11 Tips Belajar Bahasa Jerman untuk Pemula, Auto Jago!

Kusariani Adinda Des 17, 2021 • 9 min read


belajar bahasa jerman - tips

Punya cita-cita untuk melanjutkan studi di Jerman? Pahami dulu penggunaan bahasanya! Simak tips lengkap belajar bahasa Jerman untuk pemula di artikel ini!

Siapa yang nggak kenal sama Gita Savitri? Gita Savitri adalah influencer Indonesia yang terkenal karena kehidupannya di Jerman untuk melanjutkan studi. Gita, begitu perempuan asal Jakarta ini disapa, sudah menetap di Jerman dari tahun 2012. Proses kehidupannya yang life-changing itu berhasil dikemas ke dalam sebuah buku dan film berjudul “Rentang Kisah”. Dalam buku dan film tersebut, Gita diceritakan bahwa ia diberi amanah orang tuanya untuk mengikuti seleksi perguruan tinggi di Jerman, sampai ikut kursus untuk belajar bahasa Jerman. 

belajar bahasa jerman - gita savitri

Gita Savitri. Sumber: instagram.com/gitasav

Selain Gita, banyak lho pelajar Indonesia yang tertarik menjadi mahasiswa dan berkuliah di Jerman. Bahkan, Christian Sugiono yang merupakan artis dan entrepreneur sukses juga berkuliah di Jerman. Kenapa ya?

Dalam artikel idntimes.com, alasan utama pelajar Indonesia untuk berkuliah di Jerman adalah kualitas universitasnya dan biaya pendidikan yang gratis. Berdasarkan catatan dunia, media Jerman DW menyatakan jika Jerman menjadi negara terpopuler setelah Amerika Serikat, Inggris, dan Australia sebagai negara tujuan untuk melanjutkan studi. Tapi nih guys, berkuliah sekaligus hidup di Jerman juga punya tantangan tersendiri. Dalam artikel DW, tantangan terbesar para mahasiswa dunia untuk bisa survive melanjutkan studi dan hidup di Jerman adalah bahasa. Meskipun banyak sekali perantau dari berbagai negara, menguasai bahasa Jerman sangat membantu. Fyi, bahasa Jerman menjadi salah satu bahasa Internasional yang paling sering digunakan selain bahasa Inggris, Spanyol, Arab, Mandarin, dan Portugis. 

Belajar bahasa Jerman bisa kamu mulai dari hal yang simpel, terutama untuk pemula. Lalu, bagaimana tips belajar bahasa jerman untuk pemula? Yuk, simak artikel ini!

 

1. Download aplikasi belajar bahasa Jerman

Saat belajar bahasa asing, kamu sebagai pemula akan belajar banyak kosakata, tata bahasa, dan ungkapan sehari-hari yang mudah dulu. Nah, kamu bisa belajar banyak di aplikasi belajar bahasa asing yang bisa kamu download di HP kamu seperti Duolinggo dan Memrise. Latihan soal dikemas secara fun, pastinya bikin kamu nggak bosan untuk belajar sampai jago!

 

2. Bergabung ke komunitas

Ibarat pecinta K-Pop yang bakal nge-fans juga dengan bahasa dan budaya Korea, mereka nggak segan untuk gabung ke sebuah komunitas untuk menemukan teman dengan visi dan misi yang sama. Sama dengan kamu saat belajar bahasa Jerman, Skill Academy menyarankan kamu untuk gabung ke sebuah komunitas yang berkaitan dengan bahasa dan budaya Jerman. Biasanya, anggota komunitas punya banyak kegiatan yang bisa mengasah pengetahuan dan skill berbahasa Jerman kamu. Nilai plusnya, kamu bisa punya banyak teman yang sama-sama ingin berkuliah di Jerman, atau memang sudah menjadi mahasiswa di Jerman dan menceritakan pengalaman mereka di tanah kelahiran Adolf Hitler itu. 

 

3. Menonton film Jerman

Untuk memperkaya kosakata dan ungkapan bahasa Jerman, menonton film bisa jadi cara ampuh untuk sedikit demi sedikit meningkatkan skill berbahasa Jerman. Buat pemula, berikut adalah rekomendasi film berbahasa Jerman yang bisa kamu tonton:

  • Goodbye Lenin
  • Living
  • Lola Course
  • Baader Meinhof Complex
  • Coffee in Berlin

Dari menonton film, kamu bisa mengerti cara pelafalan berbagai kosakata dan ungkapan yang sebenarnya. Skill Academy merekomendasikan kamu untuk tetap menggunakan subtitle bahasa Inggris saat menonton film Jerman. Jadi, belajar bahasanya double, deh!

 

4. Membaca artikel dan buku berbahasa Jerman

Dalam belajar bahasa asing, kemampuan grammar dan memperkaya kosakata bisa dilatih dengan sering membaca. Sama halnya saat kamu belajar bahasa Jerman. Paling mudah, kamu bisa membaca banyak berita dan informasi dalam artikel atau koran berbahasa Jerman. Kalau kamu memang seniat itu, boleh banget untuk menaikkan level bacaanmu ke buku berbahasa Jerman. 

 

Baca juga: Suka Menulis? Intip 13 Cara Membuat Artikel Online yang Baik!

 

Hyde Flippo dalam thoughtco.com memberi rekomendasi buku yang bisa kamu baca untuk memperdalam bahasa Jerman, yaitu How To Learn a Foreign Language oleh Graham Fuller dan German Grammar Book: Deutsch macht Spaß karangan Brigitte Dubiel.

 

5. Menonton video di Youtube

James Coulson membagikan pengalamannya dalam belajar bahasa Jerman. Sebagai pemula, ia percaya bahwa Youtube jadi media yang praktis dan terpercaya untuk belajar apapun, termasuk belajar bahasa asing untuk level pemula sampai lanjutan. 

Belajar bahasa Jerman lewat Youtube mampu meningkatkan listening skill kamu juga, nih. Kamu juga bisa memilih video berbahasa Jerman yang spesifik untuk belajar bahasa, seperti grammar, kosakata atau vocabulary. Skill Academy merekomendasikan kamu ke channel Learn German with Anja karena dikemas secara interaktif dan seru!

 

6. Mencari teman Internasional dari Jerman

Belajar bahasa asing memang paling enak kalau bisa berkomunikasi langsung dengan native speaker, seperti salah satu warga negara itu sendiri. 

Supaya kamu makin percaya diri berbahasa Jerman, kamu bisa mencari teman Internasional yang berasal dari negara tersebut. Gimana caranya? Kamu bisa ikut komunitas internasional di bidang yang kamu suka, atau kamu bisa mencari sahabat pena di Interpals. Siapa tahu, nantinya kamu bisa silaturahmi dengan mereka langsung di Jerman!

 

belajar bahasa jerman - ich liebe dich

 

7. Ikut student exchange

Kamu bermimpi untuk merasakan kehidupan di Jerman? Coba deh, ikut student exchange selama 1 semester di universitas yang ada di Jerman. Saat kamu di Jerman, kamu bisa praktik secara langsung untuk menulis, membaca, dan berbicara dalam bahasa Jerman. 

Biasanya, program student exchange bersifat kemitraan antar kampus. Nah, gimana kalau kampus kamu ternyata nggak bekerja sama dengan kampus di Jerman? Tenang aja, guys! Masih banyak program yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kemampuan diri dan sosial, sekaligus menambah pertemanan skala Internasional. Kamu bisa ikut summer school dan konferensi tingkat dunia lainnya. 

 

8. Investasi pada buku grammar bahasa Jerman

Kalau menurut kamu membaca buku dan artikel masih belum cukup untuk mengasah grammar skill dalam bahasa Jerman, membeli buku grammar bahasa Jerman jadi opsi yang baik, kok! Anggap saja itu sebagai investasi kamu supaya lancar dan jago berbahasa Jerman.

Buat pemula, ini nih rekomendasi buku bahasa Jerman untuk meningkatkan grammar skill

  • Short Stories German for Beginners
  • Living Language German, Complete Edition
  • German Quickly: A Grammar for Reading

 

9. Terus ingat tujuan belajar bahasa Jerman

Belajar bahasa asing memang butuh niat yang kuat. Oleh karena itu, buat tujuan yang jelas mengapa kamu belajar bahasa Jerman. Apakah kamu akan menempuh studi di Jerman? Apakah kamu bercita-cita ingin bekerja di Eropa? Bahkan, apakah kamu memang hobi untuk mempelajari bahasa asing?

 

Ikuti kelas: Bahasa Spanyol Praktis untuk Pemula

 

Saat kamu merasa bosan dan sedikit lelah untuk belajar, kamu bisa yakinkan diri lagi untuk bangkit dan melanjutkan pembelajaran. Kamu jadi ingat lagi dengan cita-citamu: Kalau nggak bisa bahasa Jerman? Ya, nggak bisa kuliah. Soalnya, sertifikat kemampuan bahasa Jerman menjadi syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar kuliah di Jerman.

 

10. Konsisten berlatih adalah kunci!

Ada pepatah yang menyatakan kalau bisa karena biasa. 

Nah, kalau kamu konsisten berlatih, pasti kamu akan terbiasa untuk menulis, memahami, dan berbicara dalam bahasa Jerman. Meskipun kamu masih pemula, tetaplah berlatih dari yang paling mudah. Jika memang sudah jago untuk level pemula, kamu bisa lanjut ke tingkat intermediate dan tetap motivasikan diri kamu untuk tetap berlatih. 

 

11. Ikut kelas bahasa Jerman

Sudah mencoba sendiri untuk berlatih bahasa Jerman, tapi belum ada perkembangan? Kamu bisa ikut kelas bahasa Jerman, baik offline maupun online. Soalnya, dengan kamu ikut kelas bahasa akan dipandu langsung oleh guru yang memang ahli dan berpengalaman dalam mengajar. Guru bahasa Jerman bisa memantau perkembanganmu, mengoreksi, dan memberi tips supaya kamu makin jago nantinya!

Mau ikut kelas bahasa Jerman yang cocok untuk pemula? Skill Academy solusinya! 

Skill Academy bersama HowToGerman Indo membuka kelas bahasa Jerman online, nih! Dengan biaya yang terjangkau, bisa diakses kapan saja dan sepuasnya, kamu bisa mendapat sertifikat tanda lulus belajar tanpa batasan waktu (No expiration date). Jadi, skill kamu diakui sampai kapanpun!

Klik di bawah untuk lihat materi dan ikut kelasnya! Tetap semangat memperdalam bahasa Jerman, guys. Viel Glück!

belajar bahasa jerman

Sumber:

Flippo, Hyde. 2019. German for Beginners: Study Tips. Thoughtco. Thoughtco.com. [daring]. 

https://www.thoughtco.com/german-for-beginners-study-tips-1444627

Bedelia, Amelia. 2021. 12 Tips To Learn German Quickly (2021). Catscitty blog. Blog.catscitty.store. [daring]. 

https://blog.catscitty.store/12-tips-to-learn-german-quickly-2021/

Coulson, James. The 10 Best Ways to Learn German for Beginners. Travel Lingual. Travel-lingual.com. [daring]. 

https://travel-lingual.com/uk/best-way-learn-german/

Budi, Arifina. 2018. 6 Alasan Jerman Jadi Negara Tujuan Studi Calon Mahasiswa Asal Indonesia. IDN Times. Idntimes.com. [daring]. 

https://www.idntimes.com/life/education/maria-liana/6-alasan-jerman-jadi-negara-tujuan-studi-calon-mahasiswa-asal-indonesia-c1c2/6

Deutsche Welle. 2019. Jerman Perlu Lebih Banyak Mahasiswa Internasional. Dw.com. [daring].

https://www.dw.com/id/jerman-perlu-lebih-banyak-mahasiswa-internasional/a-51253382

Sartono. Bahasa Internasional. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  Badanbahasa.kemdikbud.go.id [daring]. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/3100/bahasa-internasional

Profile

Kusariani Adinda

Lorem ipsum dolor sit amet, assalamualaikum warganet! | Freelance Content Writer at Ruangguru | kusarianiadindablog.wordpress.com

Beri Komentar