Skema Normal Prakerja 2023: Peluang Belajar dan Berkembang Bagi Pencari Kerja

skema prakerja normal 2023

Prakerja 2023 Skema Normal dapat menambah peluang bagi para pencari kerja untuk meningkatkan dan menggali potensi dengan lebih maksimal. Penasaran apa perbedaannya dengan skema Prakerja terdahulu? Mari simak pembahasannya di artikel ini!

Ada dua faktor utama yang mempengaruhi hasil dari usaha mengembangkan karir: visibility dan ability. Visibility menekankan pada “seberapa terlihatnya” kamu di dunia kerja, misalnya lewat personal branding. Sementara fokus dari ability adalah di kemampuanmu untuk melakukan pekerjaan.

Di tengah persaingan yang semakin ketat, kamu harus jadi kandidat terbaik untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian. Caranya adalah dengan terus meningkatkan kemampuan kamu – istilah kerennya upgrade skill – dengan mengikuti berbagai pelatihan.

Beruntungnya, Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang punya program bantuan sosial dari pemerintah untuk peningkatan skill tenaga kerja dengan nama Kartu Prakerja.

Bantuan lewat program ini sudah dimulai sejak April 2020 dan sudah berhasil menjangkau 16,4 juta penerima manfaat.  Saat ini, Skill Academy sudah menjadi platform pelatihan pilihan No 1 untuk Kartu Prakerja.

Menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang sudah lebih kondusif, dan roda ekonomi yang sudah berputar lebih lancar, pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja dengan pelaksanaan Skema Normal yang dimulai di bulan Februari 2023. Apakah perbedaanya dengan pelaksanaan Prakerja sebelumnya? Mari kita simak!

 

Berbagai Perubahan Pada Prakerja Skema Normal

Salah satu perubahan utama yang paling banyak dibahas adalah konsep Prakerja yang bukan lagi sebagai bantuan sosial tetapi lebih difokuskan sebagai upaya strategis dalam mendorong peningkatan kompetensi kerja sebagaimana konsep awal program ini yang dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19. Karena itulah kali ini pemerintah mengalokasikan dana berupa bantuan biaya pelatihan yang lebih besar daripada insentif.

Akan diberikan total bantuan senilai Rp4,2 juta kepada peserta, yang meliputi bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, Rp600 ribu sebagai insentif satu kali pasca pelatihan, dan Rp100 ribu untuk dua kali survei.

Selain itu, pada Skema Normal, durasi belajar ditambah dari 6 jam menjadi 15 jam, standard pelatihan ditingkatkan, dan pelatihan diadakan secara online maupun offline (luring dan daring). Jadi peserta bisa belajar tidak hanya dari menonton video, tetapi juga dari sesi pertemuan tatap muka.

Prakerja kali ini juga disusun berdasarkan kebutuhan tenaga kerja dari industri (demand driven), baik untuk mereka yang sedang mencari kerja atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.

Pelatihan luring akan dilaksanakan secara bertahap. Dimulai dari 10 provinsi, termasuk DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali, NTT, dan Papua.

Hal ini tentu saja menguntungkan peserta program Prakerja kali ini karena dengan jam belajar lebih banyak dan insentif biaya pelatihan yang lebih besar, peserta akan bisa mendapatkan peningkatan kemampuan yang lebih signifikan. Dengan begitu peserta akan bisa meningkatkan karirnya dan mendapatkan pekerjaan yang lebih layak.

Selain itu, dengan adanya pilihan untuk belajar secara luring, peserta di area-area tertentu berkesempatan untuk bisa tanya jawab langsung dengan para instruktur yang kompeten, praktek secara live, dan juga berinteraksi dengan rekan-rekan yang sama-sama belajar.

 

Peran Skill Academy

Tentu saja, sebagai platform pelatihan pilihan No 1 untuk kartu prakerja, Skill Academy juga akan ikut meramaikan program Kartu Prakerja dengan skema baru ini – baik secara online maupun offline.

Kemi juga menyiapkan berbagai kejutan baru, seperti pelatihan-pelatihan terbaru, instruktur terbaik, dan bonus yang lebih besar lagi. Sementara terus meningkatkan kualitas pembelajaran daring, kami juga menyesuaikan proses pembelajarannya dengan menambahkan beberapa lokasi di 10 provinsi yang bisa dijadikan pilihan untuk mengikuti pelatihan secara luring.

Jadi, baik untuk user yang baru akan mendaftar, maupun yang akan kembali mendaftar Prakerja gelombang ke 48 ini, tetap gunakan Skill Academy sebagai platform pelatihan pilihan No. 1 Prakerja 2023.

Ayo  follow IG Skill Academy untuk info ter-update seputar Prakerja Skema Normal!

SA x Bukalapak Prakerja 820X200

 

Sumber: ekon.go.id

Jeffry Thurana