Bahasa Asing yang Wajib Dikuasai untuk Sukses di Dunia Kerja

Bahasa Asing yang Wajib Dikuasai untuk Sukses di Dunia Kerja - Skill Academy

Dalam dunia kerja, kemampuan berbahasa sangat diperlukan, apalagi di era globalisasi saat ini. Selain bahasa yang biasa digunakan oleh orang sebagai alat berkomunikasi, ada beberapa bahasa lain yang wajib banget kamu kuasai. Simak bahasa apa saja!

Di era globalisasi seperti saat ini, kemampuan berkomunikasi dalam berbagai bahasa sangat diperlukan. Apalagi, dengan menguatnya pengaruh internet, pergaulan pun makin meluas hingga ke seluruh penjuru dunia. Dalam konteks pekerjaan, makin banyaknya perusahaan internasional yang membuka lowongan di Indonesia membuat kita wajib menguasai bahasa asing.

Namun, dalam konteks yang sama, bahasa asing yang wajib dikuasai tidak terpaku pada bahasa yang menjadi alat komunikasi dalam suatu negara. Berkembangnya teknologi informasi juga memengaruhi penggunaan bahasa secara global. Ada bahasa-bahasa lain yang juga perlu dikuasai selain bahasa yang selama ini kita kenal.

Berikut ini adalah delapan jenis bahasa yang perlu kamu kuasai dalam menyongsong karier di tahun 2024 ini.

 

1. Bahasa Inggris

lustrasi belajar bahasa Inggris (unsplash.com/issaphotography)

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Status ini tentu saja membuat bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang penting untuk dikuasai, khususnya dalam konteks karier. Tidak sedikit perusahaan di Indonesia yang kini meminta penguasaan bahasa Inggris sebagai syarat untuk direkrut.

Di samping itu, bahasa Inggris juga penting pada era teknologi seperti saat ini. Pasalnya, bisa dibilang sebagian besar informasi di internet berbahasa Inggris. Jadi, penting untuk kamu menguasai bahasa Inggris.

 

2. Bahasa Lokal atau Bahasa Daerah

ilustrasi kamus bahasa (unsplash.com/sandym10)

Indonesia merupakan negara yang memiliki bahasa lokal atau bahasa daerah. Menurut data yang dikeluarkan Ethnologuepada tahun 2023, Indonesia menempati posisi kedua dengan bahasa lokal atau bahasa daerah terbanyak di dunia dengan total 720 bahasa.

Dengan banyaknya bahasa daerah di Indonesia, mempelajari bahasa daerah tentu menjadi suatu kewajiban, terutama jika kamu ingin mengeksplor berbagai daerah di Indonesia.

 

3. Bahasa Pemrograman

ilustrasi bahasa pemrograman (unsplash.com/clemhlrdt)

Bahasa yang satu ini sangat bergantung dari bidang pekerjaan yang akan kamu tekuni. Jika kamu menekuni bidang pemrograman, sudah pasti bahasa ini sangat penting untuk kamu kuasai. Menguasai beberapa bahasa pemrograman akan sangat berguna bagi perkembangan karier kamu. Beberapa bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Python, Java, JavaScript, C++ untuk pengembangan perangkat lunak;
  2. SQL untuk basis data dan analisis data;
  3. HTML/CSS untuk pengembangan web; dan
  4. R untuk statistik dan analisis data.

 

4. Bahasa Mandarin

ilustrasi bahasa Mandarin (unsplash.com/krzhck)

China adalah salah kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Bahkan, di Asia, China merupakan negara dengan kekuatan ekonomi terbesar. Berdasarkan fakta tersebut, menguasai bahasa Mandarin sangat penting jika kamu hendak berkecimpung di dunia perdagangan, perekonomian, atau tenaga kerja.

 

5. Bahasa Jepang dan Jerman

ilustrasi Jepang dan Jerman

Jepang dan Jerman merupakan dua negara dengan pengembangan teknologi terbaik di dunia. Banyak produk teknologi yang diciptakan oleh kedua negara ini. Jika kamu tertarik dalam bidang pengembangan teknologi, menguasai bahasa Jepang dan Jerman bisa membantu kamu untuk menapaki karier yang lebih baik di bidang tersebut.

 

6. Bahasa Simbol, Isyarat, dan Ilustrasi

ilustrasi bahasa isyarat

Mempelajari bahasa simbol, isyarat, dan bahasa ilustrasi memiliki beberapa keuntungan dan kepentingan, terutama dalam kemampuan komunikasi dan pemahaman kita terhadap dunia. Beberapa alasan yang mendasari pentingnya menguasai bahasa ini adalah sebagai berikut:

  1. komunikasi yang universal;
  2. dukungan untuk orang dengan keterbatasan;
  3. Peningkatan Kreativitas: dan
  4. Komunikasi Efektif dalam Desain Grafis dan Pemasaran.

Dengan demikian, belajar bahasa simbol, isyarat, dan ilustrasi tidak hanya mengenai keterampilan komunikasi visual, tetapi juga mengenai peningkatan kemampuan kita untuk menyampaikan ide, memahami dunia, dan berinteraksi dengan berbagai kelompok orang secara universal. Ini sangat penting untuk kelancaran komunikasi di dunia kerja yang makin terbuka untuk berbagai orang dengan bahasa dan kondisi yang berbeda-beda.

Kamu sudah menguasai bahasa apa saja, nih? Sebenarnya kemampuan menguasai bahasa, terutama bahasa asing sangat bermanfaat buat kamu. Selain kamu jadi bisa berkomunikasi dengan orang asing pemilik bahasa tersebut, kamu juga bisa menambah wawasan kamu terhadap bangsa pemilik bahasa tersebut. Jadi, meski di atas hanya tertulis enam bahasa, kamu harus belajar bahasa lain sebanyak-banyaknya, ya! Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kelas bahasa di Skill Academy.

Selain belajar bahasa, kamu juga tentu saja bisa belajar skill lain di Skill Academy. Di sini, kamu akan dibimbing oleh instruktur yang kompeten dan berpengalaman. Cek kelasnya dengan mengeklik banner di bawah ini, ya!

SKill Academy - CTA

Atqo