Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja (Cover Letter) yang Benar

Salsabila Nanda Agu 4, 2021 • 4 min read


SA_-_Surat_Lamaran_Kerja-01

Simak contoh, format, dan panduan membuat surat lamaran kerja (cover letter) yang lengkap dan benar.

---

Selain CV, surat lamaran kerja atau cover letter menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Tak jarang beberapa jobseeker hanya mencantumkan CV tanpa disertai surat lamaran kerja. Padahal, surat lamaran kerja (cover letter) berfungsi sebagai screening awal bagi HRD sebelum menilai CV kamu.

Surat lamaran kerja (cover letter) merupakan perkenalan diri yang berisi alasan mengapa kamu tertarik untuk bekerja di sebuah perusahaan. Kamu juga bisa memberikan highlight mengenai latar belakang pendidikan dan kemampuan yang dimiliki agar menarik perhatian recruiter.

Surat lamaran kerja (cover letter) dapat kamu kirimkan ke email perusahaan atau email recruiter (HRD). Di beberapa daerah, ada juga perusahaan yang menginginkan surat lamaran kerja dibuat dengan tulisan tangan. 

Sistematika Penulisan Surat Lamaran Kerja

Ketika menulis surat lamaran kerja, kamu perlu mengetahui format pembuatannya. Nah, berikut 8 hal yang wajib dicantumkan ke dalam surat lamaran kerja:

Baca Juga: 10 Kesalahan dalam Penulisan CV

  1. Salam pembuka
  2. Nama kandidat dan tujuan mengirim surat
  3. Latar belakang pendidikan
  4. Keterampilan (skill) dan pengalaman yang dimiliki (jika ada)
  5. Alasan melamar di posisi terkait
  6. Kontak berupa email dan nomor HP
  7. Salam penutup
  8. Lampiran

Khusus poin lampiran, ada perusahaan yang hanya meminta CV dan portofolio. Namun, ada juga yang meminta kandidat untuk melampirkan fotokopi KTP, KK, atau SKCK. Jadi, pastikan kamu membaca syarat loker dengan seksama ya.

Contoh Surat Lamaran Kerja (Cover Letter) Bahasa Indonesia

Contoh surat lamaran kerja cover letter bahasa indonesia

Baca Juga: Cara Membuat CV untuk Beasiswa, Auto Lolos!

Contoh Surat Lamaran Kerja (Cover Letter) Bahasa Inggris

Contoh surat lamaran kerja cover letter bahasa inggris

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja (Cover Letter)

Setelah mengetahui format dan contohnya, berikut tips menulis surat lamaran kerja yang bisa kamu terapkan. Auto dipanggil interview deh!

  • Riset tentang perusahaan

    Tak kenal maka tak sayang. Kira-kira perusahaan seperti apa yang mau kamu lamar? Start-upcorporate, atau ahensi iklan? Masing-masing punya identitas yang berbeda. Gaya penulisan cover letter untuk perusahaan ahensi mungkin lebih santai, karena ingin menggali kreativitas kandidatnya.

  • Jangan copy paste

    Jadi diri sendiri aja ya. Hindari menjiplak kalimat teman atau orang lain di internet. Contoh di atas boleh dijadikan referensi, namun tidak untuk ditiru semuanya. Ingat, cover letter merupakan gerbang awal sebelum masuk ke tahap CV dan interview. Recruiter bisa tahu kalau kamu bohong lho.
Baca Juga: Kenapa Lamaranku Nggak Digubris HRD?
  • Beri informasi yang sesuai dengan kualifikasi

    Apakah persyaratan yang dicantumkan sesuai dengan keahlian yang kamu miliki? Kalau lokernya berhubungan dengan marketing, nggak perlu mencantumkan skill ngoding. Sebutkan saja hal yang berkaitan dengan marketing, seperti mahir menguasai teknik penulisan SEO  atau memahami tren media sosial. Meskipun jago ngoding, keahlian itu nggak perlu kamu sebut di dalam surat lamaran kerja. Nggak nyambung dan sia-sia jadinya, hehe.
  • Cek tata bahasa dan penggunaan kalimat

    Sebelum mengirim, periksa kembali keseluruhan surat lamaran kerja. Pastikan nomor telepon yang kamu tulis masih aktif, lalu hindari menggunakan singkatan agar HRD tidak kesulitan saat membaca. Terakhir, jangan typo nulis nama kantor!

---

Semoga contoh dan tips di atas bisa membantu kamu untuk berjodoh dengan pekerjaan yang diinginkan. Masih ragu buat melamar kerja? Di Skill Academy ada kelas persiapan CV dan interview loh. Cobain deh, ada potongan harganya!

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi:

Cover Letter [Daring]. Tautan: https://www.indeed.com/career-advice/resumes-cover-letters/what-is-a-cover-letter

https://www.thebalancecareers.com/tips-for-sending-email-cover-letters-2058491

https://www.thebalancecareers.com/top-cover-letter-writing-tips-2060304

(diakses 02 Agustus 2021)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar