Mengenal Kampus Merdeka dan Program Studi Independen Ruangguru

Skill Academy Jan 18, 2022 • 7 min read


Kampus-Merdeka-Ruangguru

Artikel ini membahas mengenai Kampus Merdeka dan Program Studi Independen Ruangguru.

--

Halo guys, sepertinya ada kabar gembira nih buat kamu yang mahasiswa. Karena program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka telah kembali dibuka! Seperti yang kamu ketahui, melalui program ini kamu berkesempatan untuk dapat belajar dan mengembangkan skill di luar perguruan tinggi. Nah, jika kamu berniat mengikuti program ini, tapi masih bingung, berikut adalah penjelasan mengenai Kampus Merdeka, manfaat, dan program-programnya. Check it out.

Apa itu Kampus Merdeka?

Kampus merdeka adalah sebuah program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek) yang memberikan kesempatan bagi kamu untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Sehingga nantinya kamu dapat bekerja sesuai dengan jurusan dan minat yang kamu miliki.

Selama berstatus sebagai mahasiswa, baik dari perguruan negeri atau swasta, kamu memiliki kesempatan yang sama untuk dapat mengikuti program ini.Dengan mengikuti program ini, kamu tidak hanya melakukan aktivitas di luar kampus, tetapi juga bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti, 

  • Kegiatan praktik yang dapat dikonversi menjadi SKS
  • Eksplorasi pengetahuan dan kemampuan secara komprehensif selama satu semester
  • Belajar dan memperluas jaringan di luar program studi atau kampus asal
  • Menimba ilmu secara langsung dari mitra perusahaan berkualitas dan terkemuka

Ada dua program utama yang bisa kamu ikuti di Kampus Merdeka:

Program Magang

Program ini dirancang untuk kamu yang ingin mencari pengalaman kerja di bidang industri yang lebih spesifik dan tentunya sesuai dengan minat yang kamu miliki. Dengan mengikuti program magang ini, kamu diharapkan bisa mengembangkan hard skill dan soft skill, sehingga kamu dapat lebih siap untuk bersaing di dunia kerja di masa depan. Selama magang, kamu juga mendapatkan uang saku dan manfaat lainnya seperti:

  1. Keberlanjutan karir
    Peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang.
  2. Keterlibatan langsung dan mendalam
    Pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari Universitas.
  3. Gambaran nyata dunia kerja
    Pengetahuan tentang praktik terbaik dalam industri dan sektor yang diminati.
  4. Bangun dan perluas koneksi
    Kama dapat membangun jaringan dan hubungan dengan orang-orang yang ada di dalam industri tempat magang.

Studi Independen 

Selain magang, Kampus Merdeka juga memiliki program lainnya yaitu, Studi Independen Kampus Merdeka. Studi Independen adalah program yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Misalnya seperti, mengikuti pelatihan atau kelas online.  Dengan mengikuti program ini, kamu dapat menguasai keahlian yang lebih spesifik dan praktis yang dicari dalam dunia kerja. 

Studi Independen akan berlangsung selama 1 hingga 2 semester dengan mengambil dari jatah SKS yang kamu miliki. Dengan mengikuti program ini, kamu juga bisa mendapatkan Sertifikat Kampus Merdeka dan berbagai keuntungan seperti, 

  1. Pembelajaran yang relevan
    Ilmu praktis dan sertifikasi yang sesuai kebutuhan industri.
  2. Ubah aspirasi jadi aksi
    Kesempatan untuk masuk ke dalam jalur karir yang diinginkan.
  3. Kreativitas tanpa batas
    Pengalaman mengimplementasikan ilmu sesuai standar industri.
  4. Bangun dan perluas koneksi
    Berjejaring dengan pihak yang relevan dengan karir pilihanmu.

Kini juga telah hadir Studi Independen Ruangguru yang menyediakan berbagai program studi yang menarik dan dapat meningkatkan keahlianmu, khususnya di bidang teknologi dan digital.

Apa itu Studi Independen Ruangguru?

Studi Independen Ruangguru adalah program kerja sama antara Ruangguru dengan Kampus Merdeka untuk membekali dan mempersiapkan generasi muda agar menjadi #LulusanAndalan di masa depan. Adapun Studi Independen Ruangguru bertujuan untuk memberikanmu pengalaman pembelajaran yang mendalam berbasis proyek dan penanganan bisnis nyata. 

Nantinya di Studi Independen Ruangguru kamu akan menjalani studi online komprehensif yang terdiri dari: 

  • Pembelajaran Mandiri, yaitu proses belajar melalui video pembelajaran online yang diajarkan oleh para pemimpin top di industri dengan total 91-150 jam. 
  • Pembelajaran Daring Sinkron, setiap peserta program studi mandiri akan memiliki kelas (25 mahasiswa) dengan mentor atau ahli eksternal untuk meningkatkan kompetensi teknis dengan total pembelajaran 332-482 jam.
  • Pendampingan, 1 on 1 mentoring berkelanjutan dengan mentor selama program (dua mingguan/2 jam) dengan total 40-50 jam
  • Kuliah Umum, yaitu sesi webinar/pembelajaran dua mingguan dengan keahlian eksternal untuk meningkatkan kompetensi umum kamu (dua mingguan-50 jam)
  • Tugas, tugas pembelajaran berbasis proyek dengan total waktu selama 270-450 jam

Manfaat dari mengikuti Studi Independen Ruangguru

Selain keuntungan-keuntungan di atas, dengan mengikuti Studi Independen Ruangguru, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan eksklusif lainnya seperti:

manfaat-studi-independen-ruangguru

Nah, nantinya bagi kamu yang mendaftar dan terpilih sebagai best student, juga akan mendapatkan hadiah tambahan dengan total 175 juta rupiah. 

hadiah-best-student

Wah, benefit-nya oke banget, kan? Kamu bisa mendaftar GRATIS sampai tanggal 21 Januari 2022 dengan klik link berikut ini:

https://linktr.ee/StudiIndependenRG 

Program Studi Independen Ruangguru

Di studi Independen Ruangguru, program studi yang ditawarkan ada tiga, dengan rincian sebagai berikut:

1. Front-end Engineering

Apakah kamu memiliki minat dengan pengembangan website? Jika iya, maka program front-end engineering sangat cocok denganmu. Dengan mengikuti program ini, kamu nantinya akan dapat menciptakan situs web yang interaktif dan responsif. Di program ini kamu juga akan mempelajari berbagai topik mengenai front-end engineering seperti: 

  • Software Engineering
  • Frontend Programming & Framework
  • Component Programming with React
  • Creating Application Programming Interface
  • SEO & Web Performance Optimization
  • Website Protection & Security

2. Back-end Engineering

Tanpa dukungan back-end yang baik, sebuah website akan berjalan lambat, error, hingga tidak dapat diakses. Jika kamu memiliki ketertarikan yang lebih mendalam mengenai pengembangan website, maka program back-end engineering merupakan pilihan yang tepat. Dengan mengikuti program ini, kamu nantinya dapat membangun komponen back-end website dan aplikasi yang berkualitas tinggi. Di program ini, kamu akan belajar:

  • Software Engineering
  • Backend Programming & Clean Code
  • Database Management & Technology
  • Distributed System & DevOps
  • Website Protection & Security

3. Data, Business Analytic, & Ops

Terakhir, seperti yang kamu ketahui, saat ini skill yang berhubungan dengan data analis cukup diminati. Jika kamu memiliki minat terhadap dunia bisnis dan IT, maka program data, business analytic, & ops layak untuk dicoba! Nantinya di kelas ini kamu akan mempelajari berbagai materi mengenai pengolahan data seperti,  

  • Introduction to Data Analytics for Business
  • SQL for Analytics
  • Data and Visualizations with Tableau
  • Operations Analytics

 

Itulah penjelasan mengenai apa itu Kampus Merdeka beserta program-programnya. Gimana guys? Pastinya kamu gak mau ketinggalan kan? Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai Studi Independen Ruangguru, bisa cek info selengkapnya dengan mengklik banner di bawah ini. Jadi tunggu apa lagi, yuk bergabung dengan Studi Independen Ruangguru dan siapkan dirimu untuk jadi #LulusanAndalan. kelas-kampus-merdeka-ruangguru

 

Profile

Skill Academy

Indonesia's #1 Upskilling/Reskilling and Lifelong Learning Platform.

Beri Komentar