Begini Cara Praktis Mengganti Nomor Handphone Prakerja

cara mengganti nomor handphone prakerja

Artikel ini membahas cara praktis mengganti nomor handphone yang tedaftar di kartu prakerja. 

Nomor handphone adalah hal penting untuk mengakses kartu prakerja. Salah satunya untuk disambungkan ke e-wallet yang digunakan sebagai alat pembayaran pada pelatihan yang akan kamu beli nantinya. Apakah nomor handphone pada akun prakerja dapat diganti? Tentu saja bisa. Nah, berikut merupakan cara mengganti nomor HP prakerja dengan benar. Keep scrolling, ya!

1. Login ke prakerja.go.id

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka akun prakerja dengan masuk atau login melalui prakerja.go.id.

login akun prakerja

2. Pilihlah profil dan pengaturan akun

Selanjutnya, klik menu profil dan menuju ke pengaturan akun. Di laman profil, terdapat informasi pribadimu seperti email, NIK, nomor KK, alamat, dan nomor handphone/telepon.

cara ganti nomor hp prakerja

3. Klik “Ubah” pada nomor handphone

Setelah itu, kamu dapat melihat pilihan “Ubah” pada kolom nomor telepon dan password. Klik menu “Ubah” pada kolom yang ada di samping nomor telepon untuk mengganti nomor handphone kamu.

ganti nomor hp baru

Nantinya akan muncul pop-up atau halaman yang meminta kamu untuk mengisi nomor handphone yang baru.

Sebelum mengisi nomor handphone yang baru, perhatikan peringatan yang tertera. Pastikan nomor handphone dan identitas kamu terverifikasi di e-wallet. Cek lagi ya, jangan sampai salah memasukkan nomor handphone.

Baca juga: Cara Mengganti Rekening Prakerja

 

4. Verifikasi dengan memasukan kode OTP

Setelah mengisi nomor handphone baru, kamu akan menerima SMS berisi kode OTP. Masukkan kode OTP tersebut dengan benar, lalu klik verifikasi

verifikasi OTP

Sudah. Nomor handphone kamu berhasil diganti dengan yang baru.

Lalu bagaimana kalau nomor handphone kamu tidak bisa diganti?

Jika nomor handphone kamu tidak bisa diganti, maka kamu harus memeriksa kembali status rekening yang kamu gunakan pada akun prakerja.

Cek kembali apakah statusnya masih terhubung atau tidak. Jika masih terhubung, kamu harus memutuskan rekening tersebut terlebih dahulu sebelum mengganti nomor handphone kamu dengan yang baru.

Masalah nomor handphone ini bukan lah hal yang bisa kamu sepelekan. Semua akses dana insentif nantinya akan bergantung dengan nomor handphone yang kamu gunakan. Karena nomor handphone terhubung dengan e-wallet. Karena itu, pastikan kembali nomor yang kamu gunakan, benar-benar diperuntukkan untuk kartu prakerja.

 

Itulah tutorial dan cara mengganti nomor handphone di prakerja. Semoga membantu, ya. Oh iya, setelah dana insentif masuk, jangan lupa segera lakukan pembelian kelas, ya. Skill Academy bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Saat ini, Skill Academy punya kelas baru, lho. Namanya Kelas Siap Kerja.  Di kelas-kelas ini, kamu bisa belajar tentang keterampilan pekerjaan tertentu secara spesifik. Yuk, terus upgrade kualitas diri bersama Skill Academy!

Prakerja Skill Academy

Gulman Azkiya