Marketing Mix, Bauran Pemasaran yang Penting Bagi Perkembangan Bisnis

marketing mix bauran pemasaran

Marketing mix adalah konsep bauran pemasaran yang penting untuk efektivitas bisnis kamu agar konsumen semakin loyal.

Pada umumnya, bisnis dibuat untuk mendapatkan keuntungan yang bukan hanya lewat pemasukan tinggi saja. Keuntungan bisnis yang sungguh berarti bagi pebisnis adalah mendapat kepuasan konsumen, sehingga mereka akan terus ingat, loyal, sampai terus merekomendasikan bisnis kamu.

Setelah menentukan target market dan menganalisis kompetitor, ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan supaya bisnismu semakin berkembang dan diketahui banyak orang. Misalnya, produk yang berkualitas, iklan yang disiarkan di berbagai channel, promosi yang menggiurkan, serta lokasi yang bisa dijangkau dengan menggunakan strategi marketing mix atau bauran pemasaran.

 

Marketing Mix: Konsep Penting Agar Bisnis Kamu Makin Berkembang

Marketing mix adalah konsep bisnis dengan berbagai tindakan untuk menunjukan respon target market dengan memenuhi permintaan mereka sesuai dengan kebutuhan.  Marketing mix dikenal juga sebagai bauran pemasaran.

Selain itu, marketing mix adalah strategi variatif yang bisa membantu membangun dan mengembangkan layanan kepada konsumen.

 

marketing mix bauran pemasaran - pentingnya marketing mix

 

Kenapa marketing mix merupakan strategi yang penting dalam bisnis?

Dikutip dari Creately, berikut adalah berbagai alasan bahwa marketing mix menjadi konsep pemasaran yang wajib diterapkan dalam bisnis kamu:

  • Memahami target market dengan produk atau layanan yang sesuai kebutuhan.
  • Memahami kapan waktu terbaik untuk mempromosikan produk atau layanan kepada target market.
  • Merencanakan produk dengan sukses.
  • Menghemat biaya dengan menggunakan kekuatan bisnis yang ada.
  • Perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan strategi pemasaran berjalan lebih efektif.
  • Proaktif dalam menghadapi risiko.

 

Elemen dalam Strategi Marketing Mix: 4P dan 7P

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan tepat, kamu bisa menggunakan elemen seperti 4P (Product, Price, Place, Promotion) atau 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence).

 

Perbedaan 4P dan 7P dalam Konsep Marketing Mix

Umumnya, konsep marketing mix menggunakan 4P dengan elemen yang sederhana untuk menyesuaikan kebutuhan target market. Konsep marketing mix 4P pada awalnya dicetuskan oleh Jerome McCarthy di tahun 1968. 

Kemudian, Booms dan Bitner pada 1981 mengembangkan konsep marketing mix dengan menambah 3 variabel dari elemen marketing mix sebelumnya, yaitu people, process, dan physical evidence. 

 

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan untuk Bisnis Jangka Panjang

 

Tujuan menggunakan marketing mix dengan variabel 4P dan 7P juga berbeda. Dengan menggunakan elemen 4P secara umum hanya terpaku pada penjualan produk saja. Sedangkan 7P lebih terfokus pada produk digital dengan strategi bisnis yang pastinya lebih kompetitif.

Menurut artikel Smart Insights, strategi marketing mix dengan elemen 4P cocok banget diterapkan pada bisnis kecil yang baru merintis dengan struktur yang sederhana dan dapat diikuti dengan baik. Lalu, elemen 7P dibuat kompleks untuk melengkapi elemen sebelumnya berfungsi sebagai evaluasi bisnis, seperti analisis SWOT.

 

Elemen 4P dalam Konsep Marketing Mix

Konsep marketing mix 4P cocok digunakan untuk bisnis yang membuka toko fisik, terdiri dari elemen seperti product, price, place, dan promotion. 

 

1. Product

Produk merupakan variabel marketing mix berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada target market untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Pada variabel ini, kamu sebagai pelaku bisnis perlu cek secara berkala bagaimana siklus target market dalam menggunakan barang atau jasa dalam aktivitas, tantangan, dan gaya hidup mereka. 

 

2. Price

Variabel marketing mix ini berkaitan dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya.

Saat menetapkan harga untuk produk bisnis kamu, jangan lupa untuk pertimbangkan biaya produksi dan kisaran harga produk kompetitor. Kemudian, pastikan harga produk sesuai dengan nilai barang (value), ya!

