5 Cara Praktis Membuat Grafik di Microsoft Word

Gulman Azkiya Jun 23, 2022 • 6 min read


Cara-membuat-grafik-di-word-1

Artikel ini membahas mengenai cara membuat diagram atau grafik di word.

--

Halo guys, kali ini ada tips nih agar data pada pekerjaan atau skripsimu menjadi lebih menarik. Yap, yaitu dengan cara membuat grafik di word.

Hmm, emang bisa ya?

Bisa dong, selain di MS Excel, kamu juga bisa membuat grafik di Microsoft Word. Mulai dari Word 2007, 2010, 2013, hingga dengan seri terbaru. 

Seperti yang kamu ketahui MS Word merupakan salah satu software yang banyak digunakan untuk berbagai pekerjaan, khususnya yang berhubungan dengan dokumen, seperti membuat laporan, penelitian, dan lain-lain. Oleh karena itu, tanpa basa basi lagi, berikut adalah cara buat grafik di word. Check it out.

1. Pilih Insert pada menu bar

Langkah pertama untuk membuat grafik di word adalah memilih insert pada menu bar di pojok kanan atas.

2. Klik ikon chart yang berbentuk grafik

Nantinya setelah kamu memilih insert akan ada beberapa pilihan ikon. Untuk membuat grafik pilih lah ikon dengan tulisan chart.

Insert-grafik

3. Pilih jenis grafik

Setelah kamu memilih ikon chart, akan muncul beberapa pilihan grafik atau diagram. Mulai dari grafik batang (column), grafik garis (line), pie, dan lain-lain. Kemudian pilih grafik yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan data mu.

jenis-grafik-word

4. Masukkan data ke dalam grafik

Setelah kamu memilih jenis grafik yang diinginkan, nantinya akan muncul halaman spreadsheet (Excel) dengan ukuran kecil. Adapun halaman spreadsheet tersebut berfungsi untuk mengisi data yang akan digunakan pada grafik.

Memasukkan-data

Sebelum kamu mengisi spreadsheet, grafik yang muncul akan berisi data secara default. Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengisi spreadsheet tersebut agar grafik yang muncul sesuai dengan data yang ingin ditampilkan.

Lalu bagaimana kalau data yang ingin dibuat grafik memiliki jumlah yang banyak?

Tenang guys, jika kamu ingin memasukkan data dengan jumlah banyak, kamu bisa klik dua kali bagian menu bar pada halaman spreadsheet atau memilih ikon kecil yang berbentuk logo MS Excel. 

Di samping itu, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan data pada grafik, kamu dapat mengecek terlebih dahulu baris dan kolom pada data telah terisi dengan benar.

Ikuti kelas: Microsoft Office untuk Pekerja (Microsoft Excel, Powerpoint, dan Word)

5. Atur tampilan grafik

Setelah mengisi spreadsheet, nantinya grafik akan muncul dengan isi yang sesuai dengan data yang dimasukkan. Misalnya, pada contoh dibawah. Kamu bisa melihat pada gambar sebelumnya spreadsheet telah diisi dengan data pemasukkan selama satu semester/6 bulan. Jika kamu perhatikan, maka grafik yang muncul sesuai dengan data yang telah dimasukkan sebelumnya. 

Mengatur-grafik

Selain itu, kamu juga bisa mengatur grafik. Caranya kamu tinggal mengklik grafik tersebut, dan akan muncul beberapa ikon pengaturan yang bisa kamu pilih. 

  • Layout options
    Ikon yang memiliki bentuk seperti tapal kuda ini, berfungsi mengatur posisi grafik. Posisi grafik tersebut bisa diatur misalnya, di antara teks, di dalam teks, atau di belakang teks.
  • Chart elements
    Ikon yang berbentuk (+) ini berfungsi untuk mengurangi atau menambah elemen grafik dan unsur-unsur tambahan lainnya. Misalnya, garis bantu atau memasukkan tabel data ke dalam grafik
  • Style
    Ikon yang berbentuk kuas ini berfungsi untuk mengubah bentuk grafik seperti, tema warna, dan tampilannya.
  • Values
    Ikon yang berbentuk seperti corong ini berfungsi untuk menambah atau menghilangkan series dan kategori seperti tabung dan nama bulan pada grafik.


Baca juga: 5 Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel dengan Mudah

Memasukkan grafik dari Excel ke Word

Tak jarang, beberapa data dan grafik yang ada di Ms Excel harus dimasukkan ke dalam word untuk kelengkapan dokumen. Oleh sebab itu, berikut adalah cara memindahkan grafik yang ada di excel ke word.

1. Buka grafik yang di Ms Excel

Pilihlah data dan grafik yang ada di Ms Excel.

2. Copy grafik

Setelah menemukan grafik yang ingin kamu pindahkan, lalu klik kanan dan pilih copy atau tekan Ctrl +C.

3. Paste dan pindahkan

Pilihlah dokumen word yang diinginkan untuk menempatkan grafik tersebut. Setelah itu, kamu bisa menekan Ctrl+V pada keyboard atau klik kanan lalu pilih paste

4. Atur data grafik yang telah dipindahkan

Setelah kamu memindahkan grafik, kamu juga dapat mengatur data dari grafik tersebut langsung dari word. Sehingga kamu tidak usah kembali ke halaman excel mu. Adapun caranya yaitu, 

  • Pilih Design pada menu bar
  • Pilih ikon yang berbentuk tabel dengan tulisan edit data 
  • Kemudian tabel data dari grafik yang dipindahkan dari excel akan muncul

edit-data-grafik-word

Gimana? Gampang kan buat grafik di word. Itulah salah satu cara untuk membuat grafik di word. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuanmu dalam menggunakan Ms Office seperti Word, Excel, dan lain-lain, langsung saja menuju Skill Academy. Karena di Skill Academy kamu dapat mempelajari berbagai topik teknologi seperti penggunaan MS Office dalam dunia kerja. Jadi tunggu apa lagi, ayo upgrade skill-mu

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar