7 Manfaat Memiliki Kemampuan Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja

7 Manfaat Memiliki Kemampuan Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja - Skill Academy

Kemampuan beradaptasi merupakan soft skill yang penting untuk dikuasai karena memiliki banyak manfaat untuk perkembangan kariermu di dunia kerja. Yuk, simak 7 manfaatnya!

__

Beradaptasi adalah kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, situasi, atau kondisi. Kemampuan ini penting untuk dikuasai karena bisa membuatmu lebih fleksibel dan siap menghadapi perubahan dan tantangan di tempat kerja. Mudah beradaptasi di dunia kerja yang selalu berubah dan penuh tantangan membantumu untuk bertahan dan berkembang.

 Pada dasarnya, kemampuan beradaptasi terbagi menjadi 3 jenis, yaitu

  • kemampuan berdaptasi secara kognitif, yakni kemampuan untuk memikirkan berbagai skenario dan membuat rencana;
  • kemampuan beradaptasi secara emosional, yakni kemampuan menerima dan mengakui bahwa perbedaan dan perubahan adalah hal yang normal; dan
  • kemampuan beradaptasi secara personality, yakni melihat gambaran lengkap situasi dan melihat peluang.

Ketiga jenis kemampuan beradaptasi di atas sangat berguna untuk menghadapi berbagai perubahan di dunia kerja yang sangat cepat dan kompetitif. Agar makin paham, berikut disajikan 7 manfaat jika kamu bisa mudah beradaptasi di tempat kerja. Baca terus, ya!

1. Menambah Value Kamu sebagai Karyawan

Dunia kerja terus berubah dan sangat kompetitif. Kemampuan beradaptasi menjadi skill yang penting untuk dimiliki agar bisa bertahan di dalam perubahan tersebut. Di berbagai industri dan posisi pekerjaan, perubahan akan tetap ada, baik dari segi pekerjaan maupun perubahan lingkungan kerja secara keseluruhan.

Perusahan tentu ingin mempekerjakan karyawan dengan kemampuan beradaptasi yang baik agar bisa menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan cepat yang mungkin terjadi. Dengan kemampuan beradaptasi yang cepat, kamu lebih terbuka untuk ide-ide baru, mampu mengikuti perkembangan tren, belajar hal dan keterampilan baru, serta bisa terus berinovasi. Nah, kemampuan-kemampuan inilah yang akan menambah nilai kamu di mata perusahaan.

2. Mendapat Banyak Kesempatan Baru

Kesempatan baru seringkali menghampiri, tetapi saat kita hendak mencoba, muncul pertanyaan di kepala: bagaimana jika?. Pertanyaan itulah yang sering membuat kita jadi nggak berani mengambil kesempatan baru. Akhirnya kesempatan yang bisa membuat kita lebih berkembang terlewatkan begitu saja.

Namun, dengan kemampuan beradaptasi yang baik, kamu akan lebih berani mengambil kesempatan baru yang muncul. Hal ini disebabkan kamu sudah terbiasa dan bisa beradaptasi dengan. berbagai perubahan atau situasi. Kita tidak terjebak di pola pikir dan rutinitas yang kaku. Dengan kesempatan baru, kamu bisa makin bertumbuh, berkembang, belajar hal baru, dan memperluas relasi profesional.

3. Lebih Bahagia

Banyaknya hambatan dalam hidup pasti membuat kita menjadi rentan stres, sering overthinking, dan mengalami kecemasan akan masa depan yang membuat kita sulit bahagia. Kemampuan beradaptasi ternyata bisa berkontribusi pada kebahagiaan kita. Bisa beradaptasi membantu kita untuk punya mental yang lebih kuat. Kemampuan ini membantu kita untuk bersikap lebih positif dan fokus menemukan solusi daripada terjebak dalam perasaan putus asa.

Dengan demikian, kamu bisa menghadapi berbagai perubahan dengan tenang dan tidak stres berlebih. Hal ini bisa mengurangi kecemasan yang bisa mengganggu kebahagiaan kamu. Jadi, kamu bisa menghadapi apa saja dengan tetap bahagia.

