Profesi Social Media Marketing Specialist, Buat Kamu Pecinta Medsos!

social media marketing

Ingin bekerja di bidang digital marketing khususnya bagian media sosial? Profesi Social Media Marketing mungkin cocok untukmu!

 

Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah melahirkan berbagai macam profesi baru yang besar kaitannya dengan dunia digital. Salah satu profesi yang saat ini sedang digandrungi anak muda yaitu social media marketing yang tidak hanya ada di Startup saja tapi juga di berbagai industri dan instansi lainnya.

Apa Itu Social Media Marketing?

Social media marketing adalah salah satu jenis pemasaran digital (digital marketing) yang memanfaatkan media sosial atau jejaring sosial sebagai sarana untuk memasarkan dan mempromosikan suatu produk, layanan, maupun brand. Platform media sosial yang digunakan antara lain seperti Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Fungsi Social Media Marketing

Fungsi dari social media marketing adalah untuk membantu meningkatkan brand awareness dan loyalitas pelanggan. Selain itu, social media marketing juga dapat digunakan untuk menganalisa pasar serta menjangkau lebih banyak orang, mengingat tingginya jumlah pengguna media sosial, tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga di negara-negara lainnya.

Baca juga: 5 Strategi Social Media Marketing Bagi Pemula

Cara Melakukan Social Media Marketing

Untuk melakukan social media marketing, diperlukan konten dengan isi bahasan maupun format yang sesuai untuk diunggah pada masing-masing platform. Ada beragam jenis konten yang bisa dibuat, seperti konten informasi umum, promo, penawaran produk, tutorial, tips dan trik, serta konten lainnya. 

 

Social Media Marketing (Sumber: socialsamosa.com)

https://www.socialsamosa.com/2019/05/infographic-impact-of-infographics-social-media/ 

 

Beragam ide konten ini pun bisa dieksekusi dalam berbagai macam format, seperti foto, carousel, video portrait berdurasi singkat seperti story atau reels, video landscape berdurasi panjang seperti vlog, postingan berupa narasi singkat maupun panjang, dan lain sebagainya. Social media marketing juga bisa dilakukan secara gratis maupun menggunakan iklan berbayar. 

Untuk itu, diperlukan profesi khusus yang menangani bagian social media marketing di perusahaan. Umumnya profesi ini disebut sebagai social media specialist, social media marketing specialist, social media marketer, social media strategist, dan lain sebagainya yang serupa. Lalu, apa tugas dari seorang social media marketing specialist?

Ikuti Kelas: Membuat Konten Pemasaran Media Sosial Menggunakan HP Untuk Pedagan Melalui Internet (Online Shop)

 

Tugas atau Job Description Profesi Social Media Marketing Specialist

Jika kamu ingin bekerja atau berkarir sebagai social media marketing specialist, kamu bisa mulai mempelajari berbagai tugas atau job desc yang dimiliki oleh profesi yang satu ini. Tugas atau job desc seorang social media marketing specialist antara lain:

  • Menyusun content plan untuk berbagai platform media sosial yang sesuai dengan identitas brand atau perusahaan.
  • Mengembangkan strategi media sosial dengan melakukan riset media sosial, cara penyampaian pesan, dan memahami audiens.
  • Menganalisa strategi media sosial yang dilakukan oleh kompetitor.
  • Membuat konten digital yang menarik untuk semua media sosial, termasuk menulis, mengedit postingan di media sosial, meningkatkan keterlibatan (engagement) audiens, dan mempromosikan campaign yang sedang dijalankan di media sosial.
  • Berkomunikasi dengan audiens di media sosial, termasuk menanggapi pertanyaan yang masuk baik melalui kolom komentar atau pesan.
  • Berkolaborasi dengan tim pemasaran dan grafik desainer untuk mengembangkan konten.
  • Menggunakan tools seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, dan Facebook Insights untuk memantau dan mengevaluasi kinerja media sosial.
  • Membuat laporan terkait traffic setiap sosial media dan memberikan rekomendasi strategi baru untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Up to date dengan perkembangan trend dan fitur media sosial.

Ternyata tugas seorang social media marketing specialist ada banyak, ya! Bukan hanya membuat konten dan meng-upload di media sosial saja, tapi juga melakukan analisa strategi, termasuk menganalisa strategi milik kompetitor.

Baca juga: 9 Tren Social Media Marketing 2022 untuk Meningkatkan Bisnis Kamu

Skill yang Dibutuhkan oleh Seorang Social Media Marketing Specialist 

Kira-kira, skill apa ya, yang harus dikuasai sebagai seorang social media marketing specialist? Beberapa skill yang harus dikuasai yaitu:

  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan menulis
  • Berpikir kreatif dan strategis
  • Kemampuan storytelling 
  • Kemampuan memahami dan menguasai berbagai platform media sosial
  • Selalu up to date dengan tren di media sosial
  • Kemampuan menggunakan berbagai tools untuk social media marketing
  • Kemampuan estetika secara visual
  • Kemampuan membuat berbagai konten untuk berbagai platform media sosial

Skill yang disebutkan di atas hanya beberapa contoh skill utama yang dibutuhkan untuk menjadi seorang social media marketing specialist. Selain skill yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mempelajari skill lainnya yang berhubungan dengan dunia digital marketing dan media sosial.

Nah, jika kamu ingin berkarir di bidang digital marketing, khususnya social media marketing, kamu bisa nih, melamar pekerjaan sebagai social media marketing specialist!

Supaya kamu memiliki skill yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan social media marketing, kamu bisa ikutan kelas di Skill Academy untuk menguasai cara memaksimalkan fitur sosial media dan pembuatan video pendek! Yuk, gabung sekarang!

SKill Academy - CTA

 

Kenya Swawikanti