Hari Ini! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Resmi Dibuka

Shabrina Alfari Mar 4, 2021 • 4 min read


kartu prakerja gelombang 13

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 resmi dibuka hari ini! Lihat kembali persyaratan, dana insentif yang bisa kamu dapatkan, dan info penting lainnya berikut ini.

---

Sedang menanti-nanti pembukaan Prakerja gelombang 13? Ini dia saatnya! Hari ini pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 resmi dibuka. Kamu sudah bisa mulai mengakses dan melakukan pendaftaran di prakerja.go.id mulai hari ini pukul 12.00 WIB. Kesempatan ini terbuka bagi kamu yang belum berhasil lolos di gelombang 12 dan masih berniat untuk mendaftar kartu prakerja, atau masyarakat umum yang ingin mencoba untuk mengikuti seleksi kartu Prakerja.

Masih bingung mengenai apa itu Kartu Prakerja? Kartu Prakerja adalah program bantuan pemerintah yang bertujuan untuk memberi pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya kepada para pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja guna meningkatkan keterampilan mereka. Program ini merupakan semi bantuan sosial (bansos) selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Cara Membeli Kelas Prakerja di Bukalapak untuk Skill Academy

Pada program Kartu Prakerja gelombang 13 ini, pemerintah membuka kuota sebanyak 600.000 peserta. Seluruh peserta dapat mengakses lebih dari 1.700 pelatihan dari 154 lembaga pelatihan yang dapat diakses melalui 7 platform digital, termasuk Skill Academy.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13

Ada beberapa persyaratan dan ketentuan baru dalam program Kartu Prakerja tahun 2021 atau di gelombang 13 ini, yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia
  2. Berusia 18 tahun ke atas yang berstatus pencari kerja atau penganggur, lulusan baru, korban PHK, pekerja buruh atau karyawan, wirausaha
  3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  4. Bukan penerima bantuan sosial (bansos) pemerintah seperti bansos dari Kementerian Sosial (DTKS), BSU, dan BPUM
  5. Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/D, BUMN/D, dan perangkat/pejabat desa
  6. Demi pemerataan, setiap Kartu Keluarga (KK) dibatasi hanya 2 anggota keluarga yang dapat menerima Kartu Prakerja
  7. Penerima Kartu Prakerja yang sudah lolos di tahun 2020, tidak dapat mendaftar lagi di gelombang 13 ini untuk memberi kesempatan bagi yang belum berhasil

Dana Insentif Kartu Prakerja Gelombang 13

Apabila kamu berhasil mendaftarkan diri pada program Kartu Prakerja gelombang 13 ini, kamu berhak mendapatkan insentif total sebesar Rp3,55juta.

Rincian dari total tersebut antara lain Rp1juta untuk pelatihan (tidak dapat dicairkan) dan insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 selama 4 bulan yang akan dicairkan ke rekening masing-masing setelah kamu menyelesaikan pelatihan, menerima sertifikat, dan memberikan rating atau ulasan.

Setelah menyelesaikan pelatihan, kamu juga bisa mengikuti survei Prakerja dan mendapatkan tambahan insentif survei sebesar Rp50.000 sebanyak 3 kali. Insentif ini juga akan masuk ke rekening masing-masing.

Cara Mengunggah KTP di Laman Kartu Prakerja

Salah satu alasan banyaknya peserta yang gagal di gelombang-gelombang sebelumnya dikarenakan masalah terkait unggahan KTP peserta. Data yang ada di dalam KTP ini nantinya akan disesuaikan dengan data diri kementerian/lembaga dan sangat menentukan kelolosan peserta. Berikut cara mengunggah KTP yang baik dan benar di laman Kartu Prakerja.

  1. Foto KTP kamu dengan pencahayaan yang cukup (tidak ada bayangan yang tertangkap kamera)
  2. Potong file foto KTP dengan menyisakan bagian atas, bawah, kanan, kiri (agar terlihat sisi dari tempat mengambil foto)
  3. Jangan memotong file foto KTP mengikuti bentuk KTP
  4. Sesuaikan ukuran file foto KTP dengan yang sudah ditentukan
  5. Jika ukuran file lebih besar, kamu bisa mengubah ukurannya terlebih dahulu dengan melakukan compress foto

Sudah siap mendaftarkan diri pada program Kartu Prakerja gelombang 13 ini? Ayo, segera daftarkan dirimu dan jangan sampai kelewatan. Berbagai kelas pelatihan unggulan dan para ahli terbaik di bidangnya telah menunggu kamu di Skill Academy!

beli kelas prakerjamu di skill academy

 

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)

Beri Komentar