Apa Itu Bootcamp? Yuk, Ketahui Pengertian dan 6 Manfaatnya!

Devi Lianovanda Sep 1, 2022 • 7 min read


bootcamp adalah

Bootcamp merupakan program pelatihan dengan waktu yang singkat namun intensif. Kamu bisa meningkatkan technical skill yang dibutuhkan di industri yang kamu minati melalui bootcamp. Yuk, ketahui apa itu bootcamp dan manfaatnya berikut ini!

Istilah bootcamp mungkin sudah sering terdengar dan tidak asing lagi buat kamu. Bootcamp adalah sebuah program pelatihan untuk belajar skill tertentu. Saat ini, terdapat banyak program bootcamp dan jumlah peminatnya juga banyak. Dari sebuah bootcamp, kamu bisa belajar technical skill tertentu yang dibutuhkan dunia kerja atau karier impianmu.

Kenapa banyak orang ikut bootcamp? Hal ini karena bootcamp menawarkan banyak manfaat, antara lain: bisa belajar dari 0 bersama ahlinya, mendapat teman baru, menguasai skill baru, biaya lebih affordable, dan masih banyak manfaat lainnya.

Jika kamu tertarik meningkatkan skill dengan ikut bootcamp, yuk ketahui lebih dalam tentang bootcamp dan manfaatnya!

Apa itu bootcamp?

Bootcamp adalah program pelatihan yang dilakukan secara intensif dengan materi yang telah disusun agar relevan dengan karier di bidang tertentu. Dulu, kebanyakan bootcamp hanya untuk bidang IT saja, contohnya bootcamp coding. Tapi, seiring berjalannya waktu, kini sudah banyak bootcamp untuk berbagai bidang keahlian, misalnya Digital Marketing, Staff Administrasi, UI/UX, SEO, Copywriting, dan masih banyak lagi.

Umumnya, bootcamp berfokus pada beberapa keterampilan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Contohnya, SEO, visualisasi data, Data analytics, Digital marketing, Microsoft Excel, Copywriting, UI/UX, Software Engineering, dan lainnya.

Berkat perkembangan teknologi, bootcamp dapat dilakukan secara synchronous (live online bootcamp) dan asynchronous (online bootcamp). Apa itu? Ini penjelasannya!

  • Synchronous (live online bootcamp): instruktur dan peserta bootcamp bertemu dalam sebuah media untuk berdiskusi. Biasanya kelas dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Instruktur dan peserta bootcamp dapat berinteraksi melalui media yang digunakan. Misalnya, video call, online meeting menggunakan Zoom atau Google meet, chatting, dan lainnya.
  • Asynchronous (online bootcamp): bootcamp dilakukan tanpa jadwal yang mengikat. Peserta dapat secara mandiri mengakses dan menyelesaikan materi belajar serta tugas yang diberikan sesuai tenggat waktu. Dalam online bootcamp, peserta dan instruktur tidak dapat berinteraksi secara langsung. Jika kamu adalah pekerja penuh waktu yang memiliki banyak agenda, maka pelatihan secara online ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya, apakah bootcamp sama dengan kursus online? Keduanya memang mirip, sama-sama memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan tertentu. Namun, keduanya berbeda. Kursus online umumnya berlangsung lebih singkat dibanding bootcamp. Selain itu, bootcamp menawarkan dasar yang lebih luas dari setiap keterampilan yang dipelajari. Hal ini tentu dapat membantu kamu dalam mempersiapkan diri memulai karier impian atau mengejar peluang karier baru. Biasanya, bootcamp dilakukan dalam jangka waktu sekitar 12-48 minggu.

Baca juga: Apa Itu Karir? Berikut Penjelasan, Jenjang, dan Cara Menyusun Perencanaannya!

Apa saja manfaat bootcamp?

Bootcamp merupakan program yang menawarkan berbagai manfaat seperti berikut ini:

1. Belajar dari mentor/praktisi berpengalaman

Dalam sebuah bootcamp, kamu akan belajar technical skill tertentu langsung dari mentor atau praktisi profesional yang berpengalaman. Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk bisa belajar sebanyak-banyaknya agar bisa menguasai suatu skill dengan baik dan maksimal. Dengan belajar bersama ahli, tentu lebih banyak yang akan kamu pahami dibandingkan belajar sendiri.

2. Dapat membangun portofolio melalui real project

Portofolio merupakan dokumen yang berisi kumpulan karya yang dapat membuat kamu memiliki nilai lebih di mata perekrut. Jika kamu belum memiliki portofolio yang sesuai, kamu bisa membangunnya dengan mengikuti bootcamp. Dalam program ini, biasanya akan ada tugas atau project yang harus dikerjakan. Nah, tugas atau project ini bisa kamu gunakan sebagai portofolio. Misalnya, kamu mengikuti bootcamp Digital Marketing dan memiliki portofolio membuat Facebook Ads, Google Ads, Landing Page, Market Analysis, dan lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Portofolio yang Menarik dan Profesional!

