikan untuk jenjang karir kedepan. Setiap orang punya preferensi masing-masing dalam memilih perusahaan sebagai tempat bekerja dan belajar. Ada yang tertarik menjadi PNS, bekerja di BUMN/BUMD, swasta multinasional maupun yang besar di tanah air, bahkan startup kelas unicorn

Tapi, tahu nggak, guys? Kalau kamu ingin maju dalam dunia kerja, di perusahaan apapun, bahasa Inggris jadi skill penting yang harus dikuasai. Makanya, saat tahap pengisian formulir untuk masuk ke sebuah perusahaan, kamu akan ditanya kemampuan bahasa Inggris beserta skor dan lampiran sertifikatnya. Lalu, gimana perusahaan menguji kemampuan bahasa inggris kamu? Nggak jarang perusahaan menguji kamu dengan interview berbahasa Inggris.

Eits, jangan langsung deg-degan dulu! Kamu bisa kok melalui interview kerja menggunakan bahasa Inggris dengan penuh percaya diri. Dalam artikel ini, Skill Academy merangkum 11 tips ampuh buat kamu saat interview kerja bahasa Inggris!

 

1. Riset lebih dalam tentang perusahaan

Sama seperti interview kerja pada umumnya yang menggunakan bahasa Indonesia, alangkah baiknya kamu melakukan riset lebih dalam tentang perusahaan yang kamu lamar, bisa melalui media sosial, press release, website. Umumnya, perusahaan yang sering melakukan interview berbahasa Inggris adalah perusahaan multinasional. Nggak jarang juga perusahaan BUMN besar akan menguji kemampuan bahasa Inggris kamu lewat interview. 

Tujuan dari riset lebih dalam tentang perusahaan yang kamu lamar adalah untuk mengenal bagaimana kinerja perusahaan, apa saja proyek-proyeknya, struktur organisasinya, dan tim yang akan bekerjasama dengan kamu. Jangan sampai terlewat juga untuk mengenal siapa yang akan interview kamu, baik HRD, user, maupun CEO. Kamu bisa cek profil LinkedIn untuk mengulik track record kerja mereka. 

 

2. Pelajari pertanyaan yang sering ditanyakan

Pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan HRD atau user saat interview berbahasa Inggris sebenarnya hampir sama seperti kamu melakukan interview menggunakan bahasa Indonesia. Menurut Indeed, terdapat 10 pertanyaan yang sering ditanyakan HRD atau user dalam interview berbahasa Inggris yang bisa kamu pelajari:

 

a. Tell me about yourself.

Dalam interview bahasa Inggris, hal pertama yang sering ditanya oleh HRD atau user adalah diri kamu. Untuk kamu yang masih fresh graduate, kamu bisa menjelaskan secara singkat jurusan kuliahmu dan pengalaman organisasi, magang, atau kompetisi yang pernah diikuti. Jika kamu sudah lama bekerja (profesional), kamu bisa menceritakan secara singkat tentang pengalaman kerja.

 

b. What are your strengths?

Dalam interview berbahasa Inggris, pertanyaan ini merujuk pada kelebihan yang kamu punya.

Yup, kamu bisa menceritakan dengan detail kelebihan kamu dalam bekerja menggunakan bahasa Inggris. Tunjukan ke rekruter, seperti HRD dan user, bahwa kelebihan yang kamu punya bisa membawa dampak baik terhadap kinerja perusahaan nantinya. 

 

c. Tell us about your experiences and education.

Yup, kamu sudah menceritakan secara singkat tentang pengalaman organisasi, magang, kompetisi, sertifikasi, dan kerja di poin (a). Saat wawancara dalam bahasa Inggris, kamu akan ditanya lebih dalam mengenai kinerja dan proyek yang kamu jalankan sebelumnya. HRD dan user penasaran tentang proyek apa yang pernah kamu buat, bagaimana cara penyelesaiannya, dan apakah hasilnya sesuai dengan goals atau tujuan.

 

d. Why did you leave your last job?

“Kenapa kamu resign dari pekerjaan terakhir?”

“Apa yang membuat kamu keluar dari pekerjaan terakhirmu?”

Pertanyaan yang terdengar menjebak, tapi rekruter ingin memastikan bahwa kamu resign dari pekerjaan lama bukan karena perilaku buruk, lalu kamu dipecat. Coba jelaskan kepada rekruter secara positif. Daripada menjelaskan, “I was fired from my last position.” atau “Saya dipecat dari pekerjaan terakhir saya.”, kamu bisa merangkai alasan positif seperti, “I feel I wasn't able to effectively utilize my talents in my previous role.” yang artinya “Saya merasa tidak menggunakan kemampuan secara efektif di posisi sebelumnya.”

Catatan: Kemas alasan resign kamu dengan pernyataan yang positif. Hindari topik negatif seperti manajemen yang buruk, pekerjaan yang membuat kamu cepat burnout, perilaku atasan dan rekan kerja yang toxic.

 

e. What are your salary expectations?

“Kamu mau gaji berapa?”

Dengan menggunakan bahasa Inggris yang formal dan sopan, kamu bisa menyebutkan kisaran gaji dalam angka, dan jelaskan secara positif dan meyakinkan bahwa dengan kemampuan kerja kamu sangat layak untuk mendapatkan gaji dengan kisaran angka tersebut. 

 

interview bahasa inggris - pertanyaan

f. Why do you want this job?

Karena kamu melamar pekerjaan ke perusahaan dan posisi yang kamu impikan, rekruter tentunya penasaran nih, “Kenapa kamu melamar ke perusahaan/posisi ini?”

Jelaskan secara jelas, tanpa bertele-tele, kalau di perusahaan atau posisi yang kamu lamar akan membuat perkembangan karirmu melesat dengan kemampuan yang kamu punya. Kamu bisa cerita nih, kalau perusahaan impian yang kamu lamar akan menjadi tempat belajarmu. Yakinkan rekruter kalau kamu juga akan loyal di perusahaan tersebut, ya!

 

g. What are your weaknesses?

Kalau ada pertanyaan seputar kelebihan kamu di poin (b), pertanyaan tentang kelemahan pasti juga akan ditanyakan. 

Coba kamu renungkan, kekurangan apa yang kamu punya selama bekerja, dan bagaimana solusi untuk menghilangkan kekurangan tersebut. Karena pertanyaan ini agak tricky dan menjebak, kamu bisa catat dulu di kertas mengenai kekurangan dan solusinya dalam bahasa Inggris sebelum kamu benar-benar melakukan interview berbahasa Inggris bersama perusahaan impian. 

 

h. Why should we hire you?

“Kenapa kami harus rekrut kamu di perusahaan ini?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa meyakinkan rekruter bahwa kemampuan dan pengalaman kamu bisa meningkatkan kinerja perusahaan sesuai dengan kemampuan yang harus dimiliki di posisi yang kamu lamar.

Singkatnya, skill yang dibutuhkan di posisi tersebut = skill yang kamu punya.

 

Baca juga: 8 Cara Membatalkan Interview Kerja Secara Profesional dan Contohnya

 

i. What are your career goals for the next five years?

Saat ditanya rekruter dalam interview, “Apa tujuan karir kamu dalam 5 tahun ke depan?”, hindari menjawab kalau kamu ingin S2 atau berwirausaha. It’s a big NO!

Perusahaan ingin kamu bisa berkontribusi besar untuk perusahaan dan berkembang dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu, kamu bisa memberi pernyataan tentang tujuan karirmu yang selaras dengan tujuan perusahaan.

 

j. Do you have any questions for us?

Dalam interview, rekruter memastikan kamu bertanya tentang berbagai informasi yang belum disampaikan selama wawancara kerja. Don’t say NO apabila kamu diminta untuk bertanya. Kamu bisa bertanya tentang benefit, sistem operasional pekerjaan, dan lama proses rekrutasi.

Nah, jawaban dari semua pertanyaan dalam interview tadi bisa kamu buka di artikel Ini, Nih, Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya!

 

3. Berlatih sebelum interview

Buat kamu yang masih kurang menguasai skill berbahasa Inggris, sebelum benar-benar melakukan wawancara menggunakan bahasa Inggris nih, coba deh untuk terus berlatih. Kamu bisa ajak teman untuk pura-pura jadi rekruter untuk memberi pertanyaan, atau kamu bisa juga untuk berlatih di depan cermin supaya makin PD. 

 

4. Istirahat cukup

Mungkin interview menggunakan bahasa Inggris akan menguras energi kamu lebih banyak, dan susah fokus. Supaya fokus kamu nggak buyar saat langsung berhadapan dengan rekruter seperti HRD atau user, persiapkan dirimu dengan istirahat yang cukup. Usahakan semua keperluan interview disiapkan dari malam sebelumnya. Kemudian, selain istirahat dan tidur cukup, kamu nggak boleh skip sarapan, ya!

 

5. Berpakaian rapi saat interview

Baik perusahaan impian kamu adalah startup atau agensi dengan outfit yang santai, maupun wawancara dilakukan online atau offline, jaga penampilan kamu dengan berpakaian rapi dan sopan.

Soalnya, menurut British Council, dengan berpakaian rapi otomatis akan meningkatkan kepercayaan diri di depan HRD dan user. Kemudian, berpakaian rapi dan sopan adalah kesan pertama bahwa kamu bisa dipercaya untuk bekerja dan bertugas di perusahaan tersebut. 

