Apa itu Vendor? Definisi, Tanggung Jawab, Cara Kerja, dan Jenisnya

Gulman Azkiya Jan 27, 2022 • 7 min read


vendor-adalah

Artikel ini membahas mengenai apa itu vendor, tanggung jawab, serta jenis-jenisnya. 

--

Halo guys, kamu pasti sudah tidak asing dengan kata vendor. Istilah yang sering digunakan di dalam dunia bisnis ini ternyata memiliki arti yang cukup penting lho. Tapi apa itu vendor? Vendor adalah istilah yang artinya pemasok dalam sebuah proses bisnis. Nah, bagi kamu yang mungkin tertarik berkarier atau bekerja sama dengan vendor, berikut adalah penjelasannya. 

Apa itu vendor?

Vendor adalah pihak yang berbentuk perusahaan yang memasok barang dan jasa ke konsumen atau bisnis lainnya. Dalam transaksi bisnis, vendor juga biasa memiliki peran sebagai produsen. Pada aktivitasnya, vendor tidak hanya bergantung pada hubungan antara penjual dan konsumen. Tapi, juga bisa berbentuk B2B yang dapat menyediakan berbagai bahan untuk produksi barang akhir. Selain itu, vendor juga bisa melakukan kerja sama dengan pemerintah (B2G) dalam menyediakan keperluan dari berbagai instansi. 

Secara umum, vendor memiliki peran penting dalam keberhasilan sebuah bisnis. Adapun alasanya karena mereka dapat mempengaruhi kinerja dari bisnis itu sendiri, khususnya dalam hubungan B2B. Misalnya, dalam memasok barang/bahan yang dibutuhkan dari produsen. Dikutip dari dynamiccap.com, menjaga hubungan dengan vendor merupakan hal yang tidak bisa dikesampingkan, karena hal tersebut dapat mempengaruhi layanan pelanggan, efisiensi biaya, kualitas, dan pengembangan pasar. Contohnya, sebuah bisnis memiliki hubungan yang tidak profesional dengan vendornya, maka berbagai hal dapat terjadi, misalnya keterlambatan pengiriman. Sehingga akan membuat kosongnya stok dan membuat pelayanan pelanggan terganggu karena ketidaktersediaan produk. 

Lalu apa bedanya vendor dengan supplier?

Dalam rantai pasokan, vendor biasanya berada pada posisi akhir yang terlibat dalam proses pembuatan dan penjualan barang. Adapun alurnya seperti,  Supplier>Produsen>Distributor>Vendor>Pelanggan. Yang mana secara sederhananya vendor membeli produk dari suatu perusahaan, dan kemudian menjualnya kepada pihak lain. Namun, vendor juga bisa menjadi supplier tergantung pada bentuk bisnis yang dilakukan. 

Sedangkan supplier biasanya lebih pada orang atau pelaku usaha yang menyediakan/menjual bahan utama kepada produsen atau pelaku usaha lainnya. Yang mana nantinya produsen tersebut akan mendistribusikan produknya kepada vendor. 

Ikuti kelas: Menyusun Strategi Pengaturan Harga Produk untuk Wirausaha

Tanggung jawab vendor 

Sebagai penghubung dalam rantai pasokan, vendor juga memiliki beberapa tanggung jawab kepada rekan bisnis mereka seperti, 

1. Memberikan produk yang berkualitas

Dalam memenuhi kebutuhan industri, vendor tidak cukup hanya mengandalkan harga, tetapi juga kualitas dari bahan yang mereka sediakan atau jual. 

2. Ketepatan waktu

Ketepatan waktu dapat menjadi penilaian kinerja dari sebuah vendor. Ketika vendor terlambat dalam mengirimkan produk, dapat membuat pelanggan merasa kurang nyaman dan membuat kerja sama yang mereka jalin tidak berjalan secara baik. 

3. Kejujuran

Dikutip dari work.chron.com, vendor juga memiliki tanggung jawab untuk jujur ​​kepada pelanggannya. Hal ini bisa berbentuk klaim tentang kualitas produk hingga dalam praktik transaksi. Selain itu, vendor harus menahan diri dari membebankan biaya yang berlebihan kepada pelanggan dan harus menyediakan produk/layanan yang tepat seperti yang dipesan oleh pelanggan.

4. Keamanan

Vendor memiliki tanggung jawab dalam mengelola keamanan dari produk yang mereka miliki. Ketika ingin mendistribusikan produk, seluruh rangkaian pengiriman harus dapat direncanakan dengan aman. Sedangkan dalam produksi, produk yang mereka hasilkan harus aman dari berbagai gangguan atau kegagalan. Misalnya pada produk bahan makanan, vendor harus dapat menjaga kebersihan dan kesterilan dari produk tersebut. 

Bagaimana vendor bekerja?

Pada dasarnya, cara kerja vendor berbeda-beda tergantung pada jenis dan posisinya dalam  rantai pasokan. Namun, agar kamu tidak semakin bingung, berikut adalah penjelasan sederhana dari cara kerja vendor dengan peran sebagai produsen atau grosir.

1. Pemesanan

Secara umum proses kerja vendor akan diawali dengan pelanggan yang melakukan pemesanan produk/bahan kepada vendor. Pemesanan tersebut dapat dilakukan dengan melalui internet atau cara lainnya. Nantinya dalam melakukan proses pemesanan, pihak vendor akan menjelaskan berbagai hal, mulai dari jenis barang yang dipesan, harga, tanggal pengiriman, hingga dengan persyaratan lainnya.

2. Penyiapan barang

Sebelum mengirimkan barang, vendor akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Mereka akan memeriksa ketersediaan/stok dan kondisi dari barang yang dipesan. Jika barang yang dipesan mengalami masalah seperti cacat atau tidak adanya stok maka penyelesaiannya tergantung pada posisi dari vendor. Jika vendor berperan sebagai produsen, maka mereka harus memproduksi kembali barang tersebut. Namun jika mereka berperan sebagai grosir, maka mereka harus melakukan pemesanan kembali kepada pihak produsen.

cara-kerja-vendor

3. Pengiriman

Selanjutnya adalah vendor akan memenuhi pesanan pembelian dengan mengumpulkan barang yang telah dipesan. Kemudian vendor akan mengirimkan barang atau jasa kepada pembeli sesuai dengan persyaratan yang diuraikan dalam pesanan pembelian. Selain itu, vendor juga akan mengirimkan faktur penjualan agar pembeli dapat melakukan pengecekan barang yang sesuai dengan pesanan mereka.

Baca juga: Perbedaan Reseller dan Dropshipper, Mana yang Lebih Menguntungkan?

4. Penerimaan barang/jasa

Setelah pembeli menerima barang atau jasa yang dipesan, mereka akan membandingkannya dengan faktur pembelian. Selanjutnya pembeli kemudian akan membayar pesanan tersebut, setelah mereka mengkonfirmasi rincian dalam faktur semuanya akurat.

5. Penggunaan barang

Selanjutnya, pembeli dapat menggunakan barang/jasa yang mereka pesan dari vendor untuk keperluan bisnis mereka atau menjualnya kembali sebagai produk akhir kepada konsumen.

Jenis vendor

1. Manufacturers/Produsen

Vendor dengan jenis produsen adalah orang, kelompok, atau perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi barang dari bahan mentah untuk dijual. Barang yang dibuat oleh produsen biasanya didistribusikan kepada pedagang besar atau pengecer yang kemudian menjual barang tersebut kepada konsumen yang menjadi pengguna akhir produk tersebut.

2. Pedagang grosir

Vendor grosir menangani pengadaan produk dengan membelinya dari produsen atau grosir lain. Kemudian mereka bertindak sebagai perantara, menjual kembali barang-barang tersebut ke sebuah toko eceran, distributor, pembeli lain, atau seseorang yang telah membuat akun bisnis dengan mereka.

jenis-vendor

3. Retailers/Pengecer

Dikutip dari indeed.com vendor dengan peran sebagai pengecer adalah individu atau perusahaan yang menjual barang kepada konsumen yang menjadi pengguna akhir produk. Mereka biasanya mendapatkan barang dari produsen kemudian menjualnya kembali kepada konsumen dengan harga yang berbeda. 

4. Penyedia layanan dan pemeliharaan

Vendor ini biasanya menyediakan produk dalam bentuk jasa seperti layanan dan pemeliharaan kepada bisnis lainnya. Contoh layanan yang ditawarkan misalnya seperti, transportasi, pendistribusian produk, konsultasi, dan mentaianance perihal akuntansi, perbankan, hingga asuransi. 

5. Vendor independen 

Vendor independen adalah individu atau pelaku usaha yang menjual barang kepada konsumen secara langsung.

 

Itulah penjelasan mengenai apa itu vendor. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk meningkatkan kemampuan khususnya di bidang bisnis atau pemasaran, langsung saja menuju ke Skill Academy. Karena kelas-kelas yang di Skill Academy memiliki materi yang menarik dan tentunya mendalam. Jadi tunggu apa lagi, yuk upgrade skill-mu.

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi

Gartenstein, Devra. (2021). Responsibilities of Vendors. https://work.chron.com/responsibilities-vendors-15327.html [Daring] (Diakses 24 Januari 2022)  

Grant, Mitchell. (2021). Vendor. https://www.investopedia.com/terms/v/vendor.asp [Daring] (Diakses 24 Januari 2022)

Indeed.com. (2021). What Is a Vendor?.  https://www.indeed.com/career-advice/career-development/what-is-a-vendor [Daring] (Diakses 24 Januari 2022)  

Masterclass.com. (2021). What Is a Vendor? 4 Types of Vendors in the Supply Chain. https://www.masterclass.com/articles/what-is-a-vendor#4-examples-of-vendors [Daring] (Diakses 24 Januari 2022)  

Nicole. (2018). The Importance of Vendor/Supplier Relationships. https://www.dynamiccap.com/the-importance-of-vendor-supplier-relationships/ [Daring] (Diakses 24 Januari 2022)  

Surbhi. (2017). Difference Between Vendor and Supplier. https://keydifferences.com/difference-between-vendor-and-supplier.html [Daring] (Diakses 24 Januari 2022)  

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar