Evaluasi Kartu Prakerja, Sebenarnya Berapa Lama sih?

Berapa-lama-evaluasi-kartu-prakerja

Artikel ini membahas mengenai waktu yang dibutuhkan untuk proses evaluasi kartu Prakerja.

Hai guys, apakah kamu bingung karena tidak ada kejelasan mengenai evaluasi Prakerja? Tenang, proses evaluasi ini sebenarnya berfungsi untuk memeriksa data yang kamu daftarkan di program kartu Prakerja. Setelah pendaftaran ditutup, maka proses tersebut akan berjalan. Lalu berapa lama evaluasi kartu Prakerja? Untuk jawabannya, mari kita cari tahu bersama. 

Proses evaluasi Prakerja ini biasanya membutuhkan waktu 3 hingga 4 hari sampai para peserta yang lolos diumumkan. Sedangkan waktu paling lama dibutuhkan adalah yaitu 7 hari kerja, tidak termasuk Sabtu dan Minggu. Jadi bagi kamu yang akunnya sedang dievaluasi, mohon bersabar. 

Setelah kamu melakukan pendaftaran, data diri yang kamu akan di-check dan diperiksa oleh bagian manajemen pelaksana kartu Prakerja. Oleh karena itu, pastikan data diri yang kamu masukkan ketika melakukan pendaftaran telah benar dan tepat. Kesalahan memasukan data diri seperti NIK atau nama yang tidak sesuai KTP akan sangat mempengaruhi proses evaluasi akun Prakerjamu.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Syarat untuk Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12

Tahapan proses pedaftaran hingga evaluasi

Setelah melakukan pendaftaran kartu Prakerja, kamu akan diarahkan menuju dahsboard. Kemudian ketika kamu sudah menyelesaikan tes yang ada pada website prakerja, maka selanjutnya proses evaluasi akan berlangsung. Nantinya kamu juga akan melihat pemberitahuan dengan tulisan “Yay! Pendaftaranmu Sedang Kami Evaluasi”

Akun-sedang-dievaluasi-dashboard

Pada masa evaluasi ini, jangan lupa terus mengecek status akun Prakerjamu. Usahakan setiap hari untuk mengunjungi website Prakerja dan selalu perbarui informasi. Jika proses evaluasi berhasil, maka kamu akan segera mendapatkan dana insentif. Sehingga jangan sampai lupa memasukan nomor rekening e-wallet yang akan kamu gunakan nanti. 

Total dana insentif yang akan kamu dapatkan dengan mengikuti Prakerja yaitu sebesar Rp 2,4 juta dengan rincian Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan. Selain itu, ada juga dana bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Dana tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli kelas pelatihan online

Kelas pelatihan online tersebut bisa kamu temukan di berbagai platform digital, yang salah satunya yaitu Skill Academy. Di Skill Academy kamu dapat memilih bermacam jenis kelas pelatihan. Seperti kelas membuat masker kain, kelas sukses interview kerja, kelas membuat bisnis rumahan, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, jangan asal membeli kelas dengan tujuan hanya mendapatkan sertifikat. Karena dengan mengikuti kelas pelatihan tersebut, kamu dapat mengembangkan kemampuanmu dengan lebih baik.  Oleh karena itu, gunakanlah dana insentif yang didapatkan dari Prakerja secara bijak. Itulah penjelasan mengenai berapa lama proses evaluasi kartu Prakerja. Semoga program Prakerja ini dapat bermanfaat bagi kamu. 

Prakerja Skill Academy

Gulman Azkiya