Penting! Begini Cara Download Sertifikat Prakerja di Skill Academy

Gulman Azkiya Feb 17, 2021 • 3 min read


cara-download-sertifikat-prakerja

Artikel ini membahas mengenai cara men-download sertifikat prakerja di Skill Academy!

--

Setelah menyelesaikan pelatihan prakerja, nantinya kamu akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini sangat penting, salah satunya sebagai bukti kamu telah mengikuti program prakerja. Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Berikut adalah cara men-download sertifikat pelatihan prakerja, khususnya di Skill Academy.

1. Login ke akun Skill Academy Kamu

Masuk ke website atau aplikasi Skill Academy dengan akun yang terhubung dengan akun prakerjamu.

2. Pilih Menu “Kelas Saya”

Selanjutnya klik menu “Kelas Saya” (Tab bagian bawah pada aplikasi mobile). Pada bagian ini, kamu dapat melihat kelas-kelas yang telah kamu ambil atau beli. Selain itu, kamu juga dapat melihat status (persen) kelas yang kamu ambil.

3. Cek status materi kelas

Sebelum kamu men-donwload sertifikat, penting untuk mengetahui bahwa seluruh materi dari kelas yang kamu ambil sudah kamu selesaikan.

Cek kembali setiap materi kelas. Jika kamu sudah menyelesaikan semua materi, maka pada setiap materi akan ada tanda ceklis hijau. Selain itu, status kelas yang kamu pilih telah menunjukan angka 100 % (persen).

4. Pilih “Exam” pada bagian terakhir materi

Pilih materi exam, dan kemudian secara otomatis kamu akan mendapatkan gambar sertifikat dengan mengataskan nama kamu. Adapun untuk dapat men-download sertifikat tersebut, kamu harus lulus terlebih dahulu tes atau exam pada kelas pelatihan yang telah dibeli.

5. Download Sertifikat

Setelah kamu lulus exam, selanjutnya akan muncul gambar sertifikat kamu dengan pilihan “download sertifikat” di bawahnya. 

Klik pilihan tersebut dan kamu akan menuju ke halaman baru dengan gambar sertifikat yang lebih jelas. 

Pada tahapan ini cukup tricky tergantung alat yang kamu gunakan pada saat men-download sertifikat prakerja dari Skill Academy.

Jika kamu men-download sertifikat tersebut dengan menggunakan laptop atau PC, maka klik kanan pada bagian gambar sertifikat dan pilih download.

Jika menggunakan handphone, maka setelah sertifikat muncul kamu tinggal menahan jari kamu pada gambar. Setelah itu akan muncul pilihan download dari handphone kamu.

6. Verifikasi Sertifikat

Setelah berhasil men-download sertifikat prakerja di Skill Academy, maka kamu harus melakukan verifikasi sertifikat tersebut.

Tujuan dari verifikasi adalah supaya pihak Skill Academy dapat mengonfirmasi statusmu.

Adapun cara untuk melakukan verifikasi adalah sebagai berikut.

  • Kembali ke halaman utama. kemudian pilih menu “Lainya”
  • Kemudian pilih “verifikasi sertifikat”
  • Selanjutnya akan muncul kolom ID sertifikat
  • Untuk mendapatkan id sertifikat pilihlah “di mana letak id sertifikat”
  • Di bawah kolom id
  • Lalu akan muncul secara otomatis ID sertifikat
  • Masukkan ID tersebut
  • Selamat, sertifikat mu sudah terverifikasi

 

Itu lah cara men-donwload sertifikat prakerja yang ada pada Skill Academy. Jangan sampai lupa men-download sertifikat pelatihan yang kamu ikuti ya! Selain bermanfaat untuk pengembangan kemampuan, sertifikat tersebut juga dapat menambah portofolio kamu.

beli kelas prakerjamu di skill academy

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar