Pentingnya Kerja Sama Tim (Teamwork) dalam Dunia Kerja

Kerja sama tim merupakan proses saling bekerja sama dalam sebuah tim dan dapat meningkatkan produktivitas. Teamwork merupakan hal penting dalam dunia kerja. Apa pentingnya? Simak penjelasan berikut!

“Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.

Pernah dengar istilah di atas? Kalimat tersebut memiliki arti bahwa ketika ada beban atau tanggung jawab yang dikerjakan bersama-sama akan terasa lebih ringan dan mudah diatasi. Hal ini sering disebut dengan kerja sama tim atau teamwork.

Kerja sama tim adalah proses individu saling bekerja sama dalam sebuah tim atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja sama tim melibatkan proses kolaborasi, komunikasi, koordinasi, dan kepercayaan antara anggota untuk memaksimalkan produktivitas kerja.

Dalam lingkungan kerja, teamwork atau kerja sama tim punya peranan yang penting, apa saja itu? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

 

Pentingnya Kerja Sama dalam Tim

1. Pekerjaan menjadi lebih ringan

Kerja sama tim memungkinkan beban kerja menjadi lebih ringan.

Hal ini karena kita dapat membagi tugas kepada semua anggota tim sesuai keahlian atau keterampilan yang dimiliki setiap anggota.

Jika kamu bekerja sendiri, butuh satu waktu untuk menyelesaikan satu pekerjaan, tapi dengan bekerja sama, tim bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu.

Selain itu, setiap orang bisa fokus mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawab mereka tapi tetap menjaga kesatuan dan keselarasan dengan hasil kerja anggota tim lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa kerja sama tim dapat membuat meringankan beban kerja dan membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dan produktif.

2. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Dalam kerja sama tim, tentu diperlukan komunikasi yang efektif antara anggota.

Dalam prosesnya, setiap anggota tim akan belajar cara berkomunikasi dengan lebih baik, mengungkapkan ide atau gagasan, mendengarkan pendapat orang lain, dan menyelesaikan konflik atau masalah.

Hal ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal, memperbaiki hubungan kerja, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat.

Baca Juga: 12 Tips Untuk Meningkatkan Komunikasi Efektif dalam Tim

3. Memudahkan pemecahan masalah (problem solving)

Masalah akan selalu ada di dunia kerja, kerja sama tim dapat mempermudah penyelesaian masalah.

Ketika muncul sebuah masalah dan hanya ditangani oleh satu orang, ia mungkin bisa memikirkan beberapa ide dalam waktu tertentu.

Tapi, jika masalah ditangani oleh tim, maka setiap orang akan memberikan hasil pemikiran, perspektif, dan pengalaman yang berbeda-beda.

Hal ini membuat masalah mendapat banyak solusi. Untuk menentukan solusi yang tepat, kamu juga bisa berdiskusi dengan seluruh tim agar menemukan solusi yang paling kecil risikonya dan paling mungkin untuk dilakukan.

Kerja sama tim dapat menghasilkan inovasi yang lebih cepat dan lebih dalam untuk memecahkan masalah.

Ikuti Kelas: Latih Critical Thinking untuk Problem Solving dan Decision Making

3. Bisa saling belajar

Dalam sebuah tim, umumnya terdiri dari anggota dengan keahlian atau latar belakang yang bervariasi.

Setiap orang dalam tim akan memberikan kontribusi sesuai peran dan keahliannya masing-masing.

Perbedaan ini membuat tim jadi saling melengkapi dan menjadi kesempatan untuk saling belajar agar memiliki keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan lama.

Misalnya, ada 10 grafik desainer yang bekerja dalam ruangan yang terpisah. Mereka akan fokus pada pekerjaan masing-masing dan jika mengalami kesulitan juga akan diselesaikan sendiri-sendiri.

Tapi, jika 10 grafik desainer tadi ditugaskan untuk menyelesaikan 1 project bersama dan berkerja di ruangan yang sama, mereka bisa saling belajar.

Selain itu, mereka juga bisa saling memperbaiki dan melengkapi kekurangan anggota lainnya. Melalui kerja sama, setiap orang dapat menunjukkan performance yang baik.

4. Meningkatkan hubungan kerja

Ketika kamu sudah terbiasa bekerja sama dalam tim dan sukses sebagai tim, maka hubungan kerja yang baik akan terus meningkat.

Dengan hubungan kerja yang sehat, maka kamu dapat berkomunikasi dengan lebih baik satu sama lain, lebih saling memahami, saling mendukung dan memotivasi, serta bekerja secara kooperatif.

