10 Tips Membuat Career Planning untuk Karir yang Cemerlang!

Tips career planning

Untuk mencapai karir impian, kamu membutuhkan career planning yang matang. Yuk simak tips dan trik dalam membuatnya!

Semua orang tentu ingin sukses dalam berkarir. Beberapa orang menilai bahwa kesuksesan dalam karir merupakan salah satu bentuk kesuksesan dalam hidup. Untuk mewujudkan hal ini diperlukan career planning atau rencana karir yang matang. 

Rencana merupakan strategi dan upaya untuk mencapai sebuah tujuan. Begitu pula dalam mencapai kesuksesan karir. Kamu harus menyusun rencana yang matang mulai dari pemilihan tempat kerja, peluang yang tersedia untuk membangun karir, hingga kemampuan-kemampuan yang harus kamu kuasai.

Nah, bagaimana cara membuat rencana karir yang efektif? Yuk simak pembahasannya dalam artikel ini!

 

Manfaat Perencanaan Karir untuk Kesuksesan

Sebelum membahas tips dan trik dalam membuat rencana karir, kamu harus tahu dulu pentingnya career planning atau rencana karir. Menurut Schermerhorn, perencanaan karir adalah sebuah proses penyesuaian tujuan karir dan kemampuan individu dengan peluang yang ada. Sementara itu, menurut thebalancemoney.com, mendefinisikan rencana karir sebagai peta jalan yang akan membimbing kita dari titik awal karir ke tujuan yang diinginkan.

Nah, dari kedua definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa rencana karir itu berkaitan dengan strategi-strategi matang yang disusun demi meraih karir impian. Career planning ini bisa membantu kamu dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat yang dimiliki. 

Manfaat apa saja yang bisa didapat dari membuat career planning? 

Baca Juga: Apa itu Karir? Berikut Penjelasan, Jenjang, dan Cara Menyusun Perencanaanya

Membantu mencapai karir impian

Dengan perencanaan karir yang matang, ibaratnya, kamu memiliki peta yang akan menuntunmu menuju karir yang diimpikan. Dengan begitu, kamu jadi tahu keahlian dan pengalaman apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai pekerjaan impian tersebut.

Membantu perkembangan karir

Saat kamu membuat perencanaan karir, artinya kamu memiliki tujuan yang ingin dicapai. Nah, kalau sudah memiliki tujuan, maka akan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan tersebut dengan memaksimalkan potensi yang kamu miliki.

Membantu memahami diri sendiri

Menyusun career planning bisa membantu kamu dalam memahami diri sendiri. Kamu jadi lebih mengerti apa saja kemampuan yang kamu miliki, pekerjaan yang kamu sukai, peluang yang bisa diambil, dan lainnya.

Efisiensi waktu

Terkadang, saat kita tidak tahu karir apa yang diinginkan bisa jadi kita akan banyak membuang waktu. Sebenarnya tidak ada salahnya juga sih dalam mencoba banyak hal karena bisa menggali potensi baru. Tapi, ketika kamu memiliki perencanaan karir yang matang, kamu akan memiliki tujuan dan langkah yang jelas untuk diambil.

 

menyusun perencanaan karir membuat waktu efisienMembuat career planning bisa membuat waktu kamu lebih efisien. (sumber: unsplash.com)

 

Membantu mempersiapkan diri untuk pensiun nanti

Hal ini mungkin terdengar sangat jauh karena masa pensiun masih panjang. Tapi tidak ada salahnya kan punya rencana sejak dini. Jadi, di waktu pensiun nanti semua sudah dipersiapkan dengan matang. Perencanaan karir ini juga bisa membantu mempersiapkan kamu pensiun nanti. Misalnya dari segi kesiapan finansial, mental, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Hal Yang Harus Dilakukan Fresh Graduate Dalam Perencanaan Karir

 

Tips dan Trik dalam Membuat Rencana Karir yang Efektif

Lalu, bagaimana cara memulai membuat career planning yang baik? Simak tips dan trik berikut ini, yah!

1. Kenali diri sendiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi diri. Kamu harus mengenali diri sendiri mulai dari apa yang kamu suka, kemampuan yang kamu miliki, kelemahan, peluang dan kesempatan yang ada, dan hal lain yang berhubungan dengan kesempatan karir.

2. Tentukan visi atau tujuan

Nah, setelah kamu sudah mengenali diri kamu, tentukan visi atau tujuan karir yang kamu inginkan. Visi ini berhubungan dengan impian yang ingin diraih. Misalnya, bagaimana kamu memandang diri kamu 5 sampai 10 tahun ke depan.

3. Fokus pada kelebihan diri

Fokuslah pada kelebihan dan potensi yang kamu miliki. Kembangkan terus apa yang menjadi nilai tambah kamu. Jangan fokus pada kelemahan. Dengan begitu, potensi-potensi baru juga akan tergali dan nilai kamu semakin meningkat.

4. Ikut tes minat bakat untuk identifikasi karir

Kamu juga bisa memanfaatkan tes minat bakat untuk mengetahui karir apa yang cocok untuk diri kamu. Tes minat bakat ini bermanfaat juga untuk karakter diri. Tapi pilihlah aplikasi-aplikasi yang terpercaya yah supaya hasilnya lebih valid. 

5. Review pencapaian yang pernah kamu dapatkan

Saat kamu berhasil meraih sesuatu, tingkatkan terus prestasi tersebut. Sedangkan ketika kamu mengalami kegagalan, fokuslah pada evaluasi. Perbaiki apa yang masih kurang dan pertahankan yang sudah baik. 

Ada baiknya kamu mencatat semua pencapaian yang pernah kamu dapatkan sebagai prestasi. Masukkan daftar prestasi tersebut ke dalam resume atau CV kamu.

Baca Juga: Kecerdasan Emosional: 5 Manfaatnya Bagi Karier & Cara Meningkatkannya

6. Tingkatkan softskill dan hardskill

Untuk mendapatkan karir impian dibutuhkan serangkaian skill yang harus dikuasai. Misalnya, saat kamu ingin menjadi Art Director, serangkaian keterampilan yang harus dikuasai adalah jiwa leadership, team management, hingga penguasaan editing tools. Nah, tingkatkan softskill dan hardskill yang berkaitan dengan karir impian kamu tersebut.

7. Cermat dalam membaca peluang karir di masa depan

Kamu harus jeli dalam membaca tren dan peluang karir di masa depan. Perkembangan teknologi yang semakin cepat melahirkan banyak peluang-peluang karir yang sebelumnya mungkin belum pernah ada. Kamu harus bisa cepat beradaptasi dan menyesuaikan keterampilan yang kamu miliki dengan kondisi saat ini.

 

cermati peluang karir masa depanCermat membaca peluang karir di masa depan bisa membantu kamu meraih karir impian. (sumber: unsplash.com)

 

8. Gunakan metode “SMART”

Metode SMART adalah Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Time-bound. Metode ini banyak digunakan dalam career planning. Kamu bisa menerapkan SMART saat ingin membuat perencanaan karir yang matang. Rencana karir yang kamu buat harus spesifik, dapat dicapai, realistis, dan seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya.

9. Jalankan career plan dengan disiplin

Disiplin memang terdengar mudah tapi nyatanya tidak semua orang bisa melakukannya. Agar perencanaan karir yang kamu buat bisa berjalan, maka kamu harus disiplin dan tanggung jawab. Kalau tidak, maka rencana karir yang kamu persiapkan dengan detail dan matang tidak akan terlaksana.

10. Lakukan evaluasi secara berkala

Dalam career planning, melakukan evaluasi secara berkala sangatlah penting. Dengan begitu, kamu jadi tahu sudah sampai mana tahap kamu dalam menjalankannya. Kamu juga bisa memperbaiki hal-hal yang sekiranya masih kurang dalam pelaksanaan career plan tersebut.

Baca Juga: 12 Peluang Pekerjaan di Masa Depan yang Paling Dibutuhkan

Nah, bagaimana? Kamu sudah siap untuk membuat rencana karir demi masa depan yang lebih cemerlang? Dengan membuat rencana karir, langkah yang kamu lakukan demi karir impian jadi lebih terarah dan terukur. Kamu bisa mengembangkan skill yang sesuai dengan career plan kamu bisa ikut pelatihan di Skill Academy, lho!

SKill Academy - CTA

Sumber gambar:

Ilustrasi ‘Efisiensi Waktu’ [Daring] Tautan: https://unsplash.com/photos/aiyBwbrWWlo diakses pada 31 Januari 2023

Ilustrasi ‘Membaca Peluang Karir’ [Daring] Tautan: https://unsplash.com/photos/gySMaocSdqs diakses pada 31 Januari 2023

Adya Rosyada Yonas