3 Tips dan Cara Negosiasi Gaji saat Interview dengan HRD

Devi Lianovanda Des 22, 2020 • 3 min read


SA_-_Cara_Menjawab_Saat_Ditanya_-Berapa_Gaji_Yang_Anda_Harapkan-_Saat_Interview!-01

Wawancara kerja merupakan tahapan yang penting. Dilansir dari glassdoor.com, hanya sekitar 2% yang berhasil lolos tahap screening CV, dan dari 2% tersebut sebanyak 80%nya gagal dalam tahap wawancara. Ketika mengikuti sebuah wawancara tentu Kamu akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang terbilang sulit. Salah satu pertanyaan tersebut adalah mengenai gaji yang Kamu harapkan apabila diterima di perusahaan tersebut.  

Kamu mungkin telah memiliki patokan gaji yang tersendiri, namun Kamu perlu menjawab pertanyaan ini dengan tepat agar mendapatkan gaji sesuai harapan. Berikut beberapa cara untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ya!

Riset dan berikan kisaran

Sebelum melakukan wawancara kerja Kamu perlu melakukan riset. Riset ini bukan hanya mencari informasi dan latar belakang perusahaan atau deskripsi pekerjaan yang Kamu lamar. Kamu juga perlu melakukan riset mengenai kisaran gaji yang bisa Kamu dapatkan apabila bekerja di perusahaan tersebut. Cari tahu informasi mengenai UMR daerah tersebut dan gaji dari jenis pekerjaan yang sama. Setelah melakukan riset, Kamu akan memiliki gambaran mengenai jumlah gaji dan memiliki kisaran yang dapat Kamu ajukan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

business-financial-concept-with-magnifying-glass-question-mark-yellow-background-flat-lay_176474-6555

(Sumber: freepik.com)

Sesuaikan dengan kemampuan

Selanjutnya, Kamu dapat menjawab pertanyaan ini dengan menyesuaikan gaji dan kemampuanmu. Untuk mendapatkan jumlah gaji yang Kamu inginkan, maka Kamu harus mampu meyakinkan recruiter mengenai pengalaman, pencapaian, kemampuan, dan prestasi yang Kamu miliki. Dengan mengetahui kemampuan dan menyebutkan hal tersebut kepada recruiter, dapat memperbesar kemungkinan recruiter untuk memberikan gaji di atas ekspektasi karena melihat bahwa Kamu adalah seseorang yang kompeten untuk mengisi posisi yang dibutuhkan perusahaan. 

(Sumber: giphy.com)

Sebutkan gaji terakhir Anda

Apabila Kamu sudah pernah bekerja, pertanyaan ini dapat Kamu jawab dengan menyebutkan jumlah gaji terakhir yang Kamu terima di tempat kerja sebelumnya. Dengan memberitahu jumlah gaji terakhir Kamu, recruiter dapat mempertimbangkan gaji yang dapat Kamu terima. Recruiter juga mungkin akan memberikan tawaran gaji lebih besar daripada gaji terakhir dengan mempertimbangkan kemampuan dan pengalaman mu.

money-2291852_640

(Sumber: freepik.com)

Saat ditanya mengenai ekspektasi gaji yang Kamu harapkan, ini merupakan awal dari sebuah negosiasi agar kedua pihak tidak saling merugikan. Oleh karena itu, Kamu harus mengetahui teknik-teknik negosiasi yang baik agar dapat memperoleh gaji sesuai yang Kamu harapkan. 

Apabila Kamu belum mengetahui cara untuk mendapatkan gaji sesuai harapan dengan negosiasi, Kamu dapat mengikuti kelas Dapatkan Gaji yang Sesuai Melalui Teknik Negosiasi dari Skill Academy. 

Itulah beberapa cara untuk menjawab pertanyaan mengenai gaji yang Anda harapkan ketika mengikuti wawancara kerja. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

   #MudahUpgradeSkill di Skill Academy!

Beri Komentar