Pentingnya Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan Beserta Contohnya

Kusariani Adinda Okt 21, 2021 • 8 min read


surat keterangan kerja

Surat keterangan kerja dari perusahaan adalah dokumen penting bagi karyawan dalam memenuhi persyaratan tertentu, seperti melamar pekerjaan ke perusahaan baru sampai mendapatkan pinjaman dari bank.

--

Kalau kamu sedang berkarir di sebuah perusahaan, pasti nggak asing dengan istilah resign dengan tujuan membangun karir yang lebih baik lagi. Biasanya perusahaan menetapkan secepatnya one month notice untuk proses pencarian karyawan baru, kemudian mengerjakan berbagai tugas yang belum selesai sebelum dipindahkan ke karyawan baru tersebut. 

Saat hari terakhir kerja, karyawan yang mengajukan resign meminta dokumen sebagai bukti bahwa ia pernah berpengalaman dalam bekerja. Dokumen tersebut adalah surat keterangan kerja berupa paklaring.

 

Apa itu surat keterangan kerja dan manfaatnya?

Surat keterangan kerja merupakan dokumen yang berfungsi sebagai bukti bahwa seorang karyawan masih atau pernah bekerja di perusahaan tersebut. 

Surat keterangan kerja nggak bisa dibuat oleh karyawan itu sendiri. Dengan mewakili perusahaan, HRD atau manajer yang dengan karyawan yang bersangkutan berhak membuat surat ini.

Kenapa surat keterangan kerja dianggap penting? Soalnya, dengan surat keterangan kerja dari perusahaan akan mempermudah segala kebutuhan karyawan. Berikut kemudahan yang dirasakan karyawan dengan menggunakan surat keterangan kerja sebagai dokumen pendukung:

 

1. Melamar ke perusahaan baru

Umumnya, ada beberapa perusahaan yang meminta surat keterangan kerja sebagai dokumen pendukung saat melamar kerja (paklaring). Surat tersebut menjadi bukti bahwa kamu sebagai seorang mantan karyawan memiliki pengalaman kerja di perusahaan terdahulu selama beberapa waktu. 

Biasanya, dalam surat keterangan kerja (paklaring) ini juga dijelaskan bagaimana sikap mantan karyawan dalam berkontribusi di sebuah perusahaan. Informasi ini membuka pandangan perusahaan baru terhadap karyawan saat beradaptasi di masa percobaan.

 

2. Melamar beasiswa

Surat keterangan kerja bisa ditujukan kepada karyawan untuk keperluan melamar beasiswa profesional. 

Sama seperti melamar ke perusahaan baru, pada surat keterangan kerja terdapat informasi mengenai kontribusi dan pengalaman karyawan tersebut untuk meyakinkan pihak penyedia beasiswa.

 

3. Mengajukan pinjaman ke bank

Bukan cuma melekat dengan resign dan melamar beasiswa, surat keterangan kerja dari perusahaan berfungsi sebagai syarat dokumen untuk mengajukan pinjaman ke bank. Misalnya, saat kamu mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), sampai Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Selain KTP dan slip gaji, surat keterangan kerja dari perusahaan menjadi syarat sebagai bukti bahwa kamu sebagai karyawan dengan pekerjaan yang jelas nantinya dipercaya dapat membayar pinjaman.

 

Baca juga: Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja (Cover Letter) yang Benar

 

4. Membuat rekening baru di bank

Biasanya, surat keterangan kerja dari perusahaan akan diminta oleh pihak bank saat kamu membuka rekening baru untuk pembayaran gaji. Surat keterangan kerja ini diserahkan juga bersamaan dengan KTP.

 

5. Pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu fasilitas dari perusahaan yang dananya bisa dicairkan saat karyawan melakukan pengunduran diri.

Untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan dibutuhkan surat keterangan kerja dari perusahaan lama, KTP, KK, kartu peserta, dan kartu klaim jaminan hari tua (JHT).

Selain itu, adapun beberapa fungsi lainnya dari surat keterangan kerja adalah sebagai syarat administrasi dalam pembuatan visa wisata, paspor, dan Nomor Pengguna Wajib Pajak (NPWP).

 

Kapan surat keterangan kerja dari perusahaan bisa dibuat?