 

6. Berdoa sebelum interview

Satu hal penting yang nggak boleh kamu lewatkan: berdoa, kemudian meminta restu kepada orang tua agar wawancara berbahasa Inggris dengan perusahaan impian dapat berjalan dengan lancar dan diberi kemudahan. Dengan berdoa, kamu sudah yakin dan percaya bahwa kamu mampu melewati tahap interview ini. Aamiin~

 

interview bahasa inggris

7. Perhatikan penggunaan bahasa Inggris saat interview

Interview kerja umumnya bersifat formal. Jadi, saat kamu melakukan interview, gunakan kosakata dan kalimat  formal yang sopan dan profesional. Misalnya nih, it’s nice to see you, I’m glad to be here, dan thank you for your opportunity that I’m invited to this interview.

 

8. Tunjukkan antusiasme dengan menceritakan pengalaman kamu

Karena kamu sudah diberi kesempatan untuk interview dengan perusahaan impian, yuk, jangan lupa tunjukkan antusiasme kamu!

Caranya? Ceritakan berbagai pengalaman kerja, organisasi, kuliah, kompetisi, sampai menyelesaikan proyek yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Buktikan kalau berbagai pengalaman kerja kamu yang menarik itu sesuai dengan apa yang perusahaan butuhkan. Oh ya, jangan lupa beri senyum dan bahasa tubuh yang mampu memikat rekruter saat kamu menceritakan berbagai pengalaman unik dan menarik saat bekerja atau melakukan proyek.

 

9. Jangan panik!

Ini nih, racun yang selalu menimpa banyak orang saat interview kerja berbahasa Inggris: takut, panik, deg-degan!

Saat perasaan kamu mulai panik dan berkecamuk saat interview bahasa Inggris masih berlangsung, kamu bisa ambil jeda kurang dari 10 detik untuk menenangkan diri dengan tarik dan buang napas. Selain itu, kamu bisa ingat-ingat kembali poin-poin yang kamu catat sebelum persiapan interview dalam bahasa Inggris. 

Saat kamu panik, ukir senyum manis kamu di depan rekruter kembali, dan bangkitkan percaya diri kamu saat menjawab pertanyaan HRD atau user saat wawancara.

 

Ikuti kelas: Bahasa Inggris Praktis untuk Presentasi

 

10. Tanyakan informasi lebih lanjut

Sebelum menutup interview, pastinya HRD atau user akan bertanya dalam bahasa Inggris, “Do you have questions?”

Untuk menandakan bahwa kamu adalah calon kandidat yang antusias dan layak sebagai penggerak perusahaan, kamu boleh menanyakan seputar proyek-proyek yang pernah dilakukan. Umumnya, kamu bisa menanyakan seputar lama waktu proses rekrutasi, benefit yang didapat (Asuransi kesehatan, asuransi jiwa, uang lembur, device dari kantor seperti laptop, uang transport, dll.), waktu operasional kerja (8-5 atau 9-6 di hari Senin-Jumat), dan waktu yang dibutuhkan untuk kamu bisa bergabung ke perusahaan (contohnya one month notice).

 

11. Follow up interview melalui email

Setelah proses interview berbahasa Inggris, jangan lupa untuk ucapkan terima kasih melalui email kepada rekruter. Kamu juga bisa menyampaikan bahwa kamu siap menunggu konfirmasi dari perusahaan apakah kamu akan lolos proses rekrutasi, atau justru belum dapat menjadi bagian dari perusahaan.

--

Mau berkembang dan bekerja di perusahaan impian, emang butuh perjuangan dan pengorbanan, salah satunya interview bahasa Inggris. Buat kamu yang belum menguasai bahasa Inggris di dunia kerja dengan baik, kamu bisa ikuti tips ini supaya kamu lebih percaya diri dan maksimal di hadapan HRD dan user. 

Intinya, jangan lupa untuk terus berlatih melakukan percakapan menggunakan bahasa Inggris, guys! Apalagi kalau kamu nantinya bekerja di perusahaan multinasional, atau bekerja sama dengan klien dari luar negeri. Buat memaksimalkan skill bahasa Inggris di dunia kerja, kamu bisa ikuti kelas di Skill Academy! Langsung klik gambar di bawah ini untuk daftar, bisa diakses kapan saja, lho!

Interview bahasa inggris

Sumber:

Doyle, Alison. 2021. How to Make a Good Impression at a Job Interview. The Balance Careers. thebalancecareers.com. [daring]. 

https://www.thebalancecareers.com/best-impression-at-an-interview-2060572

British Council Foundation. 2021. How to Impress at an English Job Interview. britishcouncilfoundation.id. [daring]. 

https://www.britishcouncilfoundation.id/en/english/articles/job-interview

Indeed. 2021. 10 Common Questions for Interviews in English. indeed.com. [daring]. 

https://www.indeed.com/career-advice/interviewing/questions-for-interview-in-english

Profile

Kusariani Adinda

Lorem ipsum dolor sit amet, assalamualaikum warganet! | Freelance Content Writer at Ruangguru | kusarianiadindablog.wordpress.com

Beri Komentar