Perbedaan Antara Kelas Prakerja dan Kelas Non-Prakerja di Skill Academy

Perbedaan-Kelas-Prakerja-dan-Non-prakerja

Artikel ini membahas mengenai perbedaan antara Kelas Pelatihan Prakerja dan Kelas Pelatihan Non-Prakerja di Skill Academy.

Halo guys, apakah kamu ingin mengembangkan kemampuanmu dan berencana untuk membeli kelas pelatihan? Tapi masih bingung perbedaan antara kelas pelatihan Prakerja dengan selas Non-prakerja? Tenang, kali ini, kita akan menjelaskan perbedaan antara kedua kelas tersebut khususnya yang ada di Skill Academy. Check it out! 

Kelas Prakerja Skill Academy

 

1. Kelas Prakerja dapat diidentifikasi lewat label Prakerja di card dan course detail

Hal untuk membedakan antara kelas Prakerja dengan kelas Non-prakerja adalah pada label yang tertera di kelasnya. Ketika ingin membeli kelas, kamu akan melihat label Prakerja pada kelas tersebut.

2. Metode pembayaran melalui digital platform

Nantinya saat membeli kelas Prakerja di Skill Academy, kamu dapat melakukan pembayaran melalui beberapa digital platform seperti Bukalapak, Tokopedia, Karier.mu, Pintaria, Mau Belajar Apa, dan Pijar Mahir.

3. Mendapatkan kode voucher dan bisa di-redeem di platform SA

Ketika telah menyelesaikan pembayaran, kamu akan mendapatkan kode voucher yang bisa digunakan untuk membeli kelas di Skill Academy.

4. Harus menyelesaikan pre-test sebelum mulai proses pembelajaran

Bagi yang sudah membeli kelas Prakerja, kamu tidak bisa langsung memilih video materi yang ingin ditonton. Kamu perlu menyelesaikan pre-test terlebih dahulu sebelum memulai proses pembelajaran.

5. Materi pembelajaran tidak dapat dipercepat

Berhubungan dengan poin sebelumnya, kamu tidak bisa mempercepat atau melewati materi pembelajaran. Kamu harus menyelesaikannya secara berurutan agar tidak ada materi pembelajaran yang terlewati. Namun, kamu tetap dapat mengakses materi video secara bebas seperti mempercepat atau memutar kembali, dengan syarat harus menyelesaikan menonton semua video pembelajaran terlebih dahulu

6. Harus menyelesaikan mid-test dengan nilai minimum 80% 

Sebelum lanjut ke sub-topik selanjutnya, kamu harus menyelesaikan mid-test dengan nilai minimum 80%. Hal ini bertujuan agar materi yang kamu pelajari dapat dipahami dengan baik. Sehingga dapat membuatmu mudah untuk mengerjakan post-test nantinya.

7. Harus menyelesaikan setiap test dengan nilai minimum untuk mendapatkan sertifikat

Kelas Prakerja Skill Academy pada tahun ini menyediakan 2 sertifikat yaitu certificate of excellence dan certificate of completion. Untuk mendapatkan 2 sertifikat tersebut kamu harus menyelesaikan post-test dengan nilai minimum 60%. Sedangkan jika memperoleh nilai dibawah 60%, kamu hanya akan mendapatkan certificate of completion.

8. Kamu dapat melakukan submisi tugas praktik

Penting untuk diketahui, bahwa kini kelas pelatihan Prakerja memiliki tugas praktik. Tugas-tugas tersebut harus kamu selesaikan untuk mendapatkan sertifikat. Hal ini dapat membantu kamu untuk memahami materi lebih dalam. Sehingga kamu bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari program kelas pelatihan Kartu Prakerja. 

9. Kamu dapat nonton pre-recorded Q&A 

Pada kelas Prakerja, kamu juga bisa menonton video pre-recorded Q&A jika memiliki pertanyaan. Apabila video belum menjawab pertanyaanmu, maka kamu dipersilahkan untuk submit pertanyaan. 

10. Pemberian ulasan dan rating pelatihan di dashboard Prakerja

Bagi peserta Kartu Prakerja, kini diwajibkan untuk memberi rating dan ulasan di dashboard website Prakerja. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melupakan tahapan ini. 

Baca juga: Cara Memberi Rating dan Ulasan Kelas Pelatihan di Dashboard Prakerja

11. Kamu dapat mencairkan insentif pasca pelatihan

Seperti yang kamu ketahui, bahwa peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif. Namun insentif tersebut baru bisa dicairkan setelah kamu menyelesaikan kelas pelatihan yang dibeli. 

 

Kelas Non-Prakerja Skill Academy

 

1. Semua kelas di Skill Academy dapat dibeli 

Bagi kamu yang tidak terdaftar atau tidak menggunakan Kartu Prakerja dapat membeli semua kelas pelatihan yang ada di Skill Academy, termasuk kelas-kelas berlabel Prakerja.

2. Dapat memilih berbagai metode pembayaran di platform Skill Academy

Bagi kamu yang Non-prakerja, tidak harus melakukan pembayaran di platform digital seperti yang ditentukan bagi peserta Kartu Prakerja. 

3. User tidak diwajibkan mengerjakan pre-test hingga mid-test secara berurutan

Kamu tidak harus mengerjakan semua proses pembelajaran seperti pre-test, video, dokumen PDF, kuis, dan mid-test secara berurutan. Namun, post-test (exam) hanya dapat dikerjakan bila semua materi pembelajaran telah kamu akses dan tentunya lulus mid-test. Sehingga progress kelas pembelajaran bisa menjadi 100%.

4. Dapat mengakses materi video dengan dipercepat maupun di rewind.

Jika pada Prakerja, harus menyelesaikan menonton semua materi video terlebih dahulu, maka pada Non-prakerja kamu dapat mempercepat atau rewind tanpa harus melakukan hal tersebut.

5. Memiliki nilai minimum pada setiap test

Tidak jauh berbeda dengan Prakerja, bagi kamu yang Non-prakerja harus menyelesaikan mid-test dengan nilai minimum 80 dan post-test (exam)  dengan nilai minimum 60. 

6. Memperoleh dua sertifikat

Sama dengan Prakerja, kamu akan mendapatkan dua sertifikat yaitu certificate of completion dan certificate of excellence.  Namun, sertifikat tersebut dapat kamu terima setelah menyelesaikan semua materi pembelajaran dan bisa melewati nilai minimum pada pada post-test.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan kelas pelatihan Prakerja dengan Non-prakerja. Bagi kamu yang masih bingung untuk membeli kelas pelatihan, langsung saja menuju ke Skill Academy. Karena Skill Academy menghadirkan beberapa keunggulan seperti,

  • Dipercaya oleh lebih dari 6 juta pengguna.
  • Terdapat program pasca-pembelajaran : Bimbingan Usaha, Bimbingan Karir dan Career Mentoring. 
  • Mendapatkan sertifikat penyelesaian dan kelulusan.
  • Pusat bantuan pelanggan yang aktif setiap hari
  • Instruktur yang kredibel dan tersertifikasi Sesi tanya jawab setiap minggunya dengan instruktur secara gratis untuk kelas-kelas berlabel prakerja

SKill Academy - CTA

Skill Academy