Surat keterangan kerja dari perusahaan bisa kamu ajukan kapan saja, selama waktunya tidak melewati batas persyaratan dari pihak terkait.

Untuk kebutuhan melamar pekerjaan baru, surat keterangan kerja dari perusahaan (paklaring) bisa dibuat setelah proses one month notice karyawan selesai. 

 

surat keterangan kerja adalah

Wajarnya, perusahaan membuat surat keterangan kerja (paklaring) sebagai syarat administrasi melamar pekerjaan baru jika kamu sebagai karyawan telah bekerja minimal 6 bulan. Akan tetapi, setiap perusahaan bisa jadi memiliki kebijakan yang berbeda. Sehingga, kamu bisa berdiskusi dengan HRD terlebih dulu.

 

Komponen penting dalam surat keterangan kerja dari perusahaan

Surat keterangan kerja merupakan dokumen yang bersifat resmi. Maka dari itu, ada beberapa komponen penting yang harus ada dalam dokumen ini:

  • Kop surat dengan keterangan nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon.
  • Perihal surat.
  • Isi surat dengan keterangan:
    • Nama karyawan
    • Jabatan karyawan
    • Alamat karyawan
    • Lama waktu bekerja, biasanya mencantumkan tanggal kerja dimulai sampai selesai.
    • Pernyataan mengenai karyawan merupakan pekerja di perusahaan
  • Penutup
  • Tanda tangan pihak yang membuat surat dengan keterangan nama jelas.
  • Cap perusahaan

Contoh surat keterangan kerja dari perusahaan

Untuk membuat surat ini, berikut contoh surat keterangan kerja yang formatnya bisa kamu ikuti.

 

1. Surat keterangan kerja sederhana

 

surat keterangan kerja sederhana

 

Dengan format ini, surat keterangan kerja ini bisa digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan.

 

2. Surat keterangan kerja untuk melamar pekerjaan baru

 

surat keterangan kerja untuk melamar pekerjaan baru

Saat melamar pekerjaan baru dibutuhkan informasi tambahan dalam surat keterangan kerja, seperti keterangan waktu karyawan bekerja dan bagaimana sikap karyawan saat berkontribusi di perusahaan lama.

 

Ikuti kelas: Mengelola Administrasi untuk Juru Tata Usaha Surat Menyurat (Admin)

 

3. Surat keterangan kerja untuk mengajukan KPR

 

surat keterangan kerja untuk kpr

 

Format surat ini bisa kamu aplikasikan untuk segala kebutuhan perbankan lainnya, nih! Kamu bisa sesuaikan dengan tujuan, seperti mengajukan kredit lainnya, atau membuat rekening baru.

 

4. Surat keterangan kerja untuk pembuatan visa

 

surat keterangan kerja untuk pembuatan visa

 

Diajukan ke duta besar negara tujuan, alangkah baiknya surat keterangan kerja ditulis menggunakan bahasa Inggris.

 

Surat keterangan kerja, dokumen penting untuk segala kebutuhan karyawan

Surat keterangan kerja dari perusahaan sebagai dokumen penting untuk memenuhi segala kebutuhan karyawan, baik untuk kepentingan melamar pekerjaan baru (paklaring), perbankan, wisata, sampai mencairkan dana jaminan hari tua.

Untuk informasi lainnya seputar dunia kerja, yuk ikuti terus update dari Skill Academy! Jangan lupa untuk daftarkan diri kamu di ribuan kelasnya dengan harga terjangkau yang bikin karir kamu makin naik kelas.

 

Kelas Sukses Kerja Skill Academy

 

Sumber:

Indeed. (2021). What Is an Employment Verification Letter? (With Examples and Templates). [daring]. https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/employment-verification-letter

Purba, Olivia. (2020). Surat Keterangan Kerja untuk Pengajuan Visa. [daring]. https://www.travelingajadulu.com/visa/surat-sponsor-visa/

Idcloudhost. (2020). Cara Membuat Surat Keterangan Kerja dan Contohnya. [daring]. https://idcloudhost.com/cara-membuat-surat-keterangan-kerja-dan-contohnya/

 

Profile

Kusariani Adinda

Lorem ipsum dolor sit amet, assalamualaikum warganet! | Freelance Content Writer at Ruangguru | kusarianiadindablog.wordpress.com

Beri Komentar