3. Bertemu orang baru dan membangun networking

Kamu akan bertemu banyak peserta dengan latar belakang yang berbeda-beda dalam sebuah bootcamp. Beberapa tugas juga dapat dikerjakan secara berkelompok. Hal ini merupakan kesempatan baru untuk berjejaring. Kamu bisa bertukar pikiran, berdiskusi, mendapatkan ide-ide baru, dan membangun hubungan yang baik.

apa itu bootcamp

Dengan networking, kamu bisa saling membantu mendapatkan pekerjaan, mendapat saran tentang karier, membuka bisnis bersama, dan lainnya. Membangun hubungan dengan orang lain juga membantu kamu belajar berkomunikasi, kolaborasi atau kerja sama, dan interpersonal skills lainnya.

4. Kesempatan mendapatkan peluang karier baru

Setiap pekerjaan tentu memerlukan technical skill tertentu. Misalnya Copywriter yang butuh skill Copywriting. Nah, kamu bisa belajar tentang skills apa saja yang dibutuhkan dunia kerja melalui bootcamp. Terutama bagi kamu yang masih fresh graduate dan bingung mau berkarier di bidang apa atau bingung mau mengasah skill apa. Atau sudah bekerja tapi ingin melakukan perubahan karier atau career switching, kamu bisa belajar skill yang dibutuhkan pekerjaan impianmu lewat bootcamp.

5. Bisa belajar skill baru dalam waktu yang singkat

Jika kamu ingin belajar skill baru dalam waktu yang cukup singkat, maka bootcamp jawabannya! Meskipun waktu belajarnya singkat, sekitar 12-48 minggu, tapi kamu akan mendapatkan pembelajaran yang intensif. Selain itu, sebuah bootcamp berfokus pada satu keterampilan. Misalnya bootcamp Product Management, SEO, Copywriting, Microsoft Excel, dan lainnya. Kamu juga akan mendapatkan real project sehingga bisa mengaplikasikan langsung ilmu yang sudah kamu dapatkan dan mengasah skill baru.

6. Meningkatkan nilai dan kualitas diri

Ketika belajar di sebuah bootcamp, tentunya kamu akan mengalami peningkatan keterampilan, memiliki portofolio yang sesuai, dan bisa belajar soft skill (komunikasi, kerja sama tim). Hal ini tentu bisa meningkatkan nilai jual dan kualitas kamu di mata HRD atau atasan. Dengan keterampilan yang sesuai, kamu bisa memperbesar peluang mendapat pekerjaan impian, memperoleh kenaikan upah atau gaji yang sesuai, mendapatkan pekerjaan baru, atau bahkan mendapat promosi.

Wah, ternyata manfaat ikut bootcamp banyak banget, ya! Selain itu, bootcamp juga terkenal memiliki biaya yang terjangkau. Tidak heran, banyak orang yang tertarik untuk mengikuti bootcamp. Nah, kabar baiknya, kini Skill Academy juga menghadirkan Skill Academy Career Acceleration Bootcamp (CAMP). Ini merupakan bootcamp yang diselenggarakan oleh Skill Academy. Kamu bisa memilih program yang bisa meningkatkan keterampilan dan kompetensi yang sesuai pekerjaan impianmu! Skill Academy CAMP dilakukan secara online (live) sehingga kamu bisa berinteraksi dengan mentor atau praktisi yang memberi materi. Tidak hanya itu, materi bootcamp di Skill Academy bisa diakses selamanya, lho!

Skill Academy CAMP menghadirkan mentor atau praktisi berpengalaman di bidangnya. Kamu bisa belajar dari 0 sampai andal bareng ahlinya!

Klik banner di bawah ini untuk tahu informasi lebih lanjut dan pilihan kelas bootcamp yang bisa kamu ikuti. Lagi banyak promo menarik, lho. Yuk, serbu, jangan sampai kehabisan!

skill academy camp

Simplilearn. 2022. ‘What is an Online Bootcamp and Why It Can Be the Best Thing for Your Career Right Now’ [daring]. Tautan: https://www.simplilearn.com/who-should-take-up-online-bootcamp-article (Diakses 30 Agustus 2022)

Iron Hack. ‘What is a Bootcamp? An Intensif Tech Course’ [daring]. Tautan:  https://www.ironhack.com/en/courses/what-is-a-tech-bootcamp (Diakses 30 Agustus 2022)

Magnimind. 2019. ‘Benefits of Bootcamps to Develop Technical Skills’ [daring]. Tautan: https://medium.com/swlh/benefits-of-bootcamps-to-develop-technical-skills-6000458a1966# (Diakses 31 Agustus 2022)

Parker, Bethanny. 2022. ‘What’s the Difference Between Online and Live Online Bootcamps?’ [daring]. Tautan: https://www.bestcolleges.com/bootcamps/guides/what-is-live-online/ (Diakses 31 Agustus 2022)

Profile

Devi Lianovanda

Content Writer at Ruangguru. Terima kasih sudah baca sampai sini!

Beri Komentar