8 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Malas saat Bekerja

Gulman Azkiya Mei 11, 2022 • 8 min read


cara-menghilangkan-rasa-malas

Kamu sering tidak bersemangat saat bekerja? Yuk, simak tips dan cara menghilangkan rasa malas berikut.

--

“Yaaaah, besok senin nih…”
Hayo ngaku, siapa nih yang kurang suka sama hari senin? Biasanya hal ini bisa disebabkan karena rasa malas untuk melakukan berbagai aktivitas, khususnya bekerja. Tapi tenang guys, bagi kamu yang ingin terlepas dari hal tersebut, berikut adalah cara menghilangkan rasa malas saat bekerja. 

1. Atur kembali tujuanmu

Semua orang pastinya memiliki tujuan. Apakah kamu juga? Jika iya, maka coba yakinkan dirimu kembali bahwa hal yang sedang kamu lakukan ini adalah untuk mencapai tujuanmu. 

Namun selain hal tersebut, penting untuk dipikirkan kembali, apakah tujuan yang ingin dicapai tersebut realistis atau tidak. Tidak jarang beberapa dari kita sering terjebak pada tujuan yang mustahil untuk dicapai. Adapun mustahil dalam hal ini adalah tujuan yang kamu rencanakan dalam waktu dekat. 

Kamu perlu mengatur kembali, apakah hal yang saya lakukan saat ini sesuai dengan rencana saya untuk mencapai tujuan tersebut. Di sisi lain, ketika kamu terlalu memaksakan tujuan yang sepertinya mustahil, maka akan berdampak terhadap semangat dan kinerjamu. Dikutip dari healthline.com, menetapkan tujuan yang tidak realistis dan mengambil terlalu banyak pekerjaan dapat menyebabkan kelelahan. Kelelahan kerja dapat menyebabkan kehilangan minat dan motivasi.

Oleh sebab itu, hindari memaksakan untuk mengambil pekerjaan yang terlalu banyak dengan maksud untuk mencapai tujuanmu. Dari pada kamu nantinya terbebani dan kehilangan minat, cobalah untuk menetapkan tujuan yang lebih kecil dengan  waktu yang bisa kamu capai. 

2. Buat daftar rencana harian

Langkah selanjutnya adalah membuat rencana harian dengan menetapkan aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan di hari tersebut. Kamu bisa mengawalinya dengan membuat catatan kecil yang berisi daftar tugas-tugas yang harus diselesaikan. 

Agar kamu tidak kebingungan, kamu dapat menyusunnya dari yang paling gampang hingga yang paling sulit. Selain itu, dengan memiliki daftar tersebut, kamu dapat menentukan prioritas utama dari tugasmu. Sehingga pada saat mengawali hari, kamu sudah mengetahui hal apa yang harus kamu lakukan. Hal ini dapat mencegah rasa malas di pagi hari karena kebingungan untuk menentukan aktivitas yang akan dilakukan.

Ikuti kelas: Siapkan Diri dan Dapatkan Pekerjaan

3. Terapkan two-minute rule

Bagi kamu yang sudah bosan mendengarkan nasihat untuk "jangan menunda-nunda pekerjaan", maka cara ini dapat kamu gunakan sebagai gantinya. Yap,  two-minute rule atau aturan dua menit. 

Pada dasarnya aturan ini dapat kamu terapkan di berbagai aktivitas, seperti kebiasaan baru atau pekerjaan sehari-hari. Two-minute rule adalah ketika sebuah aktivitas dapat kamu selesaikan kurang dari 2 menit, maka lakukan langsung. Inti dari aturan ini yaitu melakukan aktivitas dari hal-hal kecil seperti membalas email, mengecek jadwal harian, atau sekedar menandai pekerjaan yang telah selesai sebelumnya.

Selain itu, two-minute rule ini sangat cocok diterapkan untuk mengawali aktivitasmu. Karena dapat menjadi pemicu awal untuk bekerja. Dengan melakukan suatu aktivitas sederhana, kamu telah melakukan hal yang bermanfaat dari pada membuang-buang waktu karena malas. Oleh karena itu, two-minute rule ini juga dinilai efektif untuk mencegah menumpuk-numpuk pekerjaan. 

4. Tumbuhkan kembali motivasimu

Ketika kamu memiliki sebuah tujuan, maka biasanya kamu sadar bahwa pekerjaan yang kini sedang kamu lakukan adalah untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, terkadang kita lupa mengenai tujuan melakukan sesuatu. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi motivasimu dalam bekerja. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat menumbuhkan motivasimu dengan mengingat kembali apa sebenarnya tujuanmu, misalnya seperti, 

  • Apakah nantinya akan sia-sia jika saya tidak sungguh-sungguh mengerjakan pekerjaan saat ini?
  • Bagaimana dengan performa saya dapat meningkat dengan cara kerja yang seperti ini?
  • Apakah kemampuan saya akan meningkatkan, jika hanya bekerja dengan malas-malasan?

5. Berbicaralah kepada diri sendiri

Sejalan dengan menumbuhkan motivasi dalam diri, kamu juga bisa melakukan self talk atau berbicara kepada dirimu sendiri. Dari pada kamu mengeluh terhadap pekerjaanmu sambil mengatakan 

"Tidak mungkin saya bisa menyelesaikan ini,"

Atau 

"Ah males, ini kerjaan banyak banget"

Kamu dapat meyakinkan dirimu dengan mengatakan

"Saya akan menyelesaikan secepatnya"

Atau berbicara kepada diri sendiri

“(Nama Kamu), Kamu bisa melakukan pekerjaan ini”

Dikutip dari PsychCentral, selama bertahun-tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa self-talk dapat meningkatkan produktivitas, motivasi dan kepercayaan diri, dan bahkan membantu mengatur emosi. Hal ini dapat mencegah kamu untuk berpikiran negatif sehingga menurunkan motivasi dan memunculkan rasa malas.

(Giphy)

6. Hindari segala gangguan

Umumnya gangguan ini dapat berbagai bentuk, mulai dari benda hingga situasi. Selain itu, gangguan ini bisa berubah menjadi alasan untuk menunda pekerjaan. 

Contohnya, karena lingkungan kerja yang kurang nyaman,

“Ah, berisik sekali nih meja sebelah, bikin jadi gak fokus aja. Kalau gini, ntar aja deh nyelesain kerjaannya” 

Nah, bagi kamu yang membutuhkan fokus dan konsentrasi saat bekerja, gangguan seperti contoh di atas mungkin dapat mengganggumu.  Oleh karena itu, menghindari gangguan  tersebut dapat menjadi solusi agar kamu dapat tetap fokus misalnya seperti, mengganti situasi dengan pindah ke tempat yang lebih tenang. 

Namun, jika gangguan tersebut berbentuk benda, cobalah menyingkirkannya dari pandanganmu. Contohnya,  gadget yang menarik perhatianmu untuk membuka media sosial. 

tips-menghilangkan-rasa-malas-saat-bekerja

7. Minta kritik dan saran dari orang terdekat

Tak ada salahnya meminta saran dari orang-orang yang dipercaya. Hal ini juga bisa terkait dengan rasa malas yang sering menghampirimu.

Misalnya, saat di tempat kerja, cobalah minta saran dan kritik dari temanmu mengenai kinerjamu. Jika kamu sering merasa malas beberapa waktu terakhir, coba ceritakan kondisimu dan mintalah solusi dari masalah tersebut. Dikutip dari verywellmind.com, ketika seseorang yang penting bagi kita menyebut kita malas, itu benar-benar dapat mempengaruhi cara kita melihat diri kita sendiri bahkan hingga dewasa. 

Oleh karena itu, meminta saran dan kritik, dapat memberikan pandangan baru terhadap hidup. Sehingga hal ini tentunya dapat membantumu terhindar dari rasa malas. 

Baca juga: 8 Cara Terbaik untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk saat Bekerja

8. Berikan dirimu hadiah

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah memberikan self reward atau hadiah atas tugas-tugas yang telah kamu selesaikan. Kamu dapat menyediakan waktu khusus untuk memanjakan dirimu seperti, pergi berlibur, belanja makanan favorit, atau melakukan hobimu. 

Dengan memberikan hadiah ini, kamu dapat mendapatkan berbagai manfaat seperti, 

  • Menumbuhkan motivasi
  • Meningkatkan produktivitas 
  • Memberikan dampak positif bagi kesehatan mental mu

Namun, perlu diingat, bahwa kamu harus mengetahui batas untuk memberikan hadiah kepada dirimu. Jangan karena alasan self reward kamu malah menjadi orang yang boros karena memberikan hadiah setiap saat. 

 

Nah gimana guys, semoga dapat dicoba dan rasa malasnya bisa menyingkir dari dirimu. Itulah beberapa cara menghilangkan rasa malas pada saat kerja. Di samping itu, jika kamu tertarik untuk mengembangkan skill khususnya untuk berkarier di dunia kerja, kamu dapat langsung menuju ke Skill Academy. Karena di Skill Academy kamu dapat mengikuti berbagai kelas menarik dengan materi yang tentunya mendalam dan juga spesifik. Jadi tunggu apa lagi, yuk upgrade kemampuanmu untuk masa depan yang lebih baik. 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi

Clarke, Jody. (2021). How to Stop Being Lazy. https://www.verywellmind.com/how-to-stop-being-lazy-4164781 [Daring] (Diakses 9 Mei 2022)

Holland, Kimberly. (2021). Positive Self-Talk: How Talking to Yourself Is a Good Thing. https://www.healthline.com/health/positive-self-talk#practice-daily  [Daring] (Diakses 9 Mei 2022)

Law, Thomas. (2021). Why Am I So Lazy? How To Stop Being Lazy And Take Control. https://www.oberlo.com/blog/how-to-stop-being-lazy [Daring] (Diakses 9 Mei 2022)

Longhurst, Adrienne. (2019). 17 Healthy and Practical Ways to Break Out of Laziness. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-being-lazy [Daring] (Diakses 9 Mei 2022)

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar