4 Tips Memulai Karier sebagai Content Creator dan Influencer ala Yoga Arizona

Ruangguru Apr 26, 2021 • 6 min read


Header_-_SA_-_Ingin_Memulai_Karir_sebagai_Content_Creator_dan_Influencer__Simak_Tips_Jitu_ala_Yoga_Arizona_Berikut_ini!

Ingin memulai karier sebagai content creator dan influencer? Keduanya sekarang menjadi kesempatan karier yang menjanjikan lho. Yuk, simak tips ala Yoga Arizona berikut ini!

---

Pernah membuat konten tapi ternyata likes yang didapatkan begitu-begitu saja? Sudah paling aktif, tapi followers juga tidak bertambah? Kamu harus tahu, untuk menjadi content creator, tidak cukup hanya dengan memproduksi konten yang sedang tren, menggunakan peralatan mahal, atau mengandalkan banyak likes dan followers pada media sosial. Seorang content creator juga harus bisa berpikir kreatif untuk terus membuat konten yang berkualitas sehingga ke depannya mampu mendapatkan engagement yang tinggi guna menunjang karier.

Di era digital saat ini, internet berkembang pesat dan pengguna media sosial setiap hari kian meningkat, sehingga peluang karier sebagai content creator tergolong menjanjikan. Terlebih masa pandemi membuat upaya untuk mencari pekerjaan menjadi semakin sulit. Berkarier sebagai content creator bisa jadi salah satu alternatif bagi kamu. Kamu bisa berkreasi di rumah dengan memanfaatkan peralatan yang ada. Bahkan, bila konten positif yang kamu hasilkan dapat mempengaruhi preferensi masyarakat, maka kamu berpotensi untuk bisa menjadi influencer. Lalu bagaimana caranya jika ingin memulai karier sebagai content creator dan influencer? Yuk, simak tips ala Yoga Arizona berikut ini!

Baca juga: Mau Berkarier Sebagai Make-Up Artist? Simak Tips dari Bubah Alfian!

1. Bangun personal branding yang kuat

Personal branding adalah proses memasarkan citra diri di depan khalayak publik. Memiliki personal branding yang kuat dapat membantu kamu menjadi content creator yang authentic dan unik. Membangun personal branding dapat dimulai dengan mengenali ciri khas diri sendiri. Ciri khas tersebut meliputi penampilan fisik, bakat, sikap, dan pemikiran. Jika kamu sosok yang humoris, coba berlatih membuat variasi konten dengan menonjolkan karakter humoris pada diri kamu. Lakukan hal ini secara konsisten supaya kamu semakin mudah dikenal banyak orang karena keunikan tersebut. Menggunakan profile picture, membuat feed Instagram atau thumbnail yang mendukung personality, juga akan memudahkan orang menilai dan mengenali siapa kamu.

Content creatorContent creator (Sumber: blibli.com)

2. Berinovasi dengan ide atau tipe konten

Tantangan yang dihadapi content creator atau influencer bukan hanya seputar membuat konten yang menarik. Namun, bagaimana konten kamu memiliki nilai originalitas tersendiri. Hal ini yang akan membuat kamu terlihat lebih istimewa dibandingkan dengan content creator lainnya. Jangan sampai konten yang kamu produksi hanya mengikuti situasi yang sedang happening saja. Dalam konteks ini, bukan berarti kamu tidak boleh mengikuti tren, ya. Teruslah berkarya dan berinovasi menciptakan banyak ide atau tipe-tipe konten tertentu. Coba ikuti topik yang sedang viral. Misalnya, kamu yang humoris ingin mencoba membuat konten horor karena genre tersebut lagi populer. Good to go! Ingat, tetap sesuaikan dengan ciri khas dan keaslian konten kamu, ya.

3. Unggah konten berkualitas dan perhatikan kuantitas

Demi menjaga eksistensi sebagai content creator dan influencer, kamu dituntut untuk terus update dan berkarya tetapi, bukan berarti kamu harus mengejar kuantitasnya. Terlalu sering update konten di media sosial akan membuat konten-konten kamu lainnya menjadi cepat tenggelam dan tidak dilihat banyak orang. Followers juga akan menganggap kamu spam karena kamu keseringan mengunggah konten. Jadi, tetap produksi dan utamakan konten berkualitas dengan kuantitas unggahan yang sewajarnya. Misalnya, kamu bisa update konten harian di Instagram Story dan mengunggah konten reguler yang lebih serius di feed Instagram. Pastikan kamu juga mengunggah konten pada waktu golden hour atau saat orang sedang ramai membuka media sosial.

4. Jaga engagement dan loyalitas followers

Loyalitas followers sangat penting untuk mempertahankan eksistensimu sebagai content creator atau influencer sebab followers yang akan mencari kamu dan setia menunggu konten baru kamu. Sayangnya, masih banyak content creator atau influencer yang tidak berinteraksi dengan followers, fokusnya hanya membuat konten dan melakukan publikasi masif di berbagai media sosial. Padahal jika rajin berinteraksi, engagement akan terus terjaga dan followers semakin loyal. Sediakan waktu untuk membalas komentar dari followers sebagai bentuk apresiasi atas dukungan mereka. Kamu juga bisa membalas direct message, melakukan screenshot layar, dan mengunggah kembali jawaban kamu di media sosial untuk sekaligus menjawab pertanyaan lain yang tidak sempat terbaca. Menanyakan ide konten kepada followers, selain menaikkan engagement, juga akan menambah referensi konten yang digemari audiens kamu.

Itu dia tips ala Yoga Arizona yang bisa kamu ikuti sebelum memulai karier sebagai content creator dan influencer. Zaman sekarang, tidak cukup bekerja hanya mengandalkan passion. Kamu juga perlu tahu strategi dan ilmu-ilmu praktiknya dari sang ahli agar ke depannya tidak salah langkah.  Untuk kamu yang tertarik ingin mengawali dan mendalami karier di bidang content creator dan influencer, kamu dapat belajar sekaligus melatih kemampuan bersama Yoga Arizona di Skill Academy by Ruangguru. Ada banyak materi dan tips menarik seputar content creator dan influencer dari Yoga Arizona yang sudah berpengalaman lebih dari lima tahun!

Selain itu, ada juga kelas-kelas menarik yang dapat membantu kamu mempersiapkan karier atau memulai bisnis bersama instruktur yang expert di bidangnya. Tersedia juga kelas-kelas lain di mana kamu bisa belajar langsung dengan tokoh publik profesional di bidangnya seperti Ivan Gunawan, Christian Sugiono, Fedi Nuril, dan masih banyak lagi. Di akhir sesi, terdapat tes untuk menguji kemampuanmu berdasarkan materi yang sudah dijelaskan. Jika kamu berhasil melewati tes tersebut, kamu akan mendapatkan sertifikat keberhasilan dan sertifikat keahlian. Menariknya, di Skill Academy by Ruangguru juga sedang ada Mega flash sale diskon hingga 80% untuk semua kelas, lo! Yuk, daftar sekarang dan dapatkan manfaatnya!

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Sumber foto:

Foto Content creator [daring]. Tautan: https://www.blibli.com/friends/blog/bikin-profil-tiktok-kamu-lebih-keren-dengan-empat-hal-ini/ (Diakses: 26 April 2021)

Beri Komentar