Hal ini tentu bagus untukmu sebagai karyawan karena memiliki hubungan kerja yang tidak toxic, dan bagus juga bagi perusahaan karena dengan kerja sama tim, produktivitas akan ikut meningkat.

5. Membangun lingkungan kerja yang suportif

Kerja sama tim dapat membangun kebiasaan saling mengapresiasi atas kerja keras untuk mencapai tujuan bersama.

Adanya apresiasi ini dapat membuat seorang karyawan memiliki motivasi untuk bekerja dengan lebih baik.

Apresiasi menjadi bukti adanya hubungan personal yang baik dalam sebuah tim.

Selain itu, setiap anggota dalam tim merasa jika dirinya memiliki peran dan dibutuhkan dalam keseluruhan performa tim.

Ketika anggota tim merasa dihargai, mereka cenderung lebih termotivasi untuk berkontribusi secara aktif dan memiliki rasa kepemilikan.

Saling apresiasi juga dapat membangun lingkungan kerja yang sehat dan suportif.

Apresiasi tidak melulu soal bonus, pujian sederhana atau ucapan terima kasih atas kerja keras juga bentuk apresiasi.

6. Menurunkan risiko stres

Tumpukan pekerjaan yang banyak memungkinkan kita untuk lebih cepat stres, merasa kewalahan dan berujung burnout. Kita akan merasa seperti pekerjaan tidak ada habisnya.

Tapi, dengan kerja sama tim, pekerjaan bisa dibagi-bagi. Tugas besar yang dipecah menjadi task-task kecil tentu terasa lebih ringan untuk dikerjakan.

Hal ini membuat tanggung jawab setiap anggota tidak terlalu berat, meringankan beban pikiran, mengurangi risiko stress dan bisa lebih produktif.

 

Elemen Penting dalam Kerja Sama Tim

Berikut adalah elemen penting agar kerja sama tim berjalan secara efektif:

1. Komunikasi

Komunikasi yang terbuka dan efektif membantu tim untuk saling memahami satu sama lain.

Selain itu, komunikasi juga bisa meminimalisir konflik atau kesalahpahaman.

Oleh karena itu komunikasi menjadi elemen penting untuk terwujudnya kerja sama tim yang efektif.

2. Pembagian tanggung jawab

Kerja sama tim dapat berjalan dengan baik apabila saling memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing anggota. Ini membantu leader membagi tugas sesuai kelebihan masing-masing.

Dengan membagi tanggung jawab sesuai kelebihan atau keahlian, dapat meningkatkan produktivitas dan memastikan setiap anggota berasa berharga atas kontribusinya dalam project.

3. Kepercayaan

Semakin mengenal anggota tim, maka semua dapat belajar untuk saling percaya. Setiap orang akan memberikan kontribusi terbaiknya.

Mikro manajemen atau terlalu mengawasi pekerjaan anggota tim membuat mereka merasa tidak dipercaya dan tidak leluasa dalam menyelesaikan tugasnya.

Kepercayaan yang kuat memungkinkan kolaborasi yang efektif, komunikasi yang terbuka, dan penyelesaian konflik secara sehat.

4. Saling dukung

Elemen penting selanjutnya adalah saling mendukung, ini berarti setiap anggota saling membantu satu sama lain.

Berbagi pengetahuan, sumber daya, keterampilan untuk memperkuat upaya tim.

5. Empati

Agar dapat bekerja sama dengan efektif, penting untuk saling memahami setiap anggota. Menunjukkan rasa peduli juga dapat meningkatkan hubungan yang baik.

 


Demikianlah pembahasan tentang pentingnya kerja sama tim. Teamwork merupakan soft skill yang penting dalam dunia kerja dan kabar baiknya, keterampilan ini bisa ditingkatkan.

Kamu bisa belajar untuk lebih membuka diri dan berkomunikasi dengan baik kepada semua rekan kerja.

Tingkatkan kemampuan komunikasimu dengan ikut kelas di Skill Academy!

 

Referensi:

The importance of teamwork [daring]. Tautan: https://www.brighthr.com/articles/culture-and-performance/teamwork/the-importance-of-teamwork-in-the-workplace/

11 Reasons Why Teamwork at The Office is Important [daring]. Tautan: https://getsling.com/blog/importance-of-teamwork/

Elements of Success in Teamwork [daring]. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/success-teamwork

Devi Lianovanda