Begini 7 Cara Membuat Feed Instagram yang Aesthetic dan Menarik

cara membuat feed Instagram

Mau punya feed Instagram yang rapi dan estetik? Yuk ikuti cara-cara berikut ini!

Kamu pasti nggak asing lagi dengan Instagram. Terlebih kalau kamu bekerja sebagai social media specialist, atau pelaku bisnis. Instagram, nggak hanya jadi tempat berbagi foto dan video aja. Tapi, juga dipakai oleh banyak brand untuk mempromosikan bisnis mereka.

Kalau kita perhatikan, feed Instagram orang-orang bisa aesthetic dan rapi banget, ya? Ada yang feed Instagramnya nyambung, ada yang filternya keren banget, ada juga yang warna-warni. Feed Instagram bisnis juga biasanya rapi dan punya pola warna tertentu. 

Feed Instagram adalah media untuk berbagi foto dan video, terhubung dengan orang lain, dan menjelajahi hal-hal yang kamu sukai. Dalam bisnis, feed Instagram adalah media untuk berbagi cerita tentang brand, mempromosikan brand, dan menginspirasi orang lain untuk terhubung dengan brand kamu.

Gimana, sih cara membuat feed Instagram yang menarik? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Tentukan jenis grid

Ada beberapa jenis grid Instagram yang bisa kamu pilih. Pemilihan grid ini bisa bantu kamu untuk menyusun pola warna dan unggahan di Instagram. Berikut beberapa grid Instagram dan contohnya:

  • Checkerboard, grid ini memberi pola seperti papan dam atau papan catur. Yang paling umum adalah mengunggah foto dan quotes secara bergantian atau selang-seling. Ini contoh grid checkerboard:

feed instagram checkerboardContoh grid Checkerboard untuk feed Instagram. (Sumber: business2community.com)

 

  • Vertical line, di grid ini, kamu menyusun feed secara vertikal atau dari atas ke bawah. Caranya adalah, bagian tengah merupakan postingan dengan warna serupa, sedangkan postingan di kanan dan kiri berupa foto yang mirip. Ini contoh vertical line:

vertical feed instagramContoh grid vertical line untuk feed Instagram. (Sumber: plannthat.com)

 

  • Row by row atau horizontal, berkebalikan dengan vertical, dengan grid ini, kamu menyusun feed secara horizontal atau dari kanan ke kiri. Jadi, postingan di satu garis horizontal harus memiliki background atau filter yang sama. Ini contoh row by row:

horizontal line feed instagramContoh grid Instagram horizontal line. (Sumber: instagram.com/personaljournalapp)

 

  • Puzzle, membuat postingan yang saling berhubungan antara satu kotak dengan kotak lainnya. Ini memang agak rumit kalau diterapkan sehari-hari, tapi untuk pengenalan akun baru, campaign besar, atau kisi-kisi teka-teki, grid ini bisa jadi pilihan.

feed instagram puzzleContoh feed Instagram dengan grid puzzle. (Sumber: business2community.com)

 

  • Border, jika memutuskan untuk menggunakan border, coba gunakan border dengan warna yang sama agar terlihat rapi dan konsisten.

feed instagram borderContoh feed Instagram dengan border hitam. (Sumber: business2community.com)

Ikuti kelas: Membuat Konten Pemasaran Media Sosial Menggunakan HP untuk Pedagang Melalui Internet (Online Shop)

 

2. Tentukan tema

Setelah menentukan grid, selanjutnya kamu perlu menentukan tema Instagram kamu. Ini bisa disesuaikan dengan brand identity atau hal yang kamu sukai. Beberapa contoh tema yang bisa kamu pakai, seperti dark, white and black, minimalist, vintage, warna pastel, dan lainnya. Berikut contoh feed Instagram dengan tema hitam putih:

feed instagram tema hitam putihContoh feed Instagram dengan tema hitam putih. (Sumber: instagram.com/555design)

3. Gunakan filter yang sama

Konten instagram bisa macam-macam, bisa berupa infografis, quotes, video, dan juga foto. Kalau konten utama Instagram kamu adalah foto, maka kamu perlu menggunakan filter yang sama untuk semua foto yang ada agar menambah nilai estetika dan juga konsistensi.

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mengedit foto dengan banyak filter, ada VSCO, Lightroom, Snapshot, Snapseed, dan aplikasi lainnya.

Baca juga: Rekomendasi 12 Aplikasi Desain Grafis Terbaik, Wajib Kamu Coba!

 

4. Tentukan skema warna

Bagi sebuah brand, warna bisa membantu mereka lebih dikenali oleh audiens. Kalau ada orang yang bilang e-commerce orange, hijau, atau biru, kamu pasti bisa tahu brand apa yang dimaksud padahal hanya warnanya yang disebutkan.

Bahkan ada penelitian yang menyebutkan kalau 62-90% penilaian produk didasarkan pada warna. Selain menjadi pembeda dengan kompetitor, warna juga bisa memengaruhi suasana hati audiens. Menentukan skema warna bisa menjadi identitas brand dan membuat feed terlihat lebih harmonis.

 

5. Buat perencanaan konten

Agar semua feed bisa rapi dan warnanya teratur, kamu perlu membuat perencanaan konten. Untuk perencanaan konten ini, kamu bisa sekalian menyusun warna dan menentukan foto apa yang bagus untuk diunggah selanjutnya. 

Agar lebih mudah, kamu bisa membuat perencanaan konten dan mengatur tata letak setiap konten atau foto dengan bantuan aplikasi. Beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah Preview, Planoly, atau Feed Master.

 

6. Unggah foto dengan kualitas yang baik

Feed Instagram kamu juga akan terlihat bagus kalau kualitas foto yang kamu unggah jelas dan nggak pecah atau buram. Foto dengan kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless memang menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Tapi jangan sedih, kamera HP sekarang juga bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang nggak kalah oke.

Oh iya, jangan lupa untuk mengaktifkan pengaturan di Instagram agar bisa mengunggah foto dengan kualitas HD, ya. Caranya, Klik profil instagram – pengaturan – akun – penggunaan data – aktifkan Unggahan berkualitas tinggi.

Ikuti kelas: Pelajari Teknik Fotografi dan Olah Foto Digital untuk Fotografer

 

7. Temukan inspirasi dari feed Instagram orang lain

Kalau kamu bingung dan nggak tahu mau membuat feed Instagram kamu seperti apa, coba dengan mencari inspirasi. Kamu bisa mengamati akun Instagram favorit kamu, lalu amati jenis konten apa saja yang diunggah, warna apa saja yang digunakan, grid apa yang digunakan, dan lainnya. Dari sini, kamu akan menemukan pola yang bisa kamu ikuti dan modifikasi dengan gaya kamu sendiri.

Kamu juga bisa menemukan inspirasi feed Instagram dengan melihat-lihat di Pinterest. Ada banyak ide feed Instagram yang bisa kamu temukan di sana.

Nah, itu dia pembahasan tentang cara membuat feed Instagram yang menarik. Semoga membantu, ya. Kamu bisa belajar lebih dalam lagi tentang Instagram dan konten yang menarik dengan beli kelas di Skill Academy! Pilihan kelasnya ada banyak dan diajar oleh instruktur yang kompeten dan berpengalaman. Untuk informasi kelas lebih lengkap, langsung aja ke skillacademy.com atau klik banner di bawah ini. Selamat belajar!

SKill Academy - CTA

Referensi:

Alexandra. 2018. ‘11 Simple Tips that Will Instantly Improve Your Instagram Feed’ [daring]. Tautan: https://thepreviewapp.com/9-simple-tips-to-instantly-improve-your-instagram-feed/ 

Panigrahi, Sweta. ‘15+ Amazing Tips to Get an Instagram Aesthetic Feed and More!’ [daring]. Tautan: https://socialmediamarketing.net/instagram-aesthetic-feed/#Grid

McLachlan, Stacey. 2021. ‘7 Ways to Design Your Instagram Grid Layout Like a Pro’ [daring]. Tautan: https://blog.hootsuite.com/instagram-grid-layout/

‘Instagram Feed’ [daring]. Tautan: https://business.instagram.com/instagram-feed 

(Diakses pada: 25-26 Januari 2022)

Devi Lianovanda