Pentingnya Keterampilan Problem Solving Bagi Individu

Mengapa kemampuan memecahkan masalah atau problem solving penting untuk dimiliki setiap individu? Simak alasan utamanya berikut ini!

Hidup adalah petualangan yang penuh dengan tantangan, mulai dari tantangan kecil hingga besar.

Tantangan ini dapat berupa masalah hidup yang sehari-hari kita temui atau masalah kompleks yang membutuhkan solusi lebih.

Oleh karena itu, dibutuhkan keterampilan memecahkan masalah atau problem solving yang baik, agar seseorang dapat memecahkan masalah yang dihadapi sehari-hari dengan mudah, baik masalah pribadi maupun profesional.

Problem solving sejatinya lebih dari sekedar mencari solusi atas masalah, karena skill ini juga melibatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan ketekunan.

Skill problem solving juga mendorong individu untuk dapat mengelola diri secara efektif demi terwujudnya personal growth yang baik.

Lalu, seberapa penting keterampilan memecahkan masalah bagi individu? Apa faktor yang membuat problem solving menjadi penting?

Berikut beberapa alasan utama mengapa keterampilan pemecahan masalah penting untuk dimiliki individu:

1. Membangun Ketekunan dan Rasa Percaya Diri

Keterampilan memecahkan masalah penting untuk dimiliki karena dapat membantu individu dalam mengembangkan ketekunan dan rasa percaya diri.

Setiap kali dihadapkan dengan masalah, orang-orang dengan kemampuan problem solving yang baik akan melihat masalah tersebut sebagai kesempatan untuk berkembang daripada sebagai halangan yang sulit dilalui.

Mereka percaya bahwa mereka dapat melalui masalah tersebut dengan kemampuan yang dimiliki.

Jika gagal, mereka akan tetap tekun dan mampu untuk melakukan bounce back.

2. Membuat Individu Cepat Beradaptasi dengan Perubahan

Dengan aktif terlibat dalam berbagai situasi yang membutuhkan problem solving, seseorang akan meningkatkan kemampuan diri dalam beradaptasi.

Setiap kali dihadapkan dengan perubahan atau kondisi yang menantang, mereka akan mampu melihat sisi positif dari kondisi tersebut dan cepat beradaptasi.

Mindset seperti ini sangat penting untuk dimiliki, terutama bagi individu dewasa.

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Skill Problem Solving dan Cara Meningkatkannya

3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Analisis

Untuk melakukan problem solving yang baik, individu harus melibatkan kemampuan berpikir kritis serta kemampuan analisis yang baik.

Mereka akan didorong untuk melakukan breakdown terhadap masalah kompleks menjadi masalah yang lebih kecil agar lebih mudah untuk dihadapi dan di-manage.

Proses ini tentunya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh individu beserta dengan kemampuan analisis mereka.

Dengan terbiasa berpikir kritis, seseorang akan mampu mengevaluasi informasi secara objektif, mengidentifikasi pola dalam informasi, serta mengambil kesimpulan yang logis.

4. Mendorong Kreativitas dan Inovasi

Kemampuan memecahkan masalah juga penting karena dapat mendorong kreativitas dan inovasi dalam diri individu.

Tidak jarang seseorang harus bisa berpikir kreatif dan out of the box untuk dapat memecahkan masalah secara efektif serta menghasilkan inovasi.

Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, maka kreativitas dan inovasi yang dimiliki dapat meningkat seiring dengan meningkatnya kemampuan problem solving.

Baca Juga: Mengenal Creative Thinking, Jenis-jenisnya, dan Cara Meningkatkannya

5. Memperkokoh Kemampuan Mengambil Keputusan

Pentingnya memiliki kemampuan problem solving juga didorong oleh fakta bahwa kemampuan tersebut dapat memperkokoh kemampuan mengambil keputusan atau decision-making.

Ketika seseorang dihadapkan dengan masalah, maka mereka harus mengevaluasi berbagai opsi pemecahan masalah dan memilih opsi yang paling baik dan sesuai dengan konteks.

Untuk bisa melakukan pemilihan yang tepat, tentunya dibutuhkan kemampuan untuk mengumpulkan informasi yang relevan serta kemampuan untuk menganalisis potensi akibat yang dapat muncul.

Skill-skill tersebut tidak hanya penting dalam kehidupan profesional, tapi juga penting untuk kehidupan pribadi seseorang.

6. Komunikasi dan Kolaborasi Menjadi Efektif

Problem solving yang baik juga dapat membuat komunikasi dan kolaborasi dengan teman atau kolega menjadi lebih efektif.

Dengan melibatkan diri dalam situasi yang membutuhkan problem solving, seseorang dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mengungkapkan ide yang dimiliki secara jelas, serta mendengarkan pendapat orang lain secara aktif.

Komunikasi dan kolaborasi yang efektif juga dapat membuat satu individu dengan individu lainnya menjadi lebih akrab dan dapat bekerja sama dengan lebih baik.

Ikuti Kelas: Dasar Kemampuan Komunikasi untuk Profesional 

7. Mendorong Tercapainya Personal Growth

Terakhir, kemampuan pemecahan masalah yang baik juga penting untuk dimiliki karena dapat mendorong tercapainya personal growth individu, baik dalam konteks pribadi maupun profesional.

Personal growth sendiri merupakan istilah yang menggambarkan peningkatan atau pertumbuhan dalam diri seseorang, baik ditinjau dari sikap, perilaku, skill, dan lain-lain.

Jika personal growth suatu individu terus bertumbuh, artinya individu tersebut akan mampu menghadapi masalah atau tantangan yang lebih kompleks lagi.

Selain itu, mereka juga mampu memperluas scope hidup mereka.

Mereka akan terbuka untuk mempelajari ilmu baru, menemukan berbagai kesempatan baru, hingga berani mengambil berbagai peran baru yang belum pernah dialami sebelumnya.

 

Demikian beberapa faktor utama mengapa skill pemecahan masalah atau problem solving penting untuk dimiliki oleh individu.

Kemampuan ini tidak hanya penting bagi mereka yang sudah bekerja di bidang profesional saja, namun juga bagi siapapun, termasuk siswa maupun mahasiswa yang masih menempuh jenjang pendidikan.

Untuk melatih kemampuan memecahkan masalah yang dimiliki, seseorang bisa mulai untuk melibatkan diri dalam lebih banyak situasi yang menghadapkan mereka dengan berbagai masalah atau tantangan yang perlu diselesaikan.

Selain itu, bisa juga dengan mengikuti berbagai kelas atau pelatihan mengenai problem solving, salah satunya yang tersedia di Skill Academy.

Bagi kamu yang tertarik ikut kelasnya, kamu bisa klik banner di bawah untuk bergabung bersama Skill Academy sekarang!

 

Referensi:

https://www.detik.com/bali/berita/d-6561992/problem-solving-adalah-manfaat-proses-contoh-dan-tips-meningkatkannya

Kenya Swawikanti