Staff Marketing: Pejelasan, Gaji, Tugas, dan Skill yang Harus Dimiliki

Staff Marketing: Pejelasan, Gaji, Tugas, dan Skill yang Harus Dimiliki - Skill Academy

Artikel ini membahas mengenai profesi staff marketing mulai dari tugas hingga skill yang harus dikuasai.

Halo guys, kali kita akan membahas salah satu pekerjaan yang pastinya hampir ada di setiap bisnis. Yap, yaitu marketing. Seperti yang kamu ketahui, bahwa marketing sangat berpengaruh terhadap hubungan antara pelanggan dengan sebuah brand ataupun produk. Sehingga bisa memberi dampak positif bagi penjualan. Nah, dalam aktivitas marketing ini umumnya terdapat beberapa profesi, yang mana salah satunya yaitu staff marketing atau marketing officer. Jika kamu tertarik terhadap profesi satu ini, yuk keep scrolling untuk penjelasannya.

 

Apa itu staff marketing ?

Staff marketing adalah pekerjaan yang bertugas membantu membuat dan menjalankan strategi marketing, serta melaksanakan kampanye pemasaran untuk perusahaan. Seorang staff marketing juga berperan penting dalam mengembangkan dan melaksanakan konsep strategi pemasaran yang telah direncanakan. Pada aktivitasnya, marketing staff atau juga dikenal dengan marketing officer juga berkontribusi pada rencana pemasaran, branding, dan periklanan yang ada, sambil membantu pengembangan inisiatif baru yang sejalan dengan tujuan perusahaan.

Selain itu, dalam kegiatannya staff marketing tidak hanya bekerja dalam ruang lingkup tim saja. Tetapi, juga akan sering bekerja sama lintas divisi seperti dengan tim produk, sales, dan juga kreatif. Adapun tujuan utamanya adalah menjalankan proses kampanye produk dan brand agar meningkatkan jumlah penjualan.

Di sisi lain, dikutip dari Career Trend,  di beberapa industri dan perusahaan, staff marketing tidak hanya berbentuk satu pekerjaan saja. Melainkan memiliki banyak macam bidang pada pekerjaannya seperti, marketing assistant, brand marketing specialist, dan masih banyak lagi. Nantinya bidang pekerjaan tersebut dapat menjadi prospek karier bagi kamu yang ingin bekerja sebagai marketer profesional.

 

Gaji staff marketing dan jenis bidang pekerjaannya

Seperti yang kamu ketahui, di beberapa perusahaan dan industri, pekerjaan staff marketing dapat terbagi menjadi beberapa bidang. Nah, agar kamu mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai pekerjaan ini dan gajinya, berikut adalah gaji staff marketing dan beberapa jenis bidang pekerjaannya yang dilansir dari Indeed.com.

  • Staff marketing, Rp4.500.000
  • Marketing Specialist, Rp7.000.000
  • Digital Marketing Specialist, Rp5.000.000
  • Brand Specialist, Rp6.000.000

 

Tugas dan tanggung jawab staff marketing

Walaupun terlihat hanya sekedar aktivitas marketing dan promosi, nyatanya tugas staff marketing tidaklah mudah. Berikut adalah beberapa tanggung jawab dan tugas staff marketing

  • Mengelola dan mengembangkan kampanye pemasaran.
  • Meneliti dan menganalisis data untuk mengidentifikasi dan menentukan pelanggan.
  • Melakukan kegiatan promosi.
  • Mengawasi dan mengevaluasi efektivitas kampanye.
  • Meneliti dan menganalisis tren pasar, penawaran pesaing, demografi, dan informasi lain yang memengaruhi strategi pemasaran.
  • Menggunakan temuan dan analisis penelitian untuk memberikan arahan kepada marketing manager mengenai proyek pemasaran yang akan datang, produk atau layanan baru, dan strategi keseluruhan.
  • Melaporkan tren dan statistik di semua platform media digital.
  • Mengidentifikasi area untuk perbaikan dalam penawaran produk, taktik penjualan, strategi pemasaran, dan aktivitas promosi
  • Mempertimbangkan keputusan penting yang melibatkan iklan produk, pengemasan, saluran media, dan branding

Baca juga: Apa itu Telemarketing? Yuk Kenali Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki

 

