Content Marketing, Profesi di Dunia Digital dengan Peluang Kerja Luas

Content Marketing, Profesi di Dunia Digital dengan Peluang Kerja Luas - Skill Academy

Suka bikin konten? Kamu bisa berkarier di bidang content marketing, lho. Yuk, cari tahu pengertian, job desc, skill dan tips memulainya.

Content marketing adalah bagian dari aktivitas digital marketing yang fokus pada teknik pemasaran. Anyway, content marketing semakin populer dan menjanjikan dalam dunia digital saat ini. Apakah kamu tertarik untuk berkarier di bidang ini?

Untuk kamu yang ingin memulai karier di bidang content marketing, kamu harus tahu apa saja tugas yang dikerjakan oleh seorang content marketer, kemampuan yang perlu dikuasai, hingga tips untuk sukses di pekerjaan ini.

 

Apa Itu Content Marketing?

Content marketing adalah strategi marketing dengan cara membuat dan menyebarkan konten yang relevan, menarik, dan konsisten sesuai dengan audiens yang dituju. Orang yang berkarier di content marketing disebut content marketer.

Bisa dibilang, konten menjadi senjata utama bagi content marketer untuk menarik perhatian audiens, mendatangkan visitor dan meningkatkan brand awareness.

Konten yang bisa dibuat oleh content marketer sangat beragam, mulai dari tulisan, desain, gambar, animasi, short video, video panjang, hingga podcast. Bentuk konten apapun yang sedang tren di dunia digital, bisa digunakan oleh content marketer.

Perlu diingat, konten yang dibuat harus relevan agar tercipta perasaan membutuhkan dari audiens yang akhirnya memunculkan kedekatan emosi dengan konten yang dibuat.

Eits, content marketing nggak hanya sekadar membuat konten yang menarik saja, lho. Content marketing juga berfungsi untuk membangun relasi yang kuat dengan audiens untuk waktu yang lama.

 

Job Desc Content Marketing

Well, saat kamu bekerja di bidang content marketing di suatu perusahaan, kira-kira apa saja tugas dan tanggung jawab yang akan kamu lakukan?

  • Merencanakan, mengeksekusi, dan mengelola campaign content marketing
  • Menulis, mengedit, dan mengoptimalkan konten di berbagai platform digital, seperti blog, media sosial, email, website, dan sebagainya
  • Memahami audiens yang ditargetkan dan menciptakan konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka
  • Menganalisis metrik lalu lintas situs web dan media sosial
  • Bekerja sama dengan tim product, business, dan marketing lainnya untuk mencapai tujuan pemasaran

Melakukan analisis data untuk mengevaluasi hasil campaign dan menentukan arah campaign selanjutnya.

Baca Juga: Pekerjaan SEO Specialist, Gaji, Jenjang Karier & Skill yang Dibutuhkan

 

Skill yang Perlu Dikuasai untuk Berkarier di Content Marketing

Untuk bekerja di suatu bidang, pastinya dibutuhkan skill yang mumpuni. Bagi kamu yang mau terjun ke dunia content marketing, berikut adalah skill yang perlu kamu kuasai.

1. Menguasai berbagai platform digital

Ada berbagai jenis platform yang bisa digunakan untuk membuat konten. Kamu harus bisa menguasai semua platform digital tersebut, seperti blog, media sosial, website, YouTube, TikTok, dan sebagainya. Pahami perbedaan behaviour audiens di berbagai platform tersebut, agar kamu bisa menyampaikan konten yang relevan dan efektif.

 

2. Mengetahui audiens

Seorang profesional di content marketing harus memahami audiens yang ditargetkan oleh perusahaan. Ini termasuk mengetahui demografi, minat, dan kebutuhan dari audiens tersebut. Mencari tahu tentang audiens kamu penting banget, lho, supaya kamu nggak salah dalam menargetkan campaign atau konten yang ingin dipublikasikan.

 

3. Kemampuan menulis

Hampir semua konten yang dibuat dalam content marketing membutuhkan skill menulis, mulai dari menulis artikel, copy untuk desain, caption di media sosial, hingga naskah untuk pembuatan video. Kamu harus mampu untuk menulis konten yang menarik, informatif dan berkualitas.

 

4. Analitik

Hanya membuat konten tanpa menganalisa dampaknya, tentu saja hasilnya nggak akan sempurna. Seorang content marketer juga harus mampu menganalisa data dan mengevaluasi hasil dari kampanye content marketing. Kemampuan ini akan membantu kamu dalam mengevaluasi konten yang efektif dan menentukan arah untuk kampanye selanjutnya. Kamu juga bisa melihat, konten apa yang paling disukai oleh audiens.

 

5. Kreativitas

Content marketing membutuhkan kreativitas untuk menciptakan konten yang unik, menarik, dan fresh. Kamu harus mampu berpikir kreatif untuk membuat ide konten berbeda yang bisa meningkatkan engagement.

 

6. Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting untuk pekerjaan di bidang apa pun. Tapi, di bidang content marketing kamu harus bisa mengasah skill komunikasi baik secara lisan maupun tulisan.

 

7. Up-to-date pada tren

Ikuti perkembangan dan tren apa saja yang saat ini sedang terjadi dan digemari oleh banyak orang. Tren ini juga bisa menjadi sumber inspirasi kamu dalam membuat konten, lho. Terus up-to-date dengan tren terkini akan membuat konten kamu lebih digemari dan nggak terlihat basi.

 

Tips Mulai Berkarier di Content Marketing

Berkarier di bidang content marketing menawarkan banyak peluang untuk kamu. Untuk memulainya, simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Melatih kemampuan riset

Agar bisa menjadi seorang content marketer yang sukses, kamu memerlukan kemampuan riset yang baik. Kemampuan riset ini akan membantu dalam menciptakan konten yang berkualitas dan relevan dengan target audiens.

Riset yang mendalam sangat penting untuk mencari tahu pain point yang dialami oleh audiens, sehingga kamu bisa menyajikan konten yang tepat untuk mereka. Riset juga berguna untuk mengidentifikasi kompetitor dan membantu membuat konten yang lebih menarik dibanding kompetitor.

 

2. Tingkatkan kemampuan menulis

Kemampuan menulis yang baik sangat penting dalam content marketing. So, kamu harus mulai belajar menulis yang efektif, baik itu dalam tata bahasa maupun penyajian konten. Baca berbagai macam sumber berbeda agar kamu bisa mendapatkan banyak referensi sebelum menemukan gaya menulis kamu sendiri.

 

3. Belajar tentang content marketing

Sebelum memulai karier dalam content marketing, penting untuk kamu memahami dasar-dasarnya, seperti apa itu content marketing hingga bagaimana cara kerjanya. Kamu bisa belajar dari banyak sumber belajar gratis atau berbayar di internet, seperti blog, video, podcast, hingga kelas pelatihan di Skill Academy.

Ikuti Kelas: Belajar Content Marketing, Content Writing, dan SEO untuk Menjadi Spesialis Pemasaran

 

4. Menguasai tools pembuatan konten

Nggak hanya membuat konten, kamu juga harus mampu memanfaatkan teknologi yang dibutuhkan untuk menciptakan dan menyebarkan konten yang sudah dibuat. Contohnya, kamu harus belajar cara menggunakan CMS (Content Management System) untuk mempublikasikan artikel seperti WordPress.

 

5. Mengumpulkan portfolio

Membuat portfolio yang berisi kumpulan karya kamu seperti tulisan, konten media sosial, dan sebagainya, akan membantu kamu menunjukkan kemampuan content marketing kepada klien atau recruiter.

Berkarier di bidang content marketing membutuhkan komitmen, kerja keras, dan kreativitas. Dengan terus belajar, berlatih, dan menerapkan beberapa tips di atas kamu pasti bisa mencapai kesuksesan di bidang ini. Tambah ilmu kamu di bidang content marketing dengan pelatihan di Skill Academy, yuk!

SKill Academy - CTA

Referensi:

How to start career in content marketing [daring]. Tautan: https://www.reliablesoft.net/get-into-content-marketing/ (Diakses: 29 Januari 2023)

Content Marketing [daring]. Tautan: https://blog.karir.com/tilik-profesi-content-marketing/  (Diakses: 29 Januari 2023)

 

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D