6 Cara Mempromosikan Video Youtube, Efektif Tingkatkan Jumlah Penonton

Gulman Azkiya Sep 1, 2021 • 9 min read


Cara-promosi-video-youtube

Artikel ini membahas mengenai cara promosi video Youtube.

--

Halo guys. Apakah kamu berniat menjadi seorang content creator? Atau sedang dalam proses membangun channel Youtube? Jika iya, maka kamu sedang berada di tempat yang tepat. Seperti yang diketahui, untuk menjadi seorang content creator bukan lah hal yang mudah. Terutama bagi kamu yang bekerja tanpa tim. 

Pada praktiknya banyak aspek agar bisa membuat konten video mu mendapatkan views yang banyak. Salah satunya yaitu bergantung pada cara kamu mempromosikannya. Hal ini bukah hanya sekedar membagikannya kepada teman-temanmu, melainkan membuat konten tersebut mudah ditemukan oleh orang lain. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin meningkatkan jumlah penonton, berikut adalah cara mempromosikan video Youtube dengan mudah.

1. Pilih kata kunci yang mudah ditemukan Google

Bagi kamu yang baru membangun channel, hal ini merupakan langkah yang sangat efektif untuk mempromosikan video mu. Dikutip dari blog.hootsuite.com, sekarang orang tidak hanya mencari video di YouTube, tetapi juga menggunakan penelusuran pada Google. Agar konten mu mudah di temukan di google kamu membutuhkan beberapa langkah sebagai berikut.

a. Identifikasi kemungkinan kata kunci 

Untuk dapat melakukan identifikasi kata kunci yang tepat, kamu dapat menggunakan beberapa tools seperti, Google Trends. Tools ini berfungsi untuk mengetahui tren yang sedang terjadi berupa apa yang paling banyak di cari orang-orang di Google. Dengan menggunakannya, kamu juga bisa mencari ide untuk konten video mu.

b. Gunakan kata-kata yang familiar

Coba hindari menggunakan kata-kata yang terdengar asing bagi penonton. Kamu dapat menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Pemilihan kata yang tepat, dapat memudahkan video mu untuk ditemukan. Contohnya, kamu dapat menggunakan kata “cara” “tips” untuk konten tutorial. Selain itu, kamu juga bisa langsung menuliskan inti dari video mu. Contohnya, “Keren, Ini Tempat Rahasia Kawah Putih Bandung”

Kata kunci ini dapat kamu terapkan pada penulisan judul dan deskripsi video. Sehingga membuat Google menganalisis dan menampilkan video mu pada halaman pertama pencarian Google.

2. Gunakan judul yang pendek

Coba usahakan tidak membuat judul yang berbelit-belit dan terkesan berlebihan.  Kamu bisa membuat judul dengan 60 karakter atau kurang, agar judul video mu tidak terpotong pada tampilan halaman Youtube. Judul yang panjang juga membuat penonton menjadi kurang tertarik. Kunci dari penulisan judul pada konten youtube adalah ringkas, namun tetap menarik. 

Selain itu, jangan terlalu mengandalkan klik bait. Memang tidak terbantahkan penulisan dengan gaya ini memiliki kemungkinan yang tinggi untuk di klik oleh penonton. Tapi, apakah mereka akan bertahan lama menonton video mu? Itu semua kembali kepada kualitas dan isi konten video yang kamu buat.

3. Buat thumbnail yang menarik

Kamu pasti sering melihat gambar mini pada sebuah tampilan video di Youtube? Hal tersebut biasa disebut dengan thumbnail. Sederhananya thumbnail adalah gambar cover/tampilan mini dari video yang ada di Youtube.  Gambar ini merupakan hal pertama yang dilihat penonton ketika melihat sebuah video pada Youtube. 

Pada saat kamu mengunggah video, YouTube bisanya mengambil beberapa tangkapan layar dari video mu untuk dijadikan gambar mini. Sayangnya, terkadang gambar yang diambil akan menjadi buram dan terkesan biasa.  Tapi, ternyata kamu bisa mengatur dan membuat thumbnail yang lebih menarik lho. Coba kamu perhatikan, umumnya para content creator memiliki thumbnail yang menjadi khas mereka. 

contoh-thumbnail-youtube

Fungsi utama dari  thumbnail ini adalah menarik perhatian penonton.  Menurut studi MIT, otak kita dapat mengidentifikasi gambar yang terlihat hanya dalam 13 milidetik.  Oleh karena itu, untuk dapat membuat para pengunjung Youtube tertarik menonton video mu, maka kamu perlu membuat tampilan thumbnail yang menarik seperti, 

  • Desain yang unik
  • Gambar yang sesuai dengan konten 
  • Memiliki Big-Bold text sebagai judul pendek

Ikuti kelas: Membuat dan Memasarkan Konten Kreatif Digital untuk Menjadi Content Creator

4. Optimalkan deskripsi pada video

Dalam upaya untuk membangun channel yang besar, kamu perlu mengoptimalkan semua aspek yang ada di Youtube. Salah satunya yaitu penulisan deskripsi pada konten video. Seperti  yang kamu tahu, deskripsi pada video Youtube biasanya berfungsi sebagai ringkasan dari konten mu. Namun, dengan penulisan yang deskripsi yang benar, kamu dapat membuat videomu mudah untuk ditemukan, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan dalam membuat deskripsi video.

a. Gunakan kata kunci

Pilih 1-2 kata kunci yang mendeskripsikan konten kamu secara akurat untuk memaksimalkan pencarian ke video mu.Selalu mulai dengan ringkasan yang menarik pada penulisan deskripsi. Selain itu, sebutkan juga kata kunci yang kamu targetkan dalam dua hingga tiga kalimat pertama dari deskripsi untuk hasil terbaik.

b. Tulis dengan menarik dan sesuai dengan video

Ketika deskripsi yang kamu tulis tidak sesuai dengan isi video, maka dapat mempengaruhi pandangan penonton terhadap kontenmu. Tujuan menulis deskripsi adalah untuk membuat penonton mendapatkan gambaran awal mengenai video mu. Oleh karena itu, kamu membutuhkan penulisan yang mudah dimengerti dan juga menarik.

c. Tambahkan tagar

Coba lah untuk menambahkan beberapa tagar (#) yang sesuai dengan konten video mu. Hal ini dapat membantu penonton untuk menemukan konten mu. Tagar tersebut bisa mengandung kata-kata kunci seperti #editvideo #belajardigitalmarketing dan lainnya.

d. Promosikan video

Jangan sungkan untuk mempromosikan video mu yang lain. Kamu dapat memasukkannya judul dan link-nya pada kolom deskripsi. Hal ini dapat memudahkan penonton, tanpa harus melakukan pencarian kembali. Namun, sebaiknya video yang dimasukkan memiliki konten yang tidak begitu berbeda dengan video mu sebelumnya. Salah satu cara agar langkah ini semakin efektif yaitu membuat konten video mu menjadi beberapa seri.

5. Berinteraksi dengan penonton

Berinteraksi dengan penonton merupakan cara paling efektif untuk mempromosikan video di Youtube mu. Hal ini karena kamu akan berhubungan secara langsung dengan penonton mu. Dengan membangun Interaksi yang baik, kamu dapat mengubah penontonmu menjadi pengikut jangka panjang. Namun, dibutuhkan beberapa langkah berikut dalam membangun hubungan dengan penonton.

a. Ajak mereka untuk membagikan konten mu

Yap, kamu pasti sudah mengetahui hal ini. Memang terkesan seperti template yang hampir digunakan oleh semua content creator, namun hal ini memiliki peranan yang cukup penting dalam mempromosikan video mu. Seperti, ketika mereka tidak keberatan membagikan video mu kepada teman-teman mereka.

b. Dengarkan penontonmu

Sebenarnya tidak semua komentar harus dijawab. Kamu bisa memilih beberapa yang positif dan membalas atau menyukai komentar mereka. Ketika membalas komentar penonton, biasanya mereka menghargai upaya kamu untuk berinteraksi dengan mereka. Hal tersebut juga bisa membuat penonton kembali menonton video mu karena mereka merasa didengarkan.

c. Ajak mereka untuk berpartisipasi

Hal ini sebenarnya cukup tricky, karena tergantung bagaimana kamu dapat membagun hubungan yang baik dengan para penonton mu. Ketika sudah merasa akrab dengan penonton, kamu dapat  meminta mereka menyarankan ide konten di akhir video atau di bagian komentar. Pastikan kamu memilih ide terbaik dan membuat video seputar topik tersebut. Selain itu, jangan lupa berikan kredit kepada penonton yang idenya kamu gunakan sebagai konten.

Baca juga: Mengenal Content Marketing dan Pentingnya Bagi Sebuah Bisnis

6. Optimalkan penggunaan media sosial

Mungkin cara ini bukan menjadi hal yang baru lagi bagi kamu. Seperti yang diketahui media sosial memiliki jangkauan yang besar untuk melakukan sebuah promosi. Sebagai langkah awal, kamu perlu menggunakan semua media sosial untuk mempromosikan konten-konten yang ada di channel Youtube mu. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Kamu dapat membagikan cuplikan dari konten mu  sebagai penarik perhatian teman-teman atau orang-orang yang terhubung denganmu. 

 

Gimana guys? Langkah ini bisa langsung kamu terapkan lho. Itulah beberapa cara efektif untuk promosi video Youtube. Bagi kamu yang ingin memperdalam kemampuan sebagai content creator, yuk langsung saja menuju Skill Academy. Karena kini tersedia Kelas Sukses Kerja dengan materi yang medalam dan tentunya siap membantu kamu dalam berkarir. Tunggu apa lagi, ayo upgrade skill mu. 

Kelas Sukses Kerja Skill Academy

Referensi

Fleerackers, Alice. (2019). 23 Smart Ways to Promote Your YouTube Channel. https://blog.hootsuite.com/how-to-promote-your-youtube-channel/ [Daring] (Diakses 30 Agustus 2021)

Barnhart, Brent. (2021). 16 ways to promote your YouTube channel for more views. https://sproutsocial.com/insights/how-to-promote-your-youtube-channel/ [Daring] (Diakses 30 Agustus 2021)

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar