Mengenal Profesi Kurir, Tugas, dan Tanggung Jawabnya!

Devi Lianovanda Sep 16, 2022 • 7 min read


kurir adalah

Yuk, kenalan lebih dekat dengan profesi kurir mulai dari pengertian, tugas, tanggung jawab, dan beberapa keahlian yang harus dimiliki!

Misi, pakeeeet!

Kalimat barusan menjadi kalimat yang ditunggu-tunggu oleh pelanggan setelah berbelanja online. Rasanya langsung sumringah ketika mendengar suara mas-mas kurir datang membawa paket. Sejalan dengan perkembangan e-commerce dan belanja online di Indonesia, membuat banyak bisnis yang memerlukan jasa kurir atau ekspedisi untuk mengirimkan barang atau pesanan konsumen.

Hal ini juga membuat bisnis ekspedisi jadi semakin berkembang dan beragam. Kalau dulu kita hanya mengenal beberapa nama ekspedisi, sekarang sudah ada sangat banyak pilihan. Peluang kerja sebagai kurir juga terus dibutuhkan. Di setiap daerah yang memiliki cabang ekspedisi tentu membutuhkan kurir. Jika kamu tertarik untuk menjadi kurir, yuk cari tahu terlebih dahulu apa itu kurir, tugas, tanggung jawab, dan beberapa keahlian yang perlu dimiliki!

Apa itu kurir?

Kurir adalah seseorang yang bertugas untuk mengantarkan paket berupa dokumen atau barang lainnya untuk individu, bisnis, institusi, atau lembaga pemerintahan. Kurir bukan merupakan profesi baru. Pekerjaan ini sudah ada sejak dahulu kala dimana seseorang akan berlari untuk menyampaikan pesan atau barang kepada seseorang. Dari situ, muncullah kata courier dalam bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Yunani curere yang berarti lari.

Kurir umumnya mengantarkan paket dengan mengendarai sepeda atau motor. Namun, ada juga kurir yang mengirimkan paket menggunakan mobil. Biasanya jika paket yang dikirimkan berukuran besar atau berjumlah banyak. Paket dikirimkan oleh kurir secara door-to-door atau dari pintu ke pintu.

Mengantarkan paket bukan hal yang mudah. Seorang kurir harus menghadapi cuaca yang tidak menentu, kadang hujan, panas terik, angin kencang, dan lainnya. Selain itu, lalu lintas yang macet juga menjadi kendala pengantaran. Mereka juga harus mencari alamat penerima dengan teliti agar tidak tersesat.

Berapa gaji seorang kurir?

Dilansir dari Indeed, rata-rata gaji kurir di Indonesia adalah Rp 1.191.657 per bulan, dengan gaji tertinggi di kota Bandung yaitu Rp 4.126.799. Jumlah gaji ini bisa berbeda-beda di setiap daerah atau perusahaan ekspedisi. Ada juga perusahaan ekspedisi yang memberikan gaji kurir per paket. 

 

--- Jika kamu tertarik untuk belajar lebih banyak tentang profesi kurir, mulai dari cara membuat CV untuk kurir, proses rekrutmen, pengambilan dan pengiriman paket, sampai pengiriman COD, semuanya ada di kelas ini. Kamu akan belajar bersama Kak Octavinus Kevin yang berpengalaman di bidang ekspedisi lebih dari 6 tahun. Klik banner ini untuk beli kelasnya! ---

kurir adalah

 

Apa saja tanggung jawab dan tugas kurir?

Tugas dan tanggung jawab seorang kurir bukan hanya mengirimkan paket saja, lho. Berikut adalah beberapa tugas lainnya:

  1. Menjemput paket dari pengirim atau gudang ekspedisi
  2. Mengirimkan paket atau barang ke alamat penerima dengan tepat dan akurat
  3. Bertanggung jawab untuk menjaga informasi rahasia seperti data pengirim atau penerima barang 
  4. Menerima pembayaran dan transaksi Cash on Delivery (COD)
  5. Memastikan barang dalam kondisi aman hingga sampai di tangan penerima
  6. Mengisi dokumen status pengiriman yang sudah selesai agar dapat dipantau
  7. Menjawab pertanyaan dan memberikan pelayanan yang ramah kepada konsumen yang menggunakan jasa kurir
  8. Menjalankan, menaati SOP perusahaan ekspedisi yang berlaku

Itu dia tugas dan tanggung jawab kurir, ternyata bukan cuma nganterin paket, ya.

 

Skill dan kualifikasi seorang kurir

Dilansir dari Indeed, berikut merupakan beberapa keahlian dan kualifikasi yang perlu dimiliki seorang kurir:

1. Ketepatan, manajemen waktu, dan mengatur prioritas

Dalam sehari, kurir memiliki target untuk mengirimkan sejumlah paket yang sudah ditentukan oleh pihak ekspedisi. Oleh karena itu seorang kurir harus bisa membagi waktu agar semua paket tersebut bisa selesai dikirimkan pada hari itu. Dengan alamat yang berbeda-beda, kurir harus menentukan rute yang tepat agar tidak berputar-putar dan mengantarkan paket sesuai urutan lokasi dengan efektif.

manajemen waktu

(Sumber: Freepik.com)

Dengan manajemen waktu yang baik, kamu dapat memenuhi jumlah paket yang harus dikirimkan setiap harinya sehingga tidak terjadi penumpukan. Selain itu, paket juga bisa sampai ke tangan pelanggan tepat waktu. 

Baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu agar Kerja Lebih Efektif dan Manfaatnya

 

2. Keterampilan berkomunikasi secara efektif

Kurir bukan hanya mengantarkan paket kepada penerima, tapi juga melakukan komunikasi. Misalnya, kamu mengantarkan paket ke alamat yang asing dengan detail yang kurang jelas. Maka, kamu perlu berkomunikasi dengan konsumen untuk menanyakan detail lengkapnya, meminta share location, atau memberikan tanda yang mudah dipahami kurir. Hal ini bisa dilakukan melalui aplikasi pengirim pesan atau telepon. Atau jika ketika paket dikirimkan sedang tidak ada orang di rumah, kurir juga perlu menanyakan paket harus diletakkan di mana. Apakah di lempar ke halaman, dititipkan ke tetangga, atau dikirimkan di waktu lainnya.

Sama seperti skill lainnya, keterampilan berkomunikasi juga dapat dilatih dan ditingkatkan. Kamu bisa baca 8 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi ini untuk tahu tips-tipsnya!

3. Keterampilan layanan pelanggan

Memberikan pelayanan yang baik menjadi salah satu cara meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan. Selain pandai berkomunikasi, seorang kurir juga perlu memiliki keterampilan layanan pelanggan yang baik. Ketika bekerja, ada saja pelanggan yang mungkin bertanya kepada kurir. Oleh karena itu, kurir harus memberikan jawaban dengan jelas dan ramah. Saat sedang mengantarkan paket, mungkin juga terjadi masalah. Kamu harus menyelesaikan masalah dengan sikap yang ramah. 

kurir ramah

(Sumber: Freepik.com)

Pelayanan yang baik dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana. Misalnya, bersikap sopan, tersenyum, menjawab pertanyaan dengan baik, dan tidak ketus.

 

4. Dapat mengemudikan kendaraan dengan lancar

Seperti yang disebutkan di atas, seorang kurir mengantarkan paket menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Hal ini membuat keterampilan mengemudikan kendaraan dengan lancar menjadi salah satu skill atau requirement yang harus dimiliki seorang kurir. Biasanya, perekrut meminta bukti berupa lampiran SIM A atau SIM C. Tidak hanya itu, kurir juga harus patuh dengan keselamatan berkendara dan undang-undang lalu lintas. Mematuhi peraturan lalu lintas tidak hanya melindungi diri kamu tapi juga menjaga kondisi barang agar tetap aman.

 

5. Skill organisasi yang kuat

Setiap harinya, seorang kurir mengantarkan paket dalam jumlah banyak. Dengan keterampilan organisasi yang baik, kurir dapat menyusun, membawa, dan mengantarkan paket dengan aman dan tepat. Selain itu, keterampilan organisasi juga diperlukan untuk mengantarkan paket berdasarkan alamat dengan teratur agar pekerjaan dapat dilakukan secara efektif. Kurir juga perlu mengisi laporan penyelesaian kiriman agar terupdate di sistem. Dengan keterampilan organisasi yang baik, semua tugas kurir dapat dilaksanakan dengan baik. 

Kamu bisa menggunakan buku catatan kecil atau notes di HP untuk memberikan catatan pada kiriman harian. Misalnya, mau mengirim dari daerah mana ke mana, mencatat semua data penyelesaian pengiriman untuk diupdate di sistem, dan lainnya.

Nah, itulah penjelasan tentang profesi kurir, mulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawab, serta skill yang perlu kamu kuasai untuk menjadi kurir. Semoga membantu, ya! Kamu bisa belajar lebih lengkap seputar pekerjaan ini dengan mengikuti kelas Skill Academy. Dapatkan tips dan trik menarik langsung dari ahlinya. Video belajarnya bisa diakses selamanya! Klik banner berikut untuk kepoin dan beli kelasnya!

Kelas Sukses Kerja Skill Academy

Referensi:

Indeed. 2022. ‘Courier Job Description: Top Duties and Qualifications’ [daring]. Tautan: https://www.indeed.com/hire/job-description/courier?hl=en&co=US (Diakses 13 September 2022)

Betterdream. ‘Delivery Driver Job Description’ [daring]. Tautan: https://www.betterteam.com/delivery-driver-job-description (Diakses 13 September 2022)

Indeed. 2022. 'Kurir salary in Indonesia' [daring]. Tautan: https://id.indeed.com/career/kurir/salaries (Diakses 13 September 2022)

Sumber foto:

Foto seorang wanita dan jam, by lifeforstock. Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/portrait-beautiful-young-asian-woman-show-alarm-clock_9535867.htm#query=time%20management&position=0&from_view=search

 

Profile

Devi Lianovanda

Content Writer at Ruangguru. Terima kasih sudah baca sampai sini!

Beri Komentar