Penting! Berikut Cara Lengkap Update Data Diri Prakerja

Gulman Azkiya Feb 18, 2022 • 5 min read


Cara-update-data-diri-prakerja

Ayo update data dirimu secepatnya sebelum pendaftaran ditutup.

--

Gelombang pada tahun ini akhirnya telah dibuka. Bagi kamu yang sebelumnya belum lolos seleksi, mungkin akan membutuhkan pembaruan data ketika ingin mengikuti lagi gelombang kali ini. Namun, umumnya pembaruan/update ini tergantung pada kelengkapan datamu. Kamu mungkin bisa saja kembali mengisi data diri secara lengkap, atau sekedar mengunggah foto KTP dan selfie. Nah, jika kamu masih kesulitan dalam melakukan hal tersebut, berikut adalah cara update data diri Prakerja secara lengkap. 

1. Login ke akun Prakerja mu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke akun Prakerja mu. Kemudian pastikan akun yang digunakan sama dengan akun yang pernah kamu gunakan untuk mendaftar pada gelombang sebelumnya. 

masuk-ke-akun-prakerja

2. Update foto KTP

Setelah melakukan login, nantinya secara otomatis kamu akan berada di halaman untuk memperbarui data diri. Umumnya akan diawali dengan mengunggah ulang foto KTP. Selain itu, jangan lupa juga bahwa untuk gelombang tahun ini, kamu wajib menggunakan E-KTP.

updata-foto-ktp

Ikuti kelas: Menjadi Kasir dan Bekerja di Bidang Pelayanan

3. Verifikasi foto KTP

Setelah mengunggah foto E-KTP mu. Maka sistem dari Prakerja akan melakukan verifikasi. Adapun langkah yang perlu kamu lakukan adalah klik 'Refresh' untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Selain itu, nantinya jika datamu tidak ter-update kamu dapat melaporkannya dengan mengisi formulir pengaduan. 

verifikasi-foto-KTP

4. Update foto selfie atau wajah

Tahapan berikutnya kamu akan memperbarui data foto selfie/wajahmu. Kemudian perhatikan juga tips yang ada pada bagian bawah contoh foto. Adapun cara foto selfie Prakerja yang benar adalah

  1. Pastikan wajahmu terlihat jelas dengan pencahayaan yang jelas (tidak terlalu gelap atau terlalu terang)
  2. Pastikan seluruh wajahmu masuk ke dalam foto (frame)
  3. Tidak menggunakan aksesoris wajah (kaca mata, masker, dan lain-lain)

Setelah itu, unggah foto wajahmu dan kemudian klik 'Kirim Foto'.

update-foto-wajah

5. Verifikasi foto wajah

Sama halnya dengan KTP, foto wajahmu membutuhkan verifikasi terlebih dahulu. Proses verifikasi ini akan dijalan secara otomatis dari sistem Kartu Prakerja. Berikutnya, kamu cukup klik tombol 'Refresh' untuk melanjutkan ke proses selanjutnya. 

verifikasi-foto-wajah

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Harus Ikut Kelas Pelatihan Prakerja di Skill Academy

6. Update data diri

Setelah mengunggah foto KTP dan wajah. Kamu akan melakukan pengisian data ulang seperti nama lengkap, alamat, status pekerjaan, dan lainnya. Pada tahapan ini, usahakan jangan sampai salah ketika mengisi data diri tersebut. Cek ulang sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.

update-data-diri

7. Data dirimu telah di-update

Setelah melakukan pembaruan data, maka kamu akan berpindah ke halaman untuk mengikuti seleksi gelombang. Jika gelombang belum dibuka kamu cukup menunggu informasi selanjutnya.

update-data-diri-berhasil 

Penyebab update data diri gagal

1. Salah mengisi data diri

Hal ini merupakan bagian paling penting dalam melakukan pembaruan data. Karena nantinya semua proses penggunaan Kartu Prakerja akan bergantung terhadap data dirimu. Oleh karena itu, pastikan data yang kamu isi benar dan akurat.

2. Belum menggunakan E-KTP

Seperti yang kamu ketahui, untuk gelombang Prakerja tahun ini, kamu harus menggunakan E-KTP sebagai kartu identitasmu. Jika kamu belum menggunakan E-KTP, kamu dapat mengurusnya terlebih dahulu di kantor dukcapil daerahmu masing-masing, 

3. Tidak memenuhi persyaratan lainnya

Hal penting lainnya yang dapat membuat kamu tidak bisa melakukan update data diri yaitu, tidak memenuhi persyaratan utama seperti, status pekerjaan, nomor KK, dan lainnya. 

 

Itulah cara update data diri Prakerja secara lengkap. Jika kamu masih bingung mencari kelas pelatihan, langsung saja ke Skill Academy. Karena di Skill academy tersedia berbagai kelas Prakerja yang menarik. Jadi tunggu apa lagi, ayo upgrade kemampuan mu bersama Skill Academy.

beli kelas prakerjamu di skill academy

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar