Pengertian Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya Bagi Pemilik Bisnis

Gulman Azkiya Des 22, 2021 • 8 min read


brand-awareness-adalah

Artikel ini membahas mengenai pengertian brand awareness dan cara meningkatkannya.

--

Ketika kamu mendengar kata mie instan, brand/merek apakah yang muncul di pikiranmu? Jika kamu memikirkan sebuah brand, maka itu merupakan salah satu contoh sederhana dari brand awareness. Tapi apa itu? Apakah penting bagi bisnis? Untuk menjawab rasa penasaranmu, yuk mari kita bahas bersama mengenai brand awareness dan cara meningkatkannya.

Apa itu brand awareness?

Sederhananya brand awareness merupakan sebuah istilah yang menggambarkan sejauh mana sebuah merek dikenal oleh konsumen. Dikutip dari Hubspot, brand awareness adalah seberapa akrab pelanggan dengan sebuah merek dan seberapa baik mereka mengenalinya.

Secara umum brand awareness dapat menunjukkan bagaimana pelanggan mengenali merek atau produk yang kamu jual. Hal ini dapat kamu ketahui dari cara mereka merespon setiap kali melihat produkmu. Jika mereka mengacuhkannya, itu bisa menunjukkan bahwa tingkat brand awareness dari bisnismu masih rendah. Oleh sebab itu, membangun brand awareness merupakan langkah yang tepat untuk memasarkan perusahaan dan produkmu, terutama pada tahap awal bisnis.

Kenapa brand awareness penting?

Ketika kamu ingin membeli sebuah barang, produk mana yang akan kamu pilih? Produk dari brand/merek yang kamu kenal atau yang tidak? Biasanya kamu pasti akan memilih produk yang telah kamu kenali. Hal tersebut dapat terjadi karena brand dari produk tersebut telah atau sering kamu lihat sebelumnya. Hal ini merupakan salah satu contoh dari sebuah bisnis yang berhasil membangun brand awareness-nya, sehingga kamu dapat dengan mudah mengenali brand tersebut. 

Biasanya sebuah bisnis akan melakukan segala hal untuk dapat mudah dikenali oleh calon pelanggan mereka. Mulai dari memasang iklan, mempromosikan produk di media sosial, dan masih banyak lagi. Hal tersebut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan brand awareness.

Dengan memiliki brand awareness, sebuah bisnis dapat mudah dikenal oleh banyak orang. Ketika konsumen mengenal sebuah merek, mereka cenderung melakukan pembelian terhadap merek yang mereka kenal dari pada yang tidak. Dan ketika produk dari brand tersebut memiliki kualitas yang baik, maka dapat mempengaruhi kepercayaan mereka. Selain dapat membangun kepercayaan pelanggan, brand awareness juga dapat membuka beberapa peluang seperti, mendapatkan pelanggan yang lebih banyak, menjaga agar pelanggan tetap mengingat dan setia pada brand, dan dapat menjadi strategi jangka panjang. 

Ikuti kelas: Strategi Membangun Brand Powerful untuk Bisnis

Cara meningkat brand awareness

1. Optimalkan penggunaan media sosial dan website

Bukan jadi hal yang asing lagi, ketika kamu membangun sebuah bisnis, maka media sosial dan website menjadi bagian yang penting, khususnya dalam aktivitas marketing. Dalam upaya meningkatkan brand awareness, kamu perlu mengoptimalkan media sosial dan website. Buatlah akun resmi dari brand mu untuk masing-masing media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram. Manfaatkan setiap fitur-fitur dari setiap media sosial untuk membuat brand-mu dapat dilihat oleh banyak orang. Misalnya seperti Facebook ads dan promote di Instagram. Selain itu, kamu bisa juga membuat tampilan website dari brand-mu menjadi lebih menarik. Seperti mengatur tata letak, tampilan warna, dan juga kualitas dari foto produk. Hal ini bertujuan untuk membuat website mu terlihat terpercaya.

cara-meningkatkan-brand-awareness

2. Menggunakan konten marketing yang berkualitas

Konten yang baik tidak hanya sekedar bagaimana membuat banyak orang melihatnya. Tetapi juga bagaimana kamu menceritakan sebuah kisah yang menarik bagi mereka. Adapun salah satunya dengan memberikan storytelling yang baik pada setiap konten. Ketika memposting sebuah konten di media sosial, jangan hanya berfokus pada urusan promosi (menjual produk). Kamu juga harus dapat membuat konten yang menarik bagi audience-mu. Salah satunya dengan konten yang dekat secara emosional dengan pelangganmu. 

Contohnya, Nike dengan slogan “Just Do It”. Dengan slogan tersebut Nike seperti memberi sebuah kepribadian pada brand-nya. Tak jarang pada konten yang dibagikan Nike, selalu mengandung cerita yang inspiratif.  Sehingga dengan konten yang dibagikan, Nike telah dikenal sebagai sebuah brand yang selalu mendukung impian pelanggannya. 

Dengan melakukan hal tersebut, kamu itu tidak hanya akan mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga akan meningkatkan brand awareness dari bisnismu. Dikutip dari marketinginsidergroup.com, membagikan konten yang berkualitas adalah cara terbaik untuk menunjukkan pengetahuan, keahlian, serta membangun kepercayaan dari pelangganmu.

Baca juga: 7 Cara Mudah Membangun Brand Bagi Kamu yang Baru Memulai Bisnis

3. Menerapkan SEO

Sudah menjadi hal umum, bahwa salah satu kegunaan SEO adalah membuat brand dan konten yang kamu hasilkan khususnya di website menjadi mudah ditemukan di internet. Seperti yang kamu ketahui, bahwa ada jutaan konten dengan berbagai keyword di internet. Sehingga akan menjadi tantangan tersendiri ketika kamu menggunakan internet sebagai jalan untuk meningkatkan brand awareness.

Namun dengan menerapkan SEO, kamu bisa mengoptimalkan situs web dan halaman web dari brand-mu dengan tujuan meningkatkan posisinya di hasil mesin pencari. Hal ini berarti, brand-mu dapat menjangkau lebih banyak audience. Dengan konten (contohnya: artikel) yang dihasilkan, kamu juga bisa membantu orang-orang dan menunjukkan apa yang sebenarnya kamu tawarkan dari brand-mu. Selain itu, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan dalam upaya menerapkan SEO,

  • Membangun target audience sesuai dengan niche brand-mu
  • Mengoptimalkan website dari brand (kemudahan akses dan tampilan) 
  • Memberikan konten website yang berkualitas
  • Menggunakan kata kunci pada website dan konten

4. Bekerja asama dengan influencer

Bekerja sama dengan influencer merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan brand awareness dari bisnismu. Dikutip dari entrepreneur.com, ketika influencer yang memiliki pengikut yang banyak mempromosikan produk atau sekedar mendiskusikan brand-mu di konten mereka, maka hal tersebut akan memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran orang akan bisnismu.  

Tingginya pengaruh influencer ini pun bukan tanpa alasan, berdasarkan studi dari Econsultancy pada 2020 tentang pemasaran marketing, menemukan 61% konsumen, berusia 18 hingga 34 tahun, pada titik tertentu telah terpengaruh oleh influencer dalam pengambilan keputusan mereka. 

Namun di samping itu, dalam menjalin kerja sama dengan influencer, kamu tidak bisa asal memilih influencer dengan alasan mereka memiliki jumlah pengikut yang banyak. Ada beberapa faktor yang menjadi penentu agar kerja sama brand-mu dengan influencer dapat berhasil seperti, memiliki niche yang sama, personality yang sesuai, dan kecocokan konten yang dihasilkan. 

Contohnya, jika brand dari bisnismu berfokus pada industri fashion, maka kurang pas jika kamu bekerja sama dengan influencer yang memiliki konten utama sebagai food vlogger. Adapun kamu dapat bekerja sama dengan influencer yang terkenal akan gaya stylishnya atau konten ulasan fashionnya di media sosial. 

Jika kerjasama dengan influencer tersebut berhasil, kamu juga bisa menggunakannya untuk rencana jangka panjang. Seperti mengangkatnya sebagai brand ambassador dari bisnismu. 

5. Mensponsori acara

Walaupun sudah ada dari dulu, tetapi cara ini masih layak untuk digunakan. Karena dengan mensponsori acara, kamu bisa menampilkan brand-mu di hadapan ratusan, ribuan, atau jutaan orang yang kemungkinan besar termasuk dalam target pelangganmu. 

Mensponsori sebuah acara juga memungkinkan kamu untuk menyematkan nama brand-mu pada acara yang sesuai dengan bisnismu. Misal ya saja, jika brand dari bisnismu memiliki produk makanan sehat, kamu bisa menjadi sponsor event olahraga seperti lomba marathon. Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat membangun brand awareness  terhadap pelanggan yang sesuai dengan yang ditargetkan. 

Namun, bagi kamu yang baru sedang mengembangkan bisnis mu, tidak ada keharusan untuk mensponsori acara besar, kamu dapat mengawalinya dari yang ruang lingkup kecil terlebih dahulu, seperti  konser, pameran, atau bahkan bazaar yang ada di kotamu.

 

Itulah penjelasan dari apa itu brand awareness dan juga cara meningkatkannya. Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bisnis dan pemasaran, langsung saja ke Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia berbagai kelas pelatihan dengan materi yang mendalam dan juga menarik. Yuk upgrade skill-mu.

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi

Decker, Allie. (2021). The Ultimate Guide to Brand Awareness. https://blog.hubspot.com/marketing/brand-awareness [Daring] (Diakses 20 Desember 2021)

Kopp, Carol. (2021). Brand Awareness. https://www.investopedia.com/terms/b/brandawareness.asp [Daring] (Diakses 20 Desember 2021)

Medal, Andrew. (2018). 6 Innovative Ways to Increase Brand Awareness. https://www.entrepreneur.com/article/310427 [Daring] (Diakses 21 Desember 2021)

Profile

Gulman Azkiya

Content Writer at Ruangguru | Masih dalam tahapan mempelajari SEO dan Digital Marketing

Beri Komentar