12 Tips Untuk Meningkatkan Komunikasi Efektif dalam Tim

 Yuk, terapkan cara berkomunikasi secara efektif dalam tim di artikel ini agar suasana kerja bisa lebih kondusif dan menyenangkan.

Sering misscom sama rekan kerja kamu di kantor? Atau sering nggak nyambung saat lagi kerja bareng dan malah bikin kerjaan makin banyak? Hmm, kayaknya itu tanda-tanda kalau tim kamu belum bisa berkomunikasi secara efektif, deh.

Komunikasi yang efektif dalam tim menjadi kunci kesuksesan di dunia kerja. Selama bekerja, kamu pasti nggak hanya kerja sendiri aja, tetapi juga bersama rekan-rekan yang lain. Pada pekerjaan yang melibatkan orang banyak, kamu dan tim harus punya komunikasi yang baik agar bisa berdiskusi, bertukar saran, dan mencari solusi bersama-sama.

Terus, gimana sih caranya membangun komunikasi secara efektif dalam tim? Yuk, simak beberapa tips dan triknya berikut ini.

1. Jadi Pendengar Aktif

Perhatikan secara penuh saat ada orang lain yang berbicara. Ini termasuk menghindari distraksi seperti tidak bermain ponsel, menatap orang yang berbicara, dan memahami isi dari apa yang dikatakan.

Kamu juga perlu memperhatikan nada suara dan bahasa tubuh untuk memahami lebih baik isi dari pembicaraan. Menjadi pendengar yang aktif sangat penting untuk mencegah kesalahpahaman dan membangun hubungan yang lebih kuat antar anggota tim. Kamu juga jadi bisa memahami masalah dan perspektif dari orang lain. 

 

2. Berikan Umpan Balik

Setelah kamu aktif mendengarkan, kamu juga perlu untuk memberikan umpan balik. Apalagi jika kamu adalah pemimpin di dalam tim tersebut. Berikan juga pandangan dan opini kamu terhadap topik yang sedang dibicarakan. Sikap ini akan membuat orang lain merasa dihargai dan komunikasi bisa terjalin secara lebih lancar. Saat menjadi pemimpin, kamu juga perlu memberikan umpan balik atas kinerja tiap anggota agar tujuan tim bisa dicapai dengan baik.

 

3. Open for Discussion

Maksudnya apa sih open for discussion? Tiap anggota di dalam tim pasti memiliki pemikiran dan ide-ide berharga yang bisa disumbangkan kepada tim. Maka dari itu, dorong diskusi atau pertanyaan terbuka yang membuat anggota tim bisa dengan bebas mengungkapkan ide atau pendapat mereka.

Ikuti Kelas: Dasar Kemampuan Komunikasi untuk Profesional

 

4. Hargai Pendapat yang Berbeda

Cara membangun komunikasi yang efektif dalam tim adalah dengan menghargai pendapat dari lawan bicara. Setiap orang pastinya punya pendapat dan approach yang berbeda-beda terhadap suatu hal. Kamu harus belajar untuk bisa menghargai ini, karena perbedaan pendapat pada dasarnya adalah hal yang lumrah. Hal terpenting adalah mencari jalan keluar agar perbedaan ini tidak menimbulkan konflik atau perselisihan.

 

5. Gunakan Bahasa Tubuh yang Tepat

Komunikasi bukan hanya dari verbal atau ucapan kamu aja, tetapi juga dari bahasa non-verbal atau bahasa tubuh yang kamu sampaikan. Contohnya, menganggukan kepala dan memandang mata orang yang berbicara menunjukkan perhatian dan penghormatan terhadap pembicaraan tersebut.

Sebaliknya, bahasa tubuh yang menunjukkan ketidaknyamanan atau ketidaksenangan bisa mengirim sinyal negatif kepada anggota tim yang lain. Coba dengan selalu tersenyum kepada orang lain saat berpapasan, lakukan kontak mata saat berbicara, dan lakukan jabat tangan dengan tegas.

 

6. Hindari Konflik

Jangan membuat drama-drama nggak penting dalam tim. Konflik memang bisa saja terjadi akibat perbedaan pendapat, kepentingan, atau gaya komunikasi yang berbeda-beda. Tapi, penting untuk memahami perbedaan dan mencari solusi bersama agar tidak terjadi konflik berkepanjangan.

Hindari membuat kritik yang bersifat merendahkan, dan hindari sikap defensif saat menerima kritik dari orang lain. Bicaralah dengan sopan dan lugas untuk menjaga perasaan orang lain. Dengan cara ini, tim bisa bekerja lebih harmonis dan fokus untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bullying di Tempat Kerja, Stop Penindasan!

 

7. Sikap Friendly

Kamu pasti akan lebih memilih untuk berteman atau bekerja dengan orang yang ramah dan bersahabat kan? Sikap friendly ini cukup penting, loh, untuk menciptakan komunikasi yang efektif dalam tim. Bukan berarti kamu harus ‘sok’ kenal atau ‘sok’ dekat ya, tetapi lebih ke bersikap positif kepada siapa saja, baik itu rekan kerja, atasan, maupun bawahan.

 

8. Gunakan Bahasa yang Jelas

Pastikan bahasa yang kamu gunakan saat berkomunikasi mudah dipahami dan tersampaikan dengan jelas. Ide, saran, hambatan, atau kritik harus kamu sampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, ringkas, dan tidak bertele-tele. Hindari penggunaan jargon atau bahasa yang terlalu teknis, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

 

9. Berikan Dukungan pada Tim

Berikan perhatian dan dukungan saat ada anggota tim yang sedang menyampaikan ide atau saran mereka. Dengan memperhatikan, anggota tim lain juga akan menjadi terdorong untuk berbicara tentang ide yang berbeda. Hal ini tentu bisa meningkatkan produktivitas dan komunikasi yang efektif dalam tim.

Diskusikan lebih lanjut jika ada ide yang bagus dan bisa diterapkan. Namun, jika ide tersebut belum bisa diterapkan, jelaskan dengan baik pada mereka.

 

10. Jangan Potong Orang Lain Berbicara

Salah satu etika dasar dalam berkomunikasi adalah tidak mengganggu saat orang lain berbicara. Hal ini penting karena ketika kamu memotong pembicaraan orang lain, kamu tidak hanya menunjukkan kurangnya rasa hormat kepada mereka, tetapi juga dapat mengganggu alur pikiran dan pesan yang ingin disampaikan oleh pembicara.

Mengganggu atau memotong saat orang lain berbicara dapat mengganggu konsentrasi mereka dan membuat mereka merasa tidak nyaman. So, penting untuk memberikan kesempatan pada orang lain untuk menyelesaikan apa yang mereka ingin sampaikan sebelum kita memberikan tanggapan atau bertanya.

 

11. Sisipkan Humor

Jangan serius melulu, kadang penting juga untuk bercanda dan menyisipkan humor dalam pembicaraan. Humor dapat memecah suasana tegang, membantu meredakan stres, dan memperkuat hubungan antar anggota tim. Namun, penggunaan humor yang tidak tepat dapat mengganggu kinerja tim dan mengakibatkan konflik.

Saat ingin melempar jokes, penting untuk kamu memperhatikan konteks dan tidak menggunakan humor yang bersifat merendahkan atau tidak pantas. Pastikan juga semua anggota tim paham dengan maksud humor tersebut dan tidak ada yang merasa tidak nyaman.

 

12. Bertemu di Luar Pekerjaan

Kadang kita merasa kurang mengenal seseorang karena hanya berkomunikasi soal pekerjaan. Sesekali atur jadwal untuk bertemu di luar untuk sekadar nongkrong, makan siang bareng, atau happy hour setelah bekerja. Cara ini bisa menumbuhkan rasa kedekatan personal dengan anggota tim yang lain.

 —

Yup, itulah tadi beberapa cara berkomunikasi yang efektif dalam tim yang bisa kamu terapkan. Yuk, coba mulai dari sekarang di lingkungan kerjamu. Kalau butuh tips dan trik lainnya dalam komunikasi profesional, kamu bisa ikutan kelasnya di Skill Academy!

 

Referensi:

Team communication [daring]. Tautan: https://asana.com/resources/team-communication (Diakses: 17 April 2023)

Effective communication [daring]. Tautan: https://www.proofhub.com/articles/effective-communication (Diakses: 17 April 2023)

Cara membangun komunikasi [daring]. Tautan: https://www.thehoneylady.co.id/blog/8-cara-membangun-komunikasi-yang-efektif-dalam-organisasi-wajib-diketahui/ (Diakses: 17 April 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D