Begini Cara Verifikasi Email Kartu Prakerja yang Tak Kunjung Masuk

Cara-verifikasi-email-kartu-prakerja

Artikel ini membahas mengenai cara verifikasi email prakerja.

Setelah melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, sebagian dari kamu mungkin ada yang mengalami beberapa masalah. Salah satunya yaitu, verifikasi email yang tak kunjung masuk sehingga membuat kamu kebingungan. Kamu tidak usah panik, berikut adalah cara verifikasi email Kartu Prakerja.

1. Pastikan alamat email yang kamu masukan benar

Ketika melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, pastikan email yang kamu masukan benar dan tidak salah ketik. Kemudian pilih ‘Daftar’ di bawah kolom password. 

Cek-email-kamu-untuk-verifikasi

Setelah melakukan pendaftaran, nantinya pada website Kartu Prakerja akan muncul halaman pop-up seperti gambar di atas. Langkah selanjutnya yaitu cek pesan verifikasi pada email-mu.

2. Login kembali ke email (gmail) kamu

Cobalah masuk kembali ke email kamu, lakukan pengecekan pada pesan masuk. Jika email yang kamu gunakan adalah email yang biasa kamu gunakan untuk urusan lain seperti bisnis atau pekerjaan, maka tak jarang email tersebut tertimbun oleh pesan (email) yang baru masuk. Jadi coba cek kembali.

3. Cek pesan masuk pada Spam

Jika email verifikasi Prakerja tidak ada pada kotak masuk, maka coba cek pada kotak spam yang ada pada email-mu. Langkah pertama yaitu pilih ‘Selengkapnya‘ pada bagian menu yang ada di sebelah kiri gmail. Scroll kebawah hingga menemukan kolom Spam. Setelah itu klik, kemudian kamu dapat menemukan pesan dari kartu prakerja, seperti gambar di bawah.

Email-verifikasi-prakerja-pada-spam-email

4. Klik Verifikasi Email Sekarang

Setelah membuka pesan dari Kartu Prakerja kamu akan menemukan tulisan ‘Verifikasi Email Sekarang’. Klik tulisan tersebut maka kamu akan diarah kembali ke dashboard prakerja. Jika tulisan tersebut tidak berfungsi, kamu dapat klik link yang ada di bawah tulisan tersebut. 

Klik-vertifikasi-Email-prakerja

Jika verifikasi email berhasil, kamu akan diarahkan ke website Prakerja dengan pemberitahuan “Selamat! Email kamu sudah berhasil terverifikasi di paltform Kartu Prakerja”. Setelah itu, kamu dapat kembali menuju dashboard dan melakukan login untuk  melanjutkan tahapan pendaftaran Kartu Prakerja. 

Selain itu, jangan menunda untuk melakukan verifikasi email. Hal ini karena waktu melakukan verifikasi hanya belaku selama 24 jam. Jika melewati waktu tersebut, kamu harus melakukan pendaftaran kembali.

 

5. Hubungin call center kartu prakerja (08001503001)

Jika permasalahan verifikasi email kartu prakerja tidak muncul di email, kamu dapat melakukan panggilan dalam bentuk pelaporan ke call center kartu prakerja (08001503001) dengan waktu layanan dari jam 08.00 – 20.00 Malam.

Memverifikasi email kartu prakerja, memang menjadi pemasalahan yang berulang. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mendaftar kartu prakerja, coba pelajari langkah-langkahnya dengan baik dan benar. Sangat penting bagi kamu untuk mempelajari syarat, tata cara mendaftar, hingga bagaimana cara melalukan verifikasi email agar kamu tidak kesulitan nantinya.

Jika sebagian dari kamu menganggap hal ini terlalu menyusahkan, kamu bisa mempelajarinya jauh-jauh hari sebelum waktu pendaftaran dibuka. Karena nantinya tidak seditikit orang yang melakukan pendaftaram, sehingga dapat meningkatkan kemumkinan website Prakerja menjadi eror

Bagaimana guys, apakah kamu dapat memverifikasi emailnya? Jika masih belum, cobalah tunggu beberapa saat dan coba cek kembali pesan masuk atau kotak spam pada email-mu. Itulah cara verifikasi Kartu Prakerja yang tak kunjung muncul. Jika sudah selesai mendaftar, kamu bisa memilih kelas pelatihan Prakerja pada Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia kelas-kelas menarik dengan instruktur terpercaya.

Prakerja Skill Academy

Gulman Azkiya