8 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula

Gulman Azkiya Agu 19, 2022 • 8 min read


cara-mendapatkan-modal-usaha

Artikel ini membahas mengenai cara mendapatkan modal usaha bagi kamu yang mau memulai usaha.

--

Halo guys, seperti yang kamu ketahui bahwa modal merupakan hal yang sangat penting untuk dapat menjalankan sebuah usaha. Tanpa adanya hal tersebut maka sebuah bisnis akan sulit dijalankan bahkan dikembangkan. Nah, bagi kamu yang kini sedang berencana memulai bisnis tapi masih bingung mengenai cara mendapatkan modal usaha, tidak usah khawatir. Karena kali ini Skill Academy akan membagikan tips dan cara-cara yang tentunya bisa kamu coba terapkan. Jadi tunggu apa lagi, yuk simak artikel berikut. 

1. Mencari investor

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari investor. Pada dasarnya investor adalah orang atau kelompok yang memberikan uang mereka kepadamu sebagai modal usaha dengan harapan bisnismu akan memberikan mereka keuntungan. Nah, investor ini dapat berasal dari berbagai pihak, bisa teman, keluarga, atau rekan bisnis. 

Namun, perlu untuk diketahui bahwa untuk mendapatkan investor ini kamu perlu meyakinkan mereka dengan rencana dan penjelasan bisnis yang jelas. Semua hal mulai dari dari model bisnis, business plan, hingga proposalnya harus dapat kamu persiapkan dengan baik. 

Selain teman dan keluarga, kamu juga bisa mencari investor dari berbagai perusahaan yang memiliki fokus dalam pengembangan bisnis kecil. Dalam hal ini kamu bisa mengikuti berbagai workshop, pelatihan, atau audisi bisnis agar dapat mendapatkan suntikan dana sebagai modal usaha.

Di samping itu, ada salah satu cara yang cukup menyita perhatian para calon pengusaha beberapa waktu terakhir yaitu dengan angel investor. Angel investor ini biasanya dikenal dalam dunia start-up, mereka umumnya adalah orang-orang kaya yang pada dasarnya tidak terlalu takut akan resiko kerugian pada usahamu. Tapi, sebagai gantinya mereka biasanya akan mendapatkan kepemilikan saham atau sebagian kendali atas bisnismu. Angel investor ini juga dapat berasal dari keluarga ataupun rekan bisnis

2. Memanfaatkan bantuan pemerintah

Langkah yang satu ini dapat menjadi sesuatu yang layak untuk dicoba. Berbagai program bantuan pemerintah, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan BLT UMKM dapat kamu gunakan sebagai sumber modal usahamu. Selain melakukan pendaftaran di websitenya masing-masing, kamu tentunya harus memenuhi berbagai persyaratan seperti,

Syarat KUR

  • Individu (perorangan)
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan
  • Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  • Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP,  Kartu Keluarga (KK),  dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

Syarat BLT UMKM

  • Warga negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
  • Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU)
  • Bukan ASN, Anggota TNI/Polri, serta pegawai BUMN dan BUMD
  • Tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Baca juga: Penting! 8 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

3. Pinjaman dari bank

Cara mendapatkan modal selanjutnya yaitu dengan mengajukan pinjaman ke bank. Melalui pinjaman ini kamu bisa untuk menjalankan usahamu. Secara umum, biasanya terdapat beberapa syarat untuk dapat melakukan pinjaman di bank yaitu sebagai berikut:

  • Fotokopi identitas diri (KTP dan Kartu Keluarga)
  • Fotokopi penghasilan atau slip gaji
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan
  • Dokumen kepemilikan agunan seperti BPKB, sertifikat (Jika kamu mengambil pinjaman beragunan)

pinjaman-bank

(Sumber: Pexels.com - Andrea Piacquadio)

Di samping itu, kamu juga perlu untuk memperhatikan beberapa persyaratan tambahan yang mungkin ada di setiap masing-masing bank. Misalnya saja tidak memiliki beban hutang di lembaga ataupun pihak manapun. 

4. Mencari rekan bisnis

Mencari rekan bisnis dapat menjadi pilihan bagi kamu yang sedang kekurangan modal untuk menjalankan usaha. Dengan menggabungkan dana yang kamu miliki, maka modal awal untuk memulai bisnis dapat terpenuhi. 

rekan-bisnis

(Sumber: Pexels.com - Andrés Góngora)

Namun selain ada modal yang bertambah, tentunya kamu perlu untuk melakukan pembicaraan berupa diskusi dengan rekan bisnismu. Mulai dari bentuk bisnis, pembagian tanggung jawab, serta pembagian keuntungan harus dapat diskusikan dengan baik dan jelas. 

Hal ini pastinya tidak menjamin bahwa rencana bisnis yang kamu impikan dapat berjalan 100 persen. Adanya pihak kedua membuat mereka memiliki hak atas bisnismu tersebut, sehingga perjanjian di awal kesepakatan sangat penting ketika kamu menggunakan cara ini. 

5. Memanfaatkan tabungan pribadi

Pada umumnya tak sedikit orang yang menggunakan tabungan pribadi mereka sebagai modal usaha. Yap, kamu juga bisa menggunakan cara ini. Dengan perhitungan yang sudah dilakukan secara matang, maka kamu bisa mengetahui apakah tabungan kamu cukup atau tidak. 

Jika kamu merasa tabunganmu masih kurang, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menabung seperti yang dikutip dari freshbook.com berikut:

  • Kurangi utang kartu kredit. Jika kamu menggunakan kartu kredit coba hubungi bank untuk meminta suku bunga yang lebih rendah.
  • Coba pisahkan tabungan pribadi dengan tabungan untuk rencana usaha dan siapkan beberapa persen potongan ke rekening tabungan tersebut.
  • Singkirkan pengeluaran yang dirasa tidak penting, seperti layanan gym atau keanggotaan club hobi.
  • Cari cara untuk mendapatkan pemasukkan sampingan seperti kerja paruh waktu dan lain-lain.

Ikuti kelas: Belajar Literasi Keuangan untuk Pemilik Toko Umkm

6. Crowdfunding

Sederhananya ini merupakan cara untuk mendapatkan modal melalui penggalangan dana. Nantinya ada banyak orang yang akan menginvestasikan uangnya sebagai modal usahamu. Pada saat sekarang ini kamu dapat menggunakan berbagai platform crowdfunding, misalnya saja kitabisa.com dan lainnya untuk bisa mendapatkan bantuan dari banyak orang. Tapi untuk bisa mendapatkan dana dari crowdfunding ini tidaklah mudah. Kamu harus dapat menjelaskan serta mempromosikan bisnismu secara meyakinkan agar nantinya banyak orang yang tertarik menginvestasikan uangnya. 

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha

7. Pinjaman dari keluarga

Selain menggunakan crowdfunding, kamu juga bisa mencoba mencari pinjaman dari keluarga. Hal ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena butuh kepastian yang jelas dan cara yang tepat agar dapat meyakinkan kerluargamu. Pada dasarnya mereka tentunya tidak mau rugi kan. Oleh karena itu, kamu harus dapat memastikan kepada mereka kapan pinjaman yang diberikan dapat kamu kembalikan.

8. Menjual atau menggadaikan aset

Cara selanjutnya adalah dengan menjual barang atau aset yang kamu miliki. Hal ini tentunya akan mengorbankan barang yang kamu miliki tersebut menjadi biaya modal bisnismu kedepannya. Selain itu, perlu diperhatikan jangan sampai kamu menjual aset yang penting, cobalah pikirkan dengan matang barang apa saja yang mungkin dapat dijual. 

Jika kamu tidak memiliki barang yang dapat dijual, maka kamu mungkin bisa menggadaikannya. Dengan menjadikan aset tersebut sebagai jaminan mungkin dapat menjadi pilihan terbaik selain menjualnya. Tapi, hal ini juga tidak bisa disepelekan, karena dibutuhkan berbagai perhitungan terkait dana yang didapatkan dan resiko terhadap barang yang digadaikan tersebut. 

 

Itulah beberapa cara mendapatkan modal usaha yang tentunya bisa kamu coba. Semoga kamu bisa mendapatkan cara terbaik.  Nah, jika kamu tertarik untuk menambah pengetahuan terhadap dunia usaha dan bisnis, kamu bisa mengikuti kelasnya di Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai kelas dengan materi yang mudah untuk dipahami. Yuk, upgrade kemampuanmu untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi

Freshbooks.com. (2022). 8 Ways to Get Money to Start a Small Business. https://www.freshbooks.com/hub/startup/how-do-i-get-money-to-start-my-business [Daring] (Diakses 18 Agustus 2022)

Hanon, Kerry. (2014). 11 Places To Find Money To Start A Business. https://www.forbes.com/sites/nextavenue/2014/04/10/11-places-to-find-money-to-start-a-business/?sh=7dd582e6151d  [Daring] (Diakses 18 Agustus 2022)

Oswaldo, Ignacio. (2022). BLT UMKM Rp 600.000 Siap Cair! Ini Syarat Jadi Penerima Bantuan. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6084662/blt-umkm-rp-600000-siap-cair-ini-syarat-jadi-penerima-bantuan [Daring] (Diakses 18 Agustus 2022)

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar