Mengenal Telemarketing, Deskripsi Pekerjaan, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Mengenal Telemarketing, Deskripsi Pekerjaan, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan - Skill Academy

Bagi kamu yang ingin berkarier di dunia marketing, tetapi enggan bertemu orang banyak, telemarketing adalah solusi karier untukmu! Yuk, kenalan dengan profesi telemarketing di sini!

“Halo selamat siang? Perkenalkan saya Lina dari brand A, kebetulan kami ingin menawarkan diskon berupa produk terbaru kami kepada Bapak/Ibu.”

Pernahkah kamu menerima telepon dengan bentuk percakapan yang sama? Jika pernah, Itu merupakan salah satu aktivitas yang disebut dengan telemarketing. Apa itu telemarketing? Jika dilihat dari aktivitasnya, telemarketing adalah pekerjaan yang erat kaitannya dengan komunikasi menggunakan telepon. Namun, apakah hanya proses komunikasi yang dilakukan melalui panggilan telepon? Nah, bagi kamu yang tertarik dengan pekerjaan ini, yuk, mari kita cari tahu bersama.

 

Apa itu telemarketing?

Telemarketing adalah salah satu teknik pemasaran yang pada aktivitasnya memberikan informasi dan menawarkan  produk melalui telepon kepada konsumen. Sementara itu, telemarketer adalah orang yang melakukan telemarketing untuk mendapatkan konsumen. Telemarketing umumnya hampir terdapat di semua jenis industri, mulai dari telekomunikasi, jasa, hingga perbankan. Hal yang ditawarkan pun juga bermacam-macam, mulai dari produk dan jasa, layanan asuransi, hingga meminta donasi.

 

Tugas telemarketer

Selain melakukan panggilan kepada pelanggan, ternyata masih ada beberapa hal yang menjadi tugas dalam telemarketing. Berikut adalah beberapa tanggung jawab dan tugas dari seorang telemarketer.

1. Melakukan panggilan via telepon kepada calon pelanggan

Job desk telemarketing yang cukup penting adalah melakukan penawaran dan membujuk pelanggan agar mau mendengarkan penjelasanmu. Hal ini tentunya dapat terlaksana dengan menghubungi calon pelanggan melalui telepon secara baik. Nantinya akan ada skrip yang menjadi pedoman selama melakukan pembicaraan dengan konsumen. Skrip tersebut umumnya berisi mengenai info dan detail produk yang akan kamu tawarkan. Selain itu, jika kamu tertarik untuk mendalami skill telemarketing, kamu dapat klik banner di bawah ini untuk mengikuti kelasnya.

[IDN] CTA Blog Kelas Telemarketing Skill Academy 2

 

2. Menjelaskan produk

Sebagai seorang telemarketer, kamu tidak hanya sekedar menawarkan produk. Kamu juga harus dapat menjelaskan tentang produk atau jasa dengan baik. Penjelasan tersebut harus jelas, detail, dan tentunya harus menarik. Adapun untuk dapat melakukan hal ini, kamu tentunya harus memiliki pemahaman yang baik terhadap produk yang akan ditawarkan kepada calon pelanggan.

 

3. Menjawab pertanyaan dan panggilan dari pelanggan

Menjawab pertanyaan pelanggan merupakan salah satu tugas inti dari telemarketer. Ketika pelanggan tertarik dengan pembicaraan yang kamu lakukan, biasanya mereka akan menanyakan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini bisa berupa harga, kelebihan, manfaat, dan juga jenis lain sehingga pada saat menjawab pertanyaan tersebut coba fokus pada pertanyaan yang ditanyakan agar kamu bisa menjawab dengan tepat. Selain itu, nantinya kamu juga akan melayani berbagai macam panggilan dari pelanggan, seperti keluhan dan pemesanan (order) produk.

 

4. Menindaklanjuti pelanggan sebelumnya untuk penjualan potensial

Nantinya seorang telemarketer juga bertugas untuk menindaklanjuti pembicaraan yang dilakukan dengan pelanggan sebelumnya. Ketika mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan, kamu harus dapat memproses permintaan pelanggan tersebut, seperti mengarahkannya ke bagian penjualan untuk melanjutkan proses pembelian produk.

 

5. Melacak pelanggan yang telah dihubungi

Setelah memberikan informasi dan penawaran, kamu dapat mengetahui mana saja pelanggan yang tertarik dengan produk yang ditawarkan dan juga yang tidak. Sebagai seorang telemarketer atau telesales kamu harus dapat membuat daftar dari pelanggan-pelanggan tersebut sehingga dapat mengetahui pelanggan mana saja yang bisa dihubungi kembali dan mana yang tidak.

 

6. Memelihara catatan kontak pelanggan

Selain melacak pelanggan, seorang  yang berkarier di telemarketing juga bertanggung jawab untuk memelihara catatan kontak pelanggan. Dengan memiliki catatan tersebut, kamu akan dengan mudah untuk menemukan kontak pelanggan yang tertarik atau pernah membeli produk yang ditawarkan. Hal ini berfungsi untuk melakukan penawaran kembali di masa depan dan membangun hubungan jangka panjang.

mencatat kontak pleanggan

(pexels.com)

 

7. Melakukan survei pelanggan

Survei ini penting dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang pelanggan potensial. Dengan info tersebut kamu nantinya bisa menghubungi kembali mereka yang dirasa potensial untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Selain itu, survei ini dapat meningkatkan layanan berdasarkan umpan balik yang diterima langsung dari pelanggan yang pernah dihubungi.

 

Gaji telemarketer

Tidak jauh berbeda dengan pekerjaan di bidang marketing lainnya, telemarketer juga memiliki beberapa tingkatan karier serta tugas. Di samping itu, setiap jabatannya memiliki masing-masing tingkatan gaji. Dikutip dari Indeed.com, rata-rata gaji staff telemarketing di Indonesia adalah sebesar Rp4.000.000.

 

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi telemarketer yang baik

Sebagai seorang yang akan bekerja di dunia telemarketing, kamu harus memiliki skill agar dapat menjadi telemarketer yang profesional. Berikut adalah beberapa skill tersebut.

1. Marketing

Skill yang harus kamu kuasai agar dapat menjadi telemarketer yang baik adalah pengetahuan marketing, seperti pemahaman pasar dan juga demografi calon pelanggan (usia, pekerjaan, gender, dan lainnya). Nantinya, kamu tidak bisa sembarangan untuk melakukan panggilan. Kamu harus memahami mengenai pasar dan target konsumen dari bisnis perusahaan sehingga strategi pemasaran yang direncanakan bisa berjalan dengan lancar. Umumnya, ketika kamu memiliki pemahaman mengenai pemasaran atau strategi marketing, hal ini dapat menjadi modal yang sangat baik untuk perkembangan kariermu di dunia telemarketing.

 

2. Kemampuan komunikasi yang baik

Ini merupakan kemampuan yang paling penting yang harus dimiliki oleh seorang telemarketer. Kemampuan komunikasi yang baik dapat menjadi kunci lancarnya sebuah percakapan hingga proses penawaran produk. Dari beberapa kemampuan tersebut,  berikut adalah hal yang perlu kamu miliki dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan.

  • Memiliki kecepatan yang baik dan nada yang tepat

Kebanyakan telemarketer memiliki kecepatan berbicara yang cepat dengan nada yang hampir terdengar sama. Hal ini membuat kamu seperti telemarketer biasa. Telemarketer yang baik dapat melakukan pembicaraan yang santai dengan kecepatan dan nada yang tidak terkesan kaku. Oleh karena itu, kamu harus dapat membuat pembicaraan yang dilakukan terkesan santai namun, tetap sopan (formal).

skill telemarketing

  • Dapat membangun pembicaraan yang nyaman dengan pelanggan

Hal ini dapat berupa pembicaraan yang mengalir. Sebisa mungkin coba untuk tidak terpaku pada skrip. Dikutip dari gsa-marketing.co.uk, telemarketer yang efektif terdengar nyaman, santai, dan menggunakan bahasa alami. Semakin sering kamu menggunakan kalimat pembuka, seperti ‘Bagaimana kabar Anda hari ini?’ akan semakin terlihat seperti text-book atau menghafal.  Jadi, cobalah untuk menggunakan pendekatan awal yang menarik dan sopan sehingga calon konsumen merasa nyaman. Oleh sebab itu, memiliki pengetahuan mengenai konsumen sangat penting.

Baca juga: 8 Cara Berkomunikasi yang Baik di Tempat Kerja

 

3. Keterampilan manajemen waktu

Selain memiliki skill komunikasi, kamu harus dapat mengelola tugas-tugas yang dilakukan dengan baik, seperti mencatat data pelanggan, memeriksa email, dan melakukan panggilan telepon. Selain itu, kamu juga harus mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk menghubungi pelanggan melalui telepon. Pastinya berdasarkan demografi pelanggan, kamu bisa mengetahui jam-jam sibuk mereka sehingga kamu bisa mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan panggilan.

Gimana guys? Apakah kamu tertarik untuk bekerja sebagai seorang telemarketer? Itulah penjelasan mengenai telemarketing. Bagi kamu yang ingin menambah kemampuan baru, khususnya untuk persiapan karir dan pekerjaan, yuk langsung saja menuju Skill Academy. Di Skill Academy, terdapat berbagai kelas pelatihan dengan materi Sukses Kerja dan juga instruktur yang profesional. Ayo makin siap berkarier dengan ikut Kelas Sukses Kerja.

[IDN] CTA Blog Kelas Telemarketing Skill Academy 2Referensi

Careerexplorer.com (2017). What does a telemarketer do? https://www.careerexplorer.com/careers/telemarketer/ [Daring] (Diakses  26 Juli 2021)

Gsa-marketing.co.uk (2016). 10 Telemarketing Tips for Beginners. https://gsa-marketing.co.uk/10-telemarketing-tips-for-beginners/ [Daring] (Diakses  27 Juli 2021)

Kenton, Will (2020). Telemarketing. https://www.investopedia.com/terms/t/telemarketing.asp [Daring] (Diakses  26 Juli 2021)

Gulman Azkiya