Rekomendasi 12 Aplikasi Desain Grafis Terbaik, Wajib Kamu Coba!

Devi Lianovanda Sep 30, 2021 • 11 min read


aplikasi desain grafis

Artikel ini membahas 12 aplikasi desain grafis terbaik dan paling sering digunakan.

--

Hampir semua bisnis membutuhkan seorang Graphic Designer, baik itu startup, perusahaan multinasional, dan juga bisnis UMKM.

Ada banyak aspek dalam bisnis yang memerlukan desain grafis. Misalnya, konten sosial media, iklan, brosur, menu, banner, packaging, dan masih banyak lagi. Kamu pernah nggak beli barang tertentu karena packagingnya lucu? Atau karena visualisasi di iklannya bagus banget? Kalo pernah, kita sama.

Nah, untuk membuat desain itu, ada banyak aplikasi desain grafis yang bisa digunakan. Berikut adalah rekomendasi 12 aplikasi desain grafis terbaik dan terpopuler.  Apa saja aplikasinya? Yuk, simak!

1. Adobe photoshop

Aplikasi desain grafis yang satu ini pasti sudah sangat familiar buat sebagian dari kita. Dilansir dari situs resmi Adobe, lebih dari 90% kreatif profesional di seluruh dunia menggunakan aplikasi ini.

Photoshop adalah software (perangkat lunak) berbasis bitmap. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit foto, mengubah komposisi foto, menggabungkan seni digital, ganti background, dan membuat desain grafis.

photoshop

Selain itu, dengan Photoshop, kamu bisa menghapus objek, memperbaiki objek, melakukan remix, dan memberi warna ulang pada objek.

Adobe Photoshop dapat digunakan di Windows dan juga Mac. Melansir dari situs resminya, Photoshop kini dapat digunakan di iPad. Adobe juga membuat aplikasi photo editor untuk iOS dan juga Android, lho. Nama aplikasinya adalah Photoshop Express Photo Editor. 

Ini bukanlah aplikasi yang bersifat gratis, melainkan berbayar. Harganya mulai dari Rp 187.000 hingga Rp 996.000 rupiah tergantung paket yang ingin kamu pilih. Photoshop juga menyediakan free trial kalau kamu mau coba-coba dan belajar dulu.

Ikuti kelas: Membuat Motion Graphic dengan Adobe Photoshop dan After Effect untuk Perancang Grafis dan Multimedia

 

2. Adobe Illustrator

Masih dari Adobe, aplikasi desain grafis selanjutnya adalah Adobe Illustrator (Ai). Ini adalah aplikasi desain yang fokus untuk desain vektor. Dengan Ai, kamu bisa membuat mockup layout website, logo, ikon, tipografi, ilustrasi, poster, dan desain vektor lainnya. Karena Ai berbasis vektor, jadi hasil desain kamu nggak akan pecah kalau diperbesar. 

Kalau kamu masih pemula dan baru belajar menggunakan Ai, tenang. Adobe Illustrator menyediakan banyak template yang bisa langsung kamu unduh dan gunakan.

illustrator

Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac, dan iPad. Sama seperti Adobe Photoshop, Ai juga berbayar biar bisa digunakan secara legal. Biaya berlangganannya mulai dari Rp 395.000 perbulan.

Baca juga: Animator, Pekerjaan Asik Bagi Kamu yang Hobi Menggambar

 

3. Inkscape

Kali ini kita akan bahas aplikasi desain grafis yang gratis. Nama aplikasinya adalah Inkscape.

Inkscape adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Aplikasi ini cocok untuk bikin logo, ilustrasi, dan karya seni lainnya yang berbasis vektor.

inkscape(Sumber: Inkscape.com)

Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac, dan juga Linux. Di website resminya, mereka menyediakan berbagai tutorial menggunakan Inkscape. Mulai dari basic sampai tips dan triknya juga. Jadi kalau kamu masih pemula dan baru belajar, kamu bisa banget coba aplikasi yang satu ini.

 

4. Adobe InDesign

Adobe InDesign adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk mendesain tata letak atau layout pada media cetak atau digital. Aplikasi ini biasa digunakan oleh pekerja kreatif di industri publikasi.

Dengan InDesign, kamu bisa mengatur layout untuk membuat buku, majalah, eBook, poster, PDF interaktif, dan lainnya. Hasil desain yang dibuat menggunakan InDesign bisa di-import dalam berbagai format. Misalnya, JPG, PDF, docs, psd, dan lainnya.

adobe indesign(Sumber: LYH Studio)

Aplikasi ini bisa digunakan di Windows dan juga Mac. Kalau kamu mau coba untuk belajar, kamu bisa menggunakan free trial-nya. Kalau cocok, kamu bisa langganan untuk menggunakan aplikasi ini secara legal. Biaya untuk berlangganan Adobe InDesign adalah Rp 395.000 rupiah per bulannya.

 

5. CorelDRAW Graphic Suite

CorelDRAW adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat logo, poster, brosus, bahkan undangan pernikahan. Kamu bisa membuat desain apa saja yang berbasis vektor dengan aplikasi ini. Karena basisnya vektor, hasil desainnya nggak akan pecah meskipun diperbesar.

Kamu bisa melakukan export atau import file sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Ai, PSD, PDF, JPG, PNG, SVG, DWG, dan lainnya.

coreldraw(Sumber: coreldraw.com)

Aplikasi CorelDRAW bisa digunakan di Windows, Mac, dan iPad. Ini juga aplikasi desain berbayar tapi, mereka punya free trial selama 15 hari, jadi kamu bisa coba dan belajar dulu sebelum memutuskan berlangganan. CorelDRAW bisa dibeli dengan 2 cara. Bayar pertahun, atau sekali beli. Biaya langganan per tahunnya adalah sebesar US$399 atau sekitar Rp 5.700.000.

Ikuti kelas: Merancang dan Memasarkan Brand & Logo untuk Manager Pemasaran

6. Affinity Designer

Banyak review yang mengatakan kalau Affinity Designer adalah alternatif dari Adobe Illustrator. Aplikasi desain grafis ini dapat digunakan untuk membuat logo, ikon, desain UI, mockup, dan lainnya.

Kalau Ai berbasis vektor, di Affinity Designer, kamu bisa beralih dari bitmap ke vektor dan sebaliknya. Kalau kamu biasa bekerja menggunakan Photoshop dan Adobe Illustrator, menggunakan Affinity Designe bisa menghemat waktu dan lebih praktis.

affinity designer(Sumber: affinity.serif.com)

Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, Mac, dan juga iPAD. Harga beli aplikasi ini adalah sebesar $54.99 atau sekitar Rp 787.000 untuk Windows dan Mac. Untuk iPad, biayanya adalah $21.99 atau Rp 314.000.

 

7. Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis yang populer banget. Selain karena gratis, aplikasi ini juga mudah digunakan. Biasanya, Canva sering dipakai untuk bikin CV. Tapi, lebih dari itu, di Canva, kita bisa membuat berbagai desain untuk berbagai keperluan.

Kamu bisa membuat logo, konten sosial media, business card, menu, banner, poster, Instagram story, infografis, presentasi, dan lainnya. Ini sangat cocok untuk membuat desain yang nggak terlalu kompleks dan butuh waktu cepat. Kamu bisa membuat desain dari 0 atau menggunakan template yang sudah ada.

canva

Aplikasi desain grafis ini bisa digunakan secara online melalui web, atau dengan mengunduh aplikasinya di handphone. Canva bisa digunakan di Android dan juga iOS. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, tapi kalau kamu mau menggunakan seluruh fitur yang tersedia, kamu bisa beli yang premium. Ada berbagai paket harga yang ditawarkan, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan kamu juga bisa mencoba paket pro-nya selama 30 hari gratis.

 

8. GIMP

Aplikasi desain grafis yang gratis selanjutnya adalah GIMP.

GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Aplikasi ini bisa digunakan untuk retouching foto, mengubah komposisi gambar, dan membuat desain baru.

Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, OS X, dan Linux. Untuk PC dengan spesifikasi yang nggak terlalu tinggi pun bisa dengan mudah mengunduh dan menginstall aplikasi ini.

GIMP

Di situs resminya, GIMP menyediakan berbagai tutorial untuk menggunakan aplikasi ini. Mulai dari tutorial dasar, mengedit foto hingga menggunakan parametric brush.

 

9. Gravit Designer

Gravit Designer adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Fungsinya kurang lebih sama dengan aplikasi-aplikasi berbasis vektor seperti Corel, Inkscape, dan Ai. Bisa untuk bikin ilustrasi vektor, desain UI, web, dan mengedit foto.

Aplikasi ini bisa digunakan secara online dan gratis di hampir semua platform seperti Windows, Mac OS, Linux, Chrome OS, Progressive Web App, dan di browser. Selain itu, bisa juga digunakan secara offline sebagai aplikasi. Namun, untuk bisa menggunakan aplikasi ini secara offline, kamu nggak bisa menggunakan versi gratisnya.

gravit designer(Sumber: designer.io/en/)

Untuk menggunakan semua fiturnya, kamu bisa berlangganan dengan biaya sebesar $49.99 atau sekitar Rp 715.000 per tahunnya.

 

10. Sketch

Sketch adalah aplikasi desain grafis yang hanya bisa digunakan di Mac OS. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat desain produk digital. Misalnya desain UI, situs web, flow, dan aplikasi. 

sketch(Sumber: sketch.com)

Ini adalah aplikasi berbayar. Ada dua paket yang bisa kamu pilih, paket standar dan juga bisnis. Kalau paket standar, biaya langganan per bulannya adalah sebesar $9 atau Rp 128.000. Kamu juga bisa langsung berlangganan satu tahun dengan $99 atau Rp Rp 1.400.000.

 

11. Vectr

Dari namanya, kita bisa tahu kalau aplikasi yang satu ini berbasis vektor. Fungsi dan kegunaannya kurang lebih mirip-mirip dengan aplikasi desain berbasis vektor lainnya.

Vectr bisa digunakan secara online melalui web, atau juga diunduh di desktop. Tenang, aplikasi ini gratis, kok.

vectr

(Sumber: vectr.com)

Kalau kamu masih asing banget sama desain vektor, di situs resminya, mereka menuliskan user guide dan juga berbagai tutorial untuk menggunakan aplikasinya. Tutorialnya menjelaskan cara membuat sebuah desain, misalnya cara membuat business card, bikin logo, tipografi, dan lainnya. Jadi kamu bisa belajar bikin desain tertentu dengan lebih jelas. 

 

12. Desygner 

Desygner adalah aplikasi desain grafis yang mirip-mirip dengan Canva. Kamu bisa bikin desain secara online melalui situs resminya, atau mengunduh aplikasinya. Desygner bisa digunakan untuk membuat logo, konten sosial media, banner, undangan, presentasi, dan kebutuhan desain lainnya.

Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac, dan juga handphone baik Android maupun iOS. Bisa digunakan secara gratis atau yang berbayar.

desygner(Sumber: desygner.com)

Dengan versi gratisnya, kamu bisa akses ribuan template, ikon, format desain dan berbagai fitur menarik lainnya.

---

Nah, itu dia 12 rekomendasi aplikasi desain grafis terbaik. Ada yang gratis, berbayar, ada juga yang bisa dipakai di handphone, iPad, dan juga PC. Semoga bisa jadi bahan referensi kalau kamu lagi bingung pas milih mau pakai aplikasi apa buat belajar atau bikin desain grafis, ya.

Kamu juga bisa belajar desain grafis dengan ikut kelas di Skill Academy, lho. Di sana ada kelas belajar Photoshop, Illustrator, bikin motion, dan lainnya. Yuk, makin Siap Kerja dan Mulai Usaha dengan ikut Kelas Sukses Kerja di Skill Academy!

Kelas Sukses Kerja Skill Academy

Referensi: 

Adobe Photoshop [daring]. Tautan: https://www.adobe.com/sea/products/photoshop.html

Adobe Illustrator [daring]. Tautan: https://www.adobe.com/sea/products/illustrator.html 

Inkscape [daring]. Tautan: https://inkscape.org/about/overview/ 

Adobe InDesign [daring]. Tautan: https://www.adobe.com/sea/products/InDesign 

CorelDRAW Graphic Suite [daring]. Tautan: https://www.coreldraw.com/en/product/coreldraw/?ft 

Affinity Designer [daring]. Tautan: https://affinity.serif.com/en-gb/designer/ 

Canva [daring]. Tautan: https://www.canva.com/id_id/q/pro/

GIMP [daring]. Tautan: https://www.gimp.org/about/

Gravit Designer [daring]. Tautan: https://www.designer.io/en/

Vectr [daring]. Tautan: https://vectr.com/about/

Desygner [daring]. Tautan: https://desygner.com/ (Diakses pada: 28 September 2021)

Profile

Devi Lianovanda

Content Writer at Ruangguru. Terima kasih sudah baca sampai sini!

Beri Komentar