SEO Specialist: Gaji, Jenjang Karier, dan Skill yang Dibutuhkan

SEO Specialist

Mulai berkarier di bidang SEO Specialist dengan membaca pembahasan lengkapnya di sini. Mulai dari pengertian, job deskripsi, jenjang karier, dan perkiraan gajinya.

SEO Specialist atau search engine optimization specialist adalah pekerjaan yang semakin banyak dicari oleh perusahaan saat ini. Bagi kamu yang bekerja di industri startup, pasti sudah nggak asing lagi dengan pekerjaan yang satu ini.

Namun, kini tidak hanya perusahaan startup saja yang membutuhkan SEO Specialist, lho, profesi ini juga banyak dicari oleh perusahaan di berbagai sektor.

Nggak heran, makin banyak orang yang ingin belajar dan mengembangkan skill sebagai SEO Specialist. Sebenarnya apa sih SEO Specialist itu? Lalu, apa saja bidang pekerjaan, gaji, hingga skill yang dibutuhkan? Yuk, mulai kita bahas!

 

Apa Itu SEO Specialist?

Mirip seperti namanya, SEO Specialist adalah profesi yang berkutat di bidang optimasi mesin pencarian (search engine) dalam rangka memaksimalkan pemasaran perusahaan.

Seorang SEO Specialist bertugas untuk melakukan research keywords atau kata kunci yang sesuai untuk situs perusahaan. Mereka juga harus memperhatikan konten dalam situs, tampilan image, hingga rutin memonitor performa situs.

SEO Specialist biasanya dituntut untuk bisa meningkatkan traffic dan ranking pencarian dari website perusahaan dengan berbagai trik atau teknik SEO. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan visibilitas website di mesin pencarian.

 

Skill yang Dibutuhkan sebagai SEO Specialist

Pekerjaan SEO Specialist membutuhkan skill teknis yang nggak sedikit. Berikut adalah skill yang harus kamu kuasai untuk bisa sukses bekerja di bidang ini.

1. Kemampuan riset

Riset akan menjadi keseharian pekerjaan kamu. Untuk itu, kemampuan riset harus menjadi yang utama. Kamu harus melakukan riset kata kunci, kompetitor, hingga tren yang sedang berkembang agar situs yang kamu handle terus up-to-date.

 

2. Menulis konten

Berbeda dengan penulis pada umumnya, seorang SEO Specialist harus memiliki kemampuan untuk menulis konten yang SEO-friendly. Konten untuk SEO harus mudah dipahami, memiliki keywords atau kata kunci yang sesuai, serta teknik-teknik SEO on-page lainnya.

 

3. Menguasai tools analytic

Agar pekerjaan kamu lebih optimal, SEO Specialist membutuhkan bantuan dari analytics tools. Beberapa tools yang harus kamu kuasai antara lain seperti Google Analytics, SEMRush, Ahrefs, Ubersuggest, Google Search Console, Yoast SEO, dan sebagainya.

 

4. Analisis

Sebagai SEO Specialist juga bertugas untuk memantau dan menganalisis performa website. Untuk itu, kamu juga harus memiliki skill analisis yang baik agar bisa memahami data performance atau analytics, seperti menganalisa Session, CTR, dan PPC.

 

5. Link Building

Istilah link building akan menjadi makanan sehari-hari untuk SEO Specialist. Kamu harus memahami setidaknya dasar dari link building. Link building ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan audiens dan domain authority dari suatu website.

 

6. Komunikasi yang baik

SEO Specialist biasanya akan banyak bekerja sama dengan banyak orang dari berbagai tim. Misalnya, kamu akan bekerja dengan web developer, content writer, product serta departemen lainnya. Maka dari itu, skill komunikasi kamu harus sangat baik.

 

7. Keinginan untuk terus belajar

Hanya dalam beberapa tahun saja, dunia search engine terus mengalami perubahan dan pembaruan. Hal ini dikarenakan teknologi yang terus berkembang dan semakin canggih mengikuti zaman. Algoritma search engine pun terus berubah. Maka dari itu, seorang SEO Specialist harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, keinginan untuk terus belajar, dan terus mengikuti tren terkini.

Baca Juga: Content Marketing, Profesi di Dunia Digital dengan Peluang Kerja Luas

 

Pekerjaan Seorang SEO Specialist

Apa saja sih pekerjaan dan tanggung jawab seorang SEO Specialist? Agar kamu punya gambaran, lihat beberapa di antaranya.

  • Membuat strategi konten yang akan di-post, beserta dengan related keywords yang sesuai
  • Mempromosikan website secara onsite dan offsite
  • Membuat arsitektur teknis yang diperlukan untuk pengembangan SEO
  • Memastikan konten dan website sudah teroptimalisasi dengan sempurna di semua platform
  • Membuat laporan terperinci tentang performa website yang sudah dioptimalkan SEO-nya
  • Menganalisa website dari sudut pandang mesin pencari dan audiens
  • Selalu up-to-date dengan perubahan apapun yang ada di algoritma Google
  • Menangani semua hal yang berkaitan dengan search engine marketing
  • Membuat strategi optimasi website, baik dari segi image aset, konten, keywords, dan sebagainya

 

Gaji SEO Specialist

Gaji untuk SEO Specialist sangat beragam tergantung pada tanggung jawab dan perusahaan tempat kamu bekerja. Gaji yang diberikan juga bisa tergantung dari tingkat kesulitan dan banyaknya website yang di-handle. Sebagai referensi, berikut adalah gaji SEO Specialist di beberapa perusahaan seperti yang dirangkum dari Danacita.

  • SEO Specialist Tokopedia: sekitar Rp8.000.000–Rp9.000.000
  • SEO Specialist di iProspect: sekitar Rp6.000.000
  • SEO Specialist di Astra Internasional: sekitar Rp9.000.000–Rp10.000.000
  • SEO Executive di Traveloka: sekitar Rp7.000.000–Rp8.000.000
  • SEO Specialist di Hashmicro: sekitar Rp6.000.000–Rp7.000.000

 

Jenjang Karier SEO Specialist

SEO Specialist memiliki jenjang karier yang jelas dan menjanjikan, lho. Seperti apa sih jenjang karier yang harus kamu tempuh jika ingin menekuni bidang ini?

1. Junior SEO Specialist

Saat memulai karier, kamu akan mulai sebagai seorang Junior SEO Specialist. Kamu akan bertugas untuk meningkatkan organic traffic di dalam website melalui keyword research, optimalisasi konten, link building, serta onpage dan offpage optimization.

 

2. SEO Executive

Setelah kamu memiliki pengalaman yang cukup, kamu bisa menjadi SEO Executive yang berfokus pada analisis on-site dan off-site dari kompetitor, serta mendalami lebih jauh tools analytics untuk membuat performance report.

 

3. SEO Manager

SEO Manager biasanya dipegang oleh orang yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun di bidang SEO. Di posisi ini kamu akan memiliki tanggung jawab lebih besar untuk merencanakan dan mengelola strategi SEO perusahaan. Idealnya, di posisi ini kamu akan memonitor anggota tim yang lengkap mulai dari Junior SEO Specialist, Content Writer, dan Graphic Designer.


Sudah semakin yakin untuk terjun menjadi SEO Specialist? Bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa mulai dengan mempelajari berbagai teknik dan tools SEO. Yuk, langsung belajar bareng para profesional di bidang SEO di Skill Academy.

SKill Academy - CTA

Referensi:

Profesi SEO Specialist [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/profesi-seo-specialist/  Diakses 28 Januari 2023)

SEO Specialist [daring]. Tautan: https://danacita.co.id/blog/seo-specialist-pengertian-tugas-gaji-prospek-kerja/ (Diakses 28 Januari 2023)

Prospek jenjang karier SEO Specialist [daring]. Tautan: https://www.belajarlagi.id/post/perlu-tahu-prospek-jenjang-karir-seo-specialist (Diakses 28 Januari 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D