Masih Kesulitan? Ini 10 Cara Presentasi yang Baik dan Efektif

Cara-presentasi-yang-baik

Ini dia tips dan trik bagi kamu yang sering tidak pede ketika diminta untuk presentasi.

Apakah kamu termasuk orang yang masih kesulitan atau sekedar gugup ketika melakukan presentasi? Jika iya, tenang guys. Walaupun terkadang bisa membuat merasa tidak nyaman, nyatanya keharusan untuk melakukan presentasi bisa kok kamu tangani. Karena kali ini ada tips nih buat kamu agar bisa melakukan presentasi dengan baik. 

 

1. Persiapkan diri 

Sebelum maju ke depan dan memaparkan bahan presentasimu, ada baiknya untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu seperti mental dan juga kesiapanmu nantinya. Nah, biasanya tingkat kepercayaan diri seseorang dapat dipengaruhi oleh sejauh mana pemahamannya terhadap materi yang ingin dipresentasikan. Oleh karena itu, jangan lupa ya pelajari dulu bahan presentasimu. 

Selain mempersiapkan mental dan kepercayaan diri, berbagai hal yang dapat membantumu nantinya juga harus dipersiapkan. Mulai dari pakaian yang rapi, laptop, bahan presentasi, hingga catatan poin-poin yang akan disampaikan.

2. Susun poin-poin yang akan dipresentasikan

Setelah mempersiapkan diri, selanjutnya susunlah poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan nantinya. Selain sebagai pengingat materi, adanya poin-poin ini bisa membantumu untuk tidak keluar dari topik presentasimu.

membuat-poin-poin-penting

(Sumber: Pexels.com – Karolina Grabowska)

Di samping itu, jangan lupa juga susun secara logis dan sesuai dengan tujuan presentasi. Karena ketika kamu hanya mencatat tanpa menyusun, akan ada kemungkinan bahwa pembawaan materimu terkesan acak, walaupun sudah dibantu dengan ppt presentasi. Hal ini bisa terjadi ketika kamu memiliki bagian ppt presentasi yang memiliki topik yang sama. Contohnya bagian pertama membahas mengenai target audience, dan bagian kedua membahas mengenai target pasar. 

 

3. Persiapkan dan buat bahan presentasi dengan menarik

Walaupun sebagian orang beranggapan bahwa isi yang jelas sudah cukup, nyatanya ketika dikemas dengan menarik akan menambah nilai dari slide presentasimu. Adapun kamu bisa mengoptimalkan tampilannya, seperti tulisan yang tidak terlalu banyak, pemilihan warna yang tepat, dan menggunakan grafik atau tabel sebagai penguat visual dari data. 

Selain itu, perlu juga untuk menyesuaikan waktu dengan bahan presentasi, sehingga kamu mungkin perlu menambah, memotong, atau mengatur ulang struktur ppt presentasimu.

Baca juga: Bingung Cara Membuat Slide Presentasi yang Menarik? Coba 5 Tips Ini!

4. Tunjukkan keseriusanmu

Yap, pada saat presentasi harus dapat menunjukkan kepada audience bahwa kamu benar-benar sedang memberikan fokusmu pada presentasi tersebut. Cobalah untuk menjadi antusias dan jujur. Jangan sungkan menunjukkan emosi atau gairah positif yang sedang kamu rasakan. Bangun energi di sekitarmu dengan semangat yang baik. Misalnya dengan cara berbicara yang jelas dan sesekali melemparkan pertanyaan logis ke audience.

serius-dalam-melakukan-presentasi

(Sumber: Pexels.com – Fauxels)

Karena kamu pasti pernah melihat orang yang melakukan presentasi ala kadarnya, yang mana terasa tidak menarik dan membosankan. Biasanya gaya bicara orang tersebut datar, tanpa intonasi, dan hanya fokus pada slide presentasinya tanpa melihat audience.

Oleh karena itu, bukan hal yang mustahil audience akan bisa menilai sejauh mana keseriusanmu terhadap presentasi yang sedang dilakukan. Nah, jika kamu berniat untuk meningkatkan

5. Cobalah untuk terhubung dengan audience

Berkaitan dengan poin sebelumnya, jangan hanya terpaku pada slide atau ppt pada saat melakukan presentasi. Karena ada penonton atau audience yang ingin mengetahui informasi yang akan kamu paparkan. Ini mengindikasikan bahwa sebagai orang yang berbicara di depan publik, kamu harus memperhatikan audience. Di samping itu, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk terhubung dengan audience pada saat melakukan presentasi yaitu sebagai berikut

  • Tampilkan gambar visual yang menarik.
  • Berjalan ke arah audience
  • Lakukan kontak mata dengan melihat ke arah mereka
  • Ajukan pertanyaan  (provokatif/memancing) yang terhubung dengan topik presentasi 
  • Lakukan presentasi dengan bercerita
  • Beri tahu audience mengenai hubungan topik presentasi dengan mereka

Dikutip dari duarte.com berdasarkan beberapa hasil penelitian, 64% orang percaya bahwa presentasi fleksibel dengan interaksi dua arah lebih menarik daripada presentasi satu arah. Yang mana ketika presentasi dengan melibatkan audience akan menjadi lebih menarik daripada hanya sekadar presentasi dan berbicara sendiri. 

6. Mulailah dengan pembuka yang menarik

Sama halnya dengan perkenalan, kesan pertama juga merupakan bagian penting dari sebuah presentasi. Karena di titik ini lah, kamu bisa mempengaruhi audience dengan efektif. Apakah mereka merasa tertarik mengikuti presentasimu atau tidak?

buka-presentasi-dengan-menarik

(Sumber: Pexels.com – Diva Plavalaguna)

Oleh karena itu, penting untuk dapat membuka presentasi dengan hal-hal yang menarik, misalnya seperti, 

  • Menyapa sembari menanyakan kabar
  • Kaitkan dengan peristiwa baru-baru ini.
  • Nyatakan fakta yang meresahkan, lucu, atau luar biasa.
  • Atau melontarkan lawakan ringan

Dikutip dari Betterup, ketik kamu dapat menghibur audience, itu meningkatkan kemungkinan presentasi kamu akan diterima dengan baik.

7. Upayakan untuk tetap simple

Ingat kembali apa tujuan utamamu dari melakukan presentasi. Apakah untuk pamer? Apakah untuk ajang membanggakan diri? Tentu tidak dong?

Biasanya ada tujuan yang ingin kamu sampaikan pada saat presentasi. Yap, yaitu membuat orang mengetahui dan menyetujui ide-ide yang kamu paparkan. Dengan alasan tersebut, sepertinya agak kurang tepat jika kamu berniat membuat presentasi yang panjang, rumit, dan penuh dengan istilah-istilah asing. 

Presentasi yang baik seharusnya dapat dengan mudah dipahami oleh audience. Oleh karena itu, membuat presentasi tersebut agar tetap simple adalah salah satu langkah yang tepat. Adapun artian simple pada situasi ini yaitu sederhana dan tidak berbelit-belit. Itulah pentingnya untuk dapat menyiapkan poin-poin dan slide presentasi dengan baik. 

Kesederhanaan sangat penting jika kamu ingin menjangkau audience yang luas dan beragam. Dari pada memasukkan semua teks, kamu bisa mencoba mengubahnya dalam bentuk poin-poin sederhana. Dengan begitu, audience-mu dapat menemukan hal-hal yang berguna bagi mereka dari alih-alih mencarinya dalam teks.

8. Perhatikan juga gestur tubuh selama presentasi

Gestur tubuh juga menjadi hal yang harus kamu perhatikan. Mulai dari kontak mata, postur, dan gerakan tanganmu. 

Gestur yang harus sebisa mungkin kamu hindari yaitu gerakan tangan yang menunjukkan kegugupan seperti, tangan di belakang, atau masuk ke saku celana. Agar hal tersebut tidak terjadi, cobalah sesekali mengarahkan tangan sambil menunjuk slide pada saat menjalankan presentasi. Selain itu, postur tubuh juga dapat menunjukkan keadaan yang kamu alami. Cobalah tetap tegap dan hindari terlalu membungkuk. 

9. Jangan lupa untuk rileks

Memang benar, tak jarang situasi presentasi membuat kita cukup gugup. Misalnya karena di depan atasan, audience yang sangat banyak, atau presentasi yang dilakukan untuk sesuatu yang penting, seperti tes kerja dan lain-lain. 

Namun kenyataannya, situasi tersebut tidak mengharuskan kamu untuk selalu tegang kok. Terkadang ada waktunya untuk rileks atau sekedar menarik nafas dengan pelan. Jika kamu bingung, hal ini bisa kamu lakukan pada saat memberi pertanyaan untuk audience.

10. Terus latihan

Yap, yang terakhir jangan lupa terus latihan hingga kamu bisa nyaman di setiap presentasinya. Karena kenyamanan dapat menciptakan kepercayaan diri, sehingga kamu dapat melakukan presentasi dengan baik.

 

Presentasi memang bukan hal yang mudah, tapi dapat dilatih kok. Oh iya, jika kamu berniat meningkatkan kemampuan presentasimu, yuk ikuti Skill Academy Mini Bootcamp. Karena kamu bisa lho belajar secara efektif bersama ahlinya. Jadi tunggu apa lagi, daftarkan dirimu sebelum terlambat.

[IDN] CTA Blog - SA CAMP

Referensi

Harrison, Alexa. (2019). 19 Powerful Presentation Stats to Transform Talks in 2019. https://www.duarte.com/presentation-skills-resources/19-powerful-presentation-stats/ [Daring] (Diakses 9 November 2022)

Skillsyouneed.com. (2022). Top Tips for Effective Presentations. https://www.skillsyouneed.com/present/presentation-tips.html [Daring] (Diakses 8 November 2022)

Waters, Shonna. (2022). Want to Give a Killer Presentation? 8 Tips to Make it a Success. https://www.betterup.com/blog/how-to-give-a-good-presentation [Daring] (Diakses 8 November 2022) 

Gulman Azkiya