Skill yang harus dimiliki staff marketing

Bagi kamu yang berencana untuk berkarier sebagai seorang staff marketing berikut adalah beberapa skill yang wajib kamu miliki.

a. Hard skill

  1. Customer knowledge
    Pemahaman terhadap pelanggan merupakan kemampuan utama yang harus kamu miliki sebagai seorang staff atau marketing officer. Karena tanpa mengenal pelanggan, strategi pemasaran tidak akan berjalan dengan baik. Dikutip dari podium.com, dengan memahami pelanggan kamu dapat mengidentifikasi perilaku pembelian dan menyoroti kebutuhan mereka, sehingga dapat membantu menyusun strategi pemasaran untuk produk.
    Kemampuan ini juga sangat membantu dalam proses mengidentifikasi segmentasi pelanggan, seperti kelompok demografi, geografi, daya beli, dan tingkat keterlibatan. Di samping itu, kamu dapat meningkat kemampuan marketingmu dengan mengklik banner di bawah untuk mengikuti kelasnya.[IDN] CTA Blog - Kelas Markerting - Skill Academy
  2. Riset
    Sebagai marketer kamu juga harus dapat melakukan riset yang tentunya berhubungan dengan pasar dan pelanggan. Dalam aktivitasnya, kamu akan sering melakukan riset mengenai hal-hal yang dapat mempengaruhi rencana pemasaran dan kegiatan kampanye. Salah satu contohnya melakukan riset mengenai tren yang sedang terjadi dan pengaruhnya terhadap rencana marketing.
  3. Analisis dan pemahaman terhadap pasar
    Selain pemahaman terhadap pelanggan,  sebagai seorang staff marketing kamu juga harus memiliki pengetahuan mengenai pasar dan situasi  industri. Karena dengan melakukan analisis pasar kamu dapat membantu perusahaan mengembangkan produk, mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan pelanggan, dan meningkatkan apa yang dapat lakukan untuk bersaing dengan kompetitor. Sehingga nantinya juga akan mempermudah untuk menyusun strategi marketing berikutnya.
  4. Data analisis
    Sejalan dengan riset dan analisis pasar, seorang staff marketing juga harus bisa membaca data. Karena pada saat ini berbagai aktivitas marketing berkaitan dengan penggunaan data, contohnya seperti kebiasaan pelanggan yang dapat dianalisis menggunakan data. Adapun data-data ini akan berbentuk metriks-metriks yang sangat berguna untuk strategi pemasaran. Selain itu,  analisis data juga memungkinkan kamu untuk mengetahui jenis konten dan kampanye apa yang bekerja dengan baik dan area apa saja yang perlu ditingkatkan.
    data-analisis-marketing
  5. Project Management
    Kemampuan dalam mengelola proyek adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan sebagai seorang staff marketing. Karena nantinya kamu akan melakukan banyak aktivitas dan hal tersebut tidaklah sedikit. Mulai dari menyusun rencana pemasaran, mempersiapkan kampanye, hingga mengawasi dan mengevaluasi strategi yang sedang berjalan. Untuk dapat melakukan semua hal tersebut secara baik tentunya kamu harus memiliki keterampilan manajemen proyek yang kuat. Ini berarti dapat bekerja hingga tenggat waktu, memprioritaskan pekerjaan, berkolaborasi dengan berbagai tim sambil memberikan hasil akhir yang memuaskan.

skill-staff-marketing

b. Soft skill

  1. Critical thinking
    Jika kita membahas mengenai marketing, maka kemampuan yang satu ini adalah hal penting yang perlu kamu kuasai. Karena critical thinking sangat dapat membantu kamu dalam menjalani berbagai tugas dan proyek. Salah satunya yaitu dalam membuat keputusan yang baik dan mengidentifikasi solusi yang paling efektif untuk masalah yang sedang kamu hadapi.
    Misalnya ketika kamu dihadapkan dengan masalah promosi yang kurang dapat diterima oleh khalayak. Dengan kemampuan berpikir kritis, kamu dapat mengidentifikasi penyebab utama yang membuat strategi promosi yang direncanakan tidak berjalan dengan baik. Mulai dari ketidak cocokan antara ide promosi dengan target pelanggan, hingga pembuatan konten yang tidak menarik. Semua hal tersebut dapat kamu identifikasi dengan kemampuan berpikir kritis yang baik.
  2. Problem solving
    Dunia marketing tidaklah semudah yang kamu bayangkan. Beberapa masalah dapat datang dalam satu waktu. Hal ini tentunya tidak terlepas dengan berbagai tugas yang kamu lakukan. Dengan kemampuan critical thinking yang baik, kamu harus dapat menganalisis masalah tersebut satu-persatu dan menyelesaikannya dengan baik.
  3. Creative Thinking
    Yap, sebagai seorang marketing staff kamu juga harus dapat menghasilkan berbagai ide-ide kreatif. Hal ini tentunya tidak terlepas terhadap pembuatan berbagai strategi menarik untuk kampanye produk atau brand. Selain itu, kamu juga harus dapat memikirkan sesuatu yang out of the box atau berdasarkan sudut pandang yang tidak biasa dalam menciptakan cara promosi yang inovatif dan efektif bagi penjualan.
  4. Kerja tim dan kolaborasi
    Dalam proses menjalankan strategi dan kampanye pemasaran, tim marketing akan bekerja sama dengan berbagai pihak. Mulai dari tim produk, tim sales, tim IT, bahkan tidak menutup kemungkinan petinggi perusahaan juga akan terlibat. Sehingga kemampuan kolaborasi menjadi bagian penting agar semua hal tersebut dapat berjalan dengan lancar.
    Contohnya pada saat menjalankan proses promosi di masing-masing channel marketing. Nantinya akan ada diskusi dan berbagai umpan balik terkait penerapan promosi tersebut, seperti kecocokan konten pemasaran di media sosial dan website.kerja tim
  5. Komunikasi
    Mungkin komunikasi adalah kemampuan dasar yang harus kamu miliki ketika menjadi seorang staff marketing. Salah satu bagian utama dalam hal ini yaitu kemampuan kamu untuk dapat mengirimkan pesan yang jelas kepada pelanggan untuk meyakinkan mereka agar membeli produkmu. Hal ini termasuk menentukan pemilihan konten promosi, penggunaan platform, dan penawaran yang paling menarik untuk pembeli. Seorang marketer harus memahami dengan siapa mereka berbicara dan dapat berkomunikasi dengan baik
    Selain berhubungan dengan pelanggan, kemampuan komunikasi ini juga termasuk dalam aktivitasmu bekerja, seperti bagaimana kamu menjelaskan ide dan rencana terkait pemasaran ke orang lain. Seperti yang kamu ketahui, seorang marketer akan banyak berinteraksi dengan berbagai macam orang seperti manajer, divisi lain, bahkan petinggi perusahaan. Oleh karena itu, inti dari hal ini adalah bagaimana kamu dapat berkomunikasi dengan baik sesuai dengan lawan bicaramu.

Itulah penjelasan mengenai staff marketing atau marketing officer. Jika kamu sedang berniat untuk menambah kemampuan baru dibidang marketing, kamu bisa mengunjungi Skill Academy. Karena di Skill Academy kamu akan bisa mengikuti berbagai kelas yang tentunya cocok dengan minatmu.

[IDN] CTA Blog - Kelas Markerting - Skill Academy

Referensi

Betterteam.com. (2020). Marketing Officer Job Description. https://www.betterteam.com/marketing-officer-job-description  [Daring] (Diakses 25 Juli 2022)

Krakoff, Sonya. (2020). What Skills Do You Need for Marketing in 2020? https://online.champlain.edu/blog/what-skills-do-you-need-for-marketing [Daring] (Diakses 25 Juli 2022)

Monster.co.uk. (2015). Marketing Officer Job Description Sample. https://www.monster.co.uk/advertise-a-job/resources/job-description-templates/communications/marketing-officer-job-description/ [Daring] (Diakses 25 Juli 2022)

Podium.com. (2022). 10 Essential Marketing Skills All Business Owners Should Perfect. /https://www.podium.com/article/marketing-skills/ [Daring] (Diakses 25 Juli 2022)

Gambar

Fauxels. (2019). Photo Of People Near Wooden Table. https://www.pexels.com/photo/photo-of-people-near-wooden-table-3184418/

Pixabay. (2017). Gray and Black Laptop Computer. https://www.pexels.com/photo/business-charts-commerce-computer-265087/

Gulman Azkiya