5 Cara Mudah Bermain Catur bagi Pemula

cara-bermain-catur-bagi-pemula

Kamu ingin bermain catur? Di sini, kamu akan mempelajari dasar-dasarnya, mulai dari menyusun papan hingga aturan dasarnya. Yuk, simak!

Kamu suka permainan yang menggunakan strategi? Atau kamu suka olahraga yang tidak terlalu banyak bergerak? Mungkin catur bisa menjadi olahraga pilihan terbaik. Kamu belum tahu cara mainnya? Tenang, di sini kamu akan mempelajari cara mudah untuk bermain catur.  Setelah membaca artikel ini, kamu pasti langsung bisa memainkan olahraga ini, deh. Yuk, Check it out!

 

1. Atur papan dan susun bidak catur

Dalam mengawali permainan catur, kamu harus mengatur papan dan menyusun semua bidak catur terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar permaianan dapat segera dimulai.

cara-menyusun-bidak-catur

Penjelasan dari posisi setiap bidak catur adalah sebagai berikut:

  • baris kedua diisi 8 pion;
  • kedua benteng diletakkan di sudut kanan dan kiri pada baris pertama;
  • kuda berposisi di samping benteng;
  • gajah berada di sebelah kuda;
  • ratu berposisi sebelah gajah dan berada pada kotak yang sesuai dengan warna bidak; dan
  • raja mengisi kotak terakhir.

2. Ketahui gerakan bidak catur

  1. Pion (Pawn)

    pion
    Pion merupakan buah/bidak catur yang memiliki posisi paling depan dalam permainan catur. Dalam aturannya, pion hanya dapat melangkah satu kotak ke depan, kecuali pada saat melakukan langkah pertama. Pion bisa melangkah sebanyak 2 kotak pada langkah pertama mereka. Pada saat menyerang, pion hanya bisa memakan lawan yang ada di depannya secara diagonal, baik kanan maupun kiri. Namun, pion hanya bisa melangkah ke depan dan tidak bisa mundur.

  2. Benteng (Rook)

    benteng
    Benteng merupakan bidak dengan gerakan  yang paling mudah untuk dipahami, yaitu dapat melangkah sejauh yang kamu inginkan. Namun, langkahnya hanya bisa maju, mundur, dan ke samping. Hal tersebut berlaku untuk melakukan serangan atau memakan bidak lawan. Selain itu, benteng juga tidak bisa melangkah secara diagonal.

  3. Kuda (Knight)

    kuda
    Kuda adalah satu-satunya bidak yang memiliki langkah unik, yaitu berbentuk L dengan dua kotak saat maju, mundur, atau menyamping, dan satu ruang di belokan. Selain itu, kuda merupakan satu-satunya bidak yang bisa melompati bidak lain. Tidak seperti bidak lainnya, kuda tidak bisa diblokir jika ada bidak di antara  kotak tujuan.

  4. Gajah (Bishop)

    gajah
    Gajah juga merupakan bidak yang dapat melangkah jauh. Namun, gerakannya hanya dalam garis diagonal dan kotak menuju arah tujuan dalam keadaan kosong. Gajah tidak bisa berjalan lurus layaknya benteng.

  5. Ratu  (Queen)

    ratu
    Ratu bisa dikatakan sebagai bidak terkuat karena dapat bergerak ke segala arah dan tentunya selama ruang pada kotak catur terbuka. Dengan menggunakan ratu, kamu bisa melangkah ke mana saja: ke kanan, ke kiri, ke depan, dan ke belakang, baik secara lurus maupun secara diagonal.

  6. Raja (King)

    raja
    Raja merupakan inti dari catur karena menentukan pemenang dalam permainan. Namun, walaupun disebut raja, gerakan bidak yang satu ini sangat terbatas karena hanya dapat bergerak dengan satu langkah (kotak) ke segala arah.

 

3. Pahami peraturan dasar

Setelah mengetahui jenis bidak catur beserta gerakannya, kamu kini harus mengetahui apa saja aturan dasar dalam bermain catur. Peraturan dasar dalam bermain catur adalah sebagai berikut.

  1. Permainan catur memiliki dua orang pemain.
  2. Ketika melakukan permainan, pemain harus melangkah bergantian dan pemain dengan bidak catur berwarna putih berjalan duluan.
  3. Bidak tidak dapat melewati kotak yang sudah diisi bidak lain, kecuali bidak kuda yang memang memiliki langkah yang berbeda dan dapat melompati bidak lain.
  4. Bidak yang sudah dipegang harus dijalankan, kecuali bidak tersebut tidak mungkin untuk dijalankan, seperti terhalang bidak lain atau kotak di depannya sudah terisi.
  5. Setiap bidak memiliki nilai masing-masing, seperti
    pion bernilai 1;
    kuda bernilai 3;
    gajah bernilai 3;
    benteng bernilai 5;
    ratu bernilai 9; dan
    raja menentukan pemenang.
  6. Promosi
    Ketika pion dapat mencapai kotak terakhir atau kotak pertama milik lawan, kamu dapat melakukan promosi. Promosi adalah mengganti pion tersebut dengan bidak yang lebih kuat, seperti benteng, kuda, gajah, bahkan ratu.
  7. Check (Skak)
    Check/Skak adalah istilah atau tanda ketika bidak lawan berada dalam posisi yang dapat menyerang raja. Dalam permainan, kamu  harus mengeluarkan raja dari skak dengan keluar dari kotak, memblokir dengan bidak lain, atau menyerang balik bidak penyerang.
  8. Checkmate (Skakmat)
    Checkmate atau biasa disebut Skakmat adalah sebuah istilah untuk memberikan tanda bahwa raja dalam keadaan Skak, tetapi tidak bisa untuk dilindungi lagi. Posisi raja dalam keadaan terkunci sehingga tidak bisa diblokir dan tidak dapat berpindah kotak. Menempatkan raja lawan dalam “Skakmat” adalah satu-satunya cara untuk memenangkan permainan.

 

4. Gunakan semua bidak catur 

Meskipun kamu memiliki bidak andalan, cobalah untuk memanfaatkan semua bidak yang kamu miliki. Semakin banyak bidak yang digunakan, semakin banyak juga kemungkinan kombinasi serangan yang dapat kamu lakukan sehingga kamu dapat memenangkan permainan dengan memuaskan.

 

Baca juga: Istilah-istilah dalam Dunia Kopi, Agar Kamu Lebih Gaul di Tongkrongan

 

5. Coba belajar berbagai strategi

Jika ingin membuat permainan menjadi lebih menarik, kamu dapat menggunakan berbagai strategi. Dengan menggunakan strategi, kamu dapat memenangkan permainan dengan lebih cepat, salah satunya seperti penggunaan strategi pembukaan.

Strategi pembukaan adalah langkah-langkah khusus yang digunakan pada awal permainan. Dalam permainan catur, terdapat bermacam strategi pembukaan dengan berbagai nama, di antaranya Gambit, Pertahanan, Serangan, dan lainnya. 

__

Itulah penjelasan mengenai cara bermain catur buat kamu yang masih pemula. Bagi kamu yang ingin meningkatkan skill bermain catur, langsung saja klik banner di bawah ini. Pasalnya, di Skill Academy kini tersedia kelas catur bersama GM Irene yang merupakan Grand Master Internasional wanita pertama di Indonesia. GM Irene juga merupakan pemenang Kejuaraan Catur Wanita Indonesia empat kali berturut-turut dari tahun 2006 hingga 2010. Tunggu apa lagi, ayo upgrade kemampuanmu bersama Skill Academy.

[IDN] CTA Blog - Kelas Catur GM Irene - Skill Academy

Referensi

Instructables.com. (2008). How to Play Chess. https://www.instructables.com/Playing-Chess/ [Daring] (Diakses 13 September 2021)

Chess.com. (2021). How to Play Chess: 7 Steps To Get You Started. https://www.chess.com/learn-how-to-play-chess [Daring] (Diakses 13 September 2021)

Gulman Azkiya