Istilah-Istilah dalam Dunia Kopi agar Kamu Lebih Gaul di Tongkrongan

Istilah-Istilah dalam Dunia Kopi - Skill Academy

Disusun berdasarkan alfabet, dengan membaca artikel ini, kamu akan mengetahui banyak istilah tentang kopi yang bisa bikin kamu gak mati gaya saat nongkrong di warung kopi.

“Kopinya kurang enak, nih, mungkin karena ekstraksinya kurang sempurna,” kata seorang temanmu yang hobi ngopi.

“Hah ekstraksi? Apa itu?”

Pernahkah kamu mengalami hal sama? Biasanya ini terjadi saat temanmu menggunakan istilah yang asing pada saat ngopi atau pada saat pelayan menawarkan menu, seperti espresso, latte, machiato, dan lain-lain. Istilah-istilah tersebut memang biasanya digunakan oleh beberapa orang agar lebih mudah menyampaikan pesan mereka terkait perkopian. Tapi tenang, agar kamu tidak bingung lagi dan tidak dianggap kurang gaul, berikut adalah beberapa kosakata yang bisa menambah pengetahuanmu mengenai dunia perkopian.

A-istilah-kopi

Acidity

Istilah yang biasa digunakan untuk menunjukkan tingkat keasaman kopi.

Aeropress

Alat pembuatan kopi yang biasanya berbentuk tabung dengan plunger (alat penekan) untuk memaksa air panas turun melalui kopi yang ditumbuk halus.

Affogato

Minuman kopi campuran lezat yang terdiri dari segelas espresso dan satu sendok es krim.

Americano

Jenis kopi hitam yang cara pembuatannya menuangkan air panas ke dalam cangkir espresso yang telah disiapkan terlebih dahulu.

Ikuti Kelas: Meracik Kopi dan Membuat Latte Art untuk Menjadi Barista

B-istilah-kopi

Balance

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan tingkat keseimbangan rasa dari kopi seperti keasaman, kepahitan, dan lainnya.

Barista

Seseorang yang menyeduh dan menyiapkan kopi secara profesional

Blend

Istilah untuk menggambarkan kopi yang terdiri dari dua atau lebih biji kopi berbeda yang dicampur menjadi satu.

Body

Istilah yang menggambarkan bagaimana rasa kopi di mulut seperti tingkat kekentalan.

Burr Grinder

Jenis penggiling kopi yang menggunakan gerinda untuk menghancurkan dan menggiling biji kopi agar bisa diseduh dengan baik.

Bright

Istilah menggambarkan rasa keasaman kopi.

C-istilah-kopi

Cappuccino

Kopi yang terdiri dari campuran espresso, steamed milk, and milk foam (busa susu) dalam jumlah yang sama.

Chemex

Salah satu alat seduh kopi yang pada pembuatannya menuangkan air panas ke atas ampas dengan saringan tebal sehingga menghasilkan secangkir kopi yang sangat bersih.

Cold Brew

Jenis kopi yang “diseduh” dengan membiarkan bubuk kopi berada dalam suhu ruangan atau air dingin selama 12-24 jam. Metode ini biasanya menghasilkan kopi yang halus dan tidak terlalu pahit.

Cupping

Proses yang sering digunakan oleh para profesional kopi untuk mencicipi dan membandingkan beberapa kopi atau beberapa profil sangrai dari kopi yang sama.

D-istilah-kopi

Drip Coffee

Salah satu cara membuat kopi dengan meneteskan air panas ke atas keranjang/kertas penyaring yang telah diisi bubuk kopi dan turun ke teko.

E-istilah-kopi

Espresso

Jenis kopi yang dihasilkan dengan menggunakan tekanan tinggi dari air panas atau mendidih dan melalui keping kopi yang telah digiling sangat halus.

Ekstraksi

Mengacu pada rasa yang dihasilkan dari kopi setelah dilakukan penyeduhan.  Air yang bercampur dengan kopi akan menghasilkan aroma, rasa dan zat-zat lain, sehingga mempengaruhi rasa dari kopi yang kamu minum.

F-istilah-kopi

Filter Coffee

Metode pembuatan kopi yang menggunakan mesh atau filter kertas. Beberapa orang berpendapat bahwa kopi yang dibuat menggunakan metode ini akan terasa lebih enak karena bebas endapan.

French Press

Sebuah alat yang digunakan untuk membuat kopi dengan merendam bubuk kopi yang cukup kasar dengan air panas dalam wadah dengan plunger dan filter logam yang mendorong (press) bubuk ke dasar.

H-istilah-kopi

Hulling

Proses yang melibatkan pengupasan kulit biji kopi selama pemrosesan

L-istilah-kopi

Latte

Jenis minuman kopi yang terdiri dari satu atau dua shot espresso dengan campuran steamed milk lebih banyak dan buih susu di atasnya.

Latte Art

Pola yang terbentuk dengan menuangkan susu secara berirama ke dalam minuman espresso.

Long black

Jenis kopi ini sebenarnya hampir sama dengan americano, namun yang membedakannya adalah cara pembuatannya yaitu espresso yang dituangkan ke dalam air panas.

Baca juga: 6 Cara Memulai Usaha Kedai Kopi dan Mempromosikannya

M-istilah-kopi

Macchiato

Kopi yang terdiri dari segelas espresso yang diberi sedikit cream susu di permukaannya.

Machine Drying

Sebuah mesin yang berbentuk tong drum yang berfungsi untuk mengeringkan biji kopi.

Mocha

Kopi campuran yang terdiri dari espresso, cokelat, dan susu.

P-istilah-kopi

Portafilter

Sebuah alat yang digunakan untuk menampung ampas kopi selama proses pembuatan espresso.

Pour Over

Metode pembuatan kopi yang melibatkan penuangan air panas secara perlahan di atas hamparan bubuk kopi yang ada dalam kertas saring dengan hati-hati.

R-istilah-kopi

Ristretto

Segelas espresso dengan volumenya lebih kecil dan waktu ekstraksi yang lebih singkat.

Roasting 

Proses pemanggangan biji kopi mentah untuk mengembangkan rasa yang lebih enak dari kopi.

S-istilah-kopi

Shot

Istilah yang mengacu pada satu “tarik/tegukan” espresso.

Single Origin

Isitilah pada biji kopi yang bersumber dari satu wilayah.

Sugar free

Istilah yang digunakan untuk menunjukkan kopi tanpa gula.

Steam Milk

Susu yang dihasilkan dari proses steam menggunakan uap dengan tekanan tinggi sehingga mengembangkan tekstur pada susu dan membentuk buih-buih. Steam milk biasanya digunakan untuk membuat latter art.

T-istilah-kopi

Tamping

Sebuah metode memadatkan bubuk kopi agar menyatu erat ke dalam portafilter selama pembuatan kopi sehingga menghasilkan tekstur dan aroma yang nikmat.

Itulah beberapa istilah yang akan sering kamu temukan dalam dunia kopi. Mungkin nantinya kamu juga bisa menggunakannya ketika sedang berada di coffee shop atau bahkan jika ingin menjadi seorang barisata profesional. Bagi kamu yang berniat menambah pengetahuan mengenai kopi, langsung saja menuju Skill Academy. Di Skill Academy, kini tersedai Kelas Sukses Kerja yang siap membantu untuk menggapai pekerjaan yang kamu idam-idamkan.

Kelas Sukses Kerja - Skill AcademyReferensi

Simms, Dan. (2021). Coffee Terms & Synonyms: 88 Useful Words for Coffee Lovers. https://coffeeaffection.com/coffee-terms/ [Daring] (Diakses 6 September 2021)

Strand, Oliver. (2010). A Glossary of Coffee Terms. https://www.nytimes.com/2010/03/10/dining/10glossary.html [Daring] (Diakses 6 September 2021)

Gulman Azkiya