 

marketing mix bauran pemasaran - marketing mix 4P

3. Place

Variabel marketing mix ini mengacu pada tempat produksi bisnis kamu, distribusi produk, sampai dijual dan diterima ke tangan konsumen.

Jika bisnismu terletak di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, pastinya konsumen nggak kesulitan untuk menemukan produk kamu, baik dalam bentuk toko fisik maupun website yang mudah ditemukan di mesin pencarian.

 

4. Promotion

Supaya target market penasaran dengan produk bisnis kamu sampai akhirnya menjadi konsumen yang loyal, variabel marketing mix dengan strategi promosi ini wajib digencarkan. 

Penggunaan media disesuaikan dengan analisis demografis, infografis, geografis, dan perilaku target market. 

 

Ikuti kelas: Meraih Loyalitas Pelanggan di Industri Otomotif melalui Frontliner SUPER

 

Tambahan Elemen 7P dalam Konsep Marketing Mix

Disesuaikan dengan perkembangan zaman dan banyaknya produk digital, marketing mix ini menambahkan elemen-elemen lain seperti people, process, dan physical evidence. 

 

5. People

People adalah variabel marketing mix yang berkaitan dengan orang-orang yang menggunakan produk serta merasakan nilai (value) dari produk dan layanan bisnis kamu. Selain itu, variabel marketing mix ini juga berkaitan erat dengan karyawan yang mengelola manajemen bisnis kamu.

Bukan cuma konsumen saja yang diandalkan dalam mengembangkan bisnis kamu dengan konsep marketing mix dengan mengulik pemenuhan kebutuhan mereka. Perlu diperhatikan juga dalam memilih karyawan yang bisa menjelaskan nilai (value) produk bisnismu kepada target market.

 

6. Process

Dalam mengembangkan bisnis menggunakan konsep marketing mix, variabel process ini sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas produk layanan kepada konsumen.

Agar konsumen puas dengan produk atau layanan yang bisnis kamu berikan, usahakan dalam mengembangkan variabel ini terbebas dari kemacetan atau pemblokiran. Disamping itu, bisnis kamu juga nggak perlu menambah biaya tak terduga hanya untuk memperbaiki sistem.

 

marketing mix bauran pemasaran - marketing mix 7P

7. Physical Evidence

Variabel physical evidence ini mengacu kepada apa yang dilihat dan dirasakan konsumen saat menggunakan produk atau layanan. Beberapa faktor yang mempengaruhi variabel ini adalah fasilitas, kenyamanan, kemasan, lingkungan toko.

 

Yuk, Tingkatkan Nilai Bisnis Kamu dengan Menerapkan Konsep Marketing Mix!

Marketing mix atau bauran pemasaran adalah strategi untuk meningkatkan bisnis dengan mengembangkan produk serta layanan dalam memenuhi permintaan mereka sesuai dengan kebutuhan. 

Dalam penerapannya, marketing mix memiliki elemen seperti 4P (Product, Price, Place, Promotion) yang cocok untuk bisnis kecil baru merintis dan memiliki toko fisik, dan 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidence) yang cocok untuk bisnis layanan produk digital.

Dengan menerapkan konsep marketing mix sebagai strategi pemasaran akan menentukan keberhasilan bisnis kamu untuk dikenal oleh target market, hingga akhirnya mereka menjadi konsumen loyal.

Selain marketing mix, masih ada beberapa strategi pemasaran yang bisa kamu terapkan, nih! Semuanya bisa kamu ulik dan pahami tips dan triknya di Skill Academy. Dipandu oleh pebisnis dan marketer profesional, bisnis kamu makin berkembang! 

SKill Academy - CTA

Sumber:

Hanlon, Annmarie. (2021). How to use the 7Ps Marketing Mix. [daring].

https://www.smartinsights.com/marketing-planning/marketing-models/how-to-use-the-7ps-marketing-mix/

Creately. (2021). How to Develop an Effective Marketing Mix | What are the Marketing Mix Elements. [daring].

How to Develop an Effective Marketing Mix | What are the Marketing Mix Elements

Ganesha, Muhammad Ezra Ambiar. (2021). Marketing Mix: 4P and 7P Concept. [daring]. https://www.hashmicro.com/blog/marketing-mix-4p-7p/

Kusariani Adinda