Fakta Menarik WFH (Work From Home) yang Menjadi Pilihan di Masa Pandemi

Gulman Azkiya Jan 12, 2021 • 3 min read

WFH-adalah

Sejak menyebarnya virus covid 19 atau corona yang meangkibatkan PSBB hingga lockdown membuat cara bekerja berubah drastis menuju WFH. WFH artinya adalah work from home atau bekerja dari rumah. Mungkin beberapa dari kamu sudah ada yang melakukan pekerjaan dari rumah dan merasakan sensasinya. Karena cara pekerjaan jenis ini cukup unik, maka pada artikel ini akan membahas fakta menarik  WFH (Work From Home) yang menjadi pilihan di masa pandemi. Check it out!

1. Sudah diterapkan sejak 1 juta tahun lalu

Ternyata WFH sudah ada sebelum menyebarnya pandemi covid 19.  Cara bekerja dari rumah sudah diterapkan dari zaman Hunter-Gatherers (pemburu dan pengumpul) yang mana manusia melakukan perburuan dan menanam bahan-bahan makanan di sekitaran rumah mereka. Lalu WFH juga diterapkan pada zaman abad pertengahan yang mana kehidupan mansia lebih modern. 

Pasca revolusi industri yang memperkenalkan cara bekerja modern yang mana para pekerja ditugaskan bekerja di luar rumah berdasarkan keahlian yang mereka miliki. Namun, ide untuk bekerja dirumah kembali mucul pada tahun 1970an dalam bentuk konsep "telecommuting”.

Telecommuting adalah bentuk perjanjian kerja yang mana karyawan atau pekerja dapat bekerja secara fleksibel dan tidak harus ke kantor dengan memaksimalkan teknologi telekomunikasi.

2. WFH memiliki waktu kerja lebih lama dari kantor

WFH memiliki waktu yang lebih lama

(Sumber: Unsplash.com)

Menurut CNBC International bahwa jam kerja karyawan bertambah didepan meja ketika WFH. Memang benar bekerja di rumah dapat menghemat pengeluaran karena tidak menggunakan transportasi. Namun, tentu saja ada sesuatu yang berbeda ketika bekerja dari rumah. 

Dikutip dari CNBC Indonesia menurut Co-CEO Global Jobs Network Gemma Lloyd, perubahan cara kerja yang mana biasanya para karyawan memiliki waktu untuk berangkat ke tempat kerja berganti hanya duduk didepan latop. Padahal duduk berjam-jam untuk bekerja tidak baik untuk kesehatan, dan berpengaruh ke kualitas pekerjaan

Perbedaan ini juga terlihat ketika kita bekerja di kantor fokus kita hanya tertuju pada pekerjaan, sedangkan bekerja dari rumah membutuhkan usaha lebih agar dapat membagi prioritas pekerjaan dengan urusan pribadi/rumah sehingga kadang tingkatan stress dapat bertambah. 

3. Menjadi target peretas dan cybercriminals

Pandemi membuat bertambahnya jumlah orang yang melakukan WFH membuat para hacker dan para penjahat di dunia maya mulai menaruh perhatiannya pada pekerja yang melakukan WFH. Pekerjaan ini pastinya membutuhkan koneksi internet dan tentu saja membuka jalan masuknya berbagai jenis peretasan. 

Dikutip dari kaspersky.com, peneliti mencatat peningkatan WFH mengakibatkan bertambahnya aktivitas berbahaya berupa pengiriman spam, phishing, dan bahkan file berbahaya. Selain itu, para peretas juga menargetkan lembaga pendidikan dan lembaga pemerintah. 

Hal ini dikarenakan lembaga-lembaga tersebut telah menerapkan pembelajaran dan bisnis dari jarak jauh. Penjahat dunia maya mengandalkan kurangnya sumber daya TI dan kerentanan seperti perangkat lunak lawas sebagai kesempatan bagi mereka. 

4. Tetap menjadi pilihan setelah pandemi berakhir

Walaupun nantinya pandemi ini berekahir kemungkinan WFH tetap diterapkan, khususnya perusahaan yang bergerak di bidang IT dan telekomunikasi. Seperti yang kita tahu perusahaan seperti Facebook dan Amazon sudah merencanakannya sejak pandemi mulai menyebar. 

Hal ini menunjukan bahwa kedepannya WFH akan menjadi pilihan dalam melakukan pekerjaan bagi karyawan oleh perusahaan. Lalu bagimana dengan Work from home di Indonesia? sepertinya kita akan tahu jawabannya di tahun setelah pandemi ini berakhir. 

5. Mengurangi ketegangan waktu bekerja

Mengurangi ketegangan

(Sumber: Pexels.com)

Dikutip dari kaspersky.com, kondisi WFH yang lebih santai dari suasana kerja di kantor membuat WFH dapat mengurangi ketegangan antar karyawan bahkan dengan atasan. Hubungan dari jarak jauh atau tidak tatap muka secara langsung juga membuat tingkat konflik juga berkurang. 

 

Nah, itu lah fakta menarik WFH (Work From Home) yang menjadi pilihan di masa pandemi. Kalau kalian gimana? semoga lancar ya work from home nya.

 

Beri Komentar