4. Mampu Menghadapi Perubahan Karier

Kita bisa saja kehilangan pekerjaan karena kondisi ekonomi yang buruk atau bisnis yang sudah dibangun dengan susah payah terpaksa harus berhenti beroperasi. Ketika menghadapi kondisi seperti ini, kita dihadapkan pada ketidakpastian, rasa khawatir, dan kita pun menjadi stres. Kemampuan beradaptasi membantu kita mengatasi keadaan tersebut dengan sikap yang lebih positif dan solutif.

Fokuslah pada hal-hal yang bisa kamu maksimalkan, contohnya belajar keterampilan baru dan meningkatkan nilai diri agar lebih siap menghadapi perubahan karier atau pekerjaan. Selain itu, kita bisa lebih menerima bahwa perubahan adalah bagian dari kehidupan yang pasti terjadi. Tingkatkan diri kamu dengan mempelajari banyak skill baru yang disediakan di Skill Academy. Cek kelasnya di sini!


Baca juga: 10 Tips Membuat Career Planning untuk Karir yang Cemerlang!

5. Cepat Bangkit dari Kesulitan

Hal buruk bisa terjadi kepada siapa saja dan bisa membuat kita merasa cemas atau khawatir. Dengan kemampuan beradaptasi yang baik, kamu akan menggunakan waktu yang kamu punya untuk menemukan solusi agar hambatan dapat segera teratasi. Kamu tidak perlu menggunakan terlalu banyak waktu dan energi untuk mencemaskan perubahan atau hambatan yang terjadi. Kamu tahu cara menggunakan energi, pikiran, dan waktumu untuk melakukan hal-hal yang bisa dimaksimalkan dan menekan rasa khawatir.

6. Lebih Siap Menghadapi Tantangan

Mudah beradaptasi juga membuat kamu jadi lebih siap untuk menghadapi tantangan. Ini disebabkan kemampuan beradaptasi membuat kamu melihat situasi dari berbagai sudut pandang dan mau mencoba berbagai strategi atau pendekatan untuk menyelesaikan masalah.

Selain itu, pengalaman menghadapi tantangan, perubahan, dan keadaan membuat kita lebih percaya diri dan berani dalam menghadapi berbagai tantangan baru. Kamu mampu beradaptasi dan menghadapi tantangan sebelumnya sehingga kamu juga bisa menghadapi tantangan selanjutnya.

7. Bisa Menjadi Leader yang Lebih Baik

Mudah beradaptasi juga bisa memengaruhi kualitas kepemimpinan seseorang. Seorang pemimpin harus bisa menghadapi dan mengatasi perubahan yang terjadi dalam organisasi. Kemampuan ini membantu pemimpin untuk mengantisipasi, mengelola, dan memandu tim untuk melalui perubahan yang menantang. Dengan kemampuan beradaptasi, pemimpin tidak memiliki gaya kepemimpinan yang kaku tapi bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Selain itu, dengan mudah beradaptasi, seorang pemimpin juga lebih terbuka dengan ide-ide baru sehingga leader bisa mendengarkan dan mempertimbangkan perspektif baru, strategi baru, atau solusi kreatif lainnya. Kamu tidak terikat dengan cara-cara lama atau kaku. Leader juga bisa berkolaborasi dan mendengarkan ide-ide brilian dari anggota tim untuk mendapatkan solusi yang kreatif.

Wah, ternyata mudah beradaptasi di tempat kerja memiliki banyak manfaat, ya. Manfaat itu juga tidak hanya untuk karyawan, tapi juga untuk para pemimpin. Dalam dunia kerja, mudah beradaptasi menjadi skill yang berharga. Dengan mengembangkan kemampuan ini, kamu bisa merasakan beragam manfaat di atas. Kabar baiknya, kemampuan ini bisa ditingkatkan, kok. Kamu bisa belajar professional dan personal development di Skill Academy! Lihat kelasnya sekarang dan selamat belajar!

Cara Mendapatkan Sertifikat Komputer untuk CPNS dan PPPK 2023 - Skill Academy

Referensi:

Adaptability in the Workplace: Benefits and Importance [daring]. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/adaptability-in-the-workplace

 How Well Do You Handle Change? The Benefits of Being Adaptable [daring]. Tautan: https://www.business.com/articles/how-well-do-you-handle-change-the-benefits-of-being-adaptable/

 6 Ways to develop adaptability in the workplace and embrace change [daring]. Tautan: https://asana.com/resources/workplace-adaptability-skills

Kenya